TUGAS AKHIR MOHAMAD RIFA YUSRO

research
  • 20 Oct
  • 2025

TUGAS AKHIR MOHAMAD RIFA YUSRO

Perkembangan teknologi digital telah mendorong perusahaan untuk mengadopsi sistem informasi guna meningkatkan efisiensi operasional dan daya saing bisnis. PT. Bimantara Sakti Persada yang selama ini mengelola proses penjualannya secara manual, menghadapi berbagai kendala seperti terbatasnya jangkauan pemasaran, risiko kesalahan pencatatan, dan tidak adanya transaksi online. Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan mengembangkan sistem informasi e-commerce berbasis website menggunakan metode Waterfall. Metode ini diterapkan melalui tahapan analisis kebutuhan, desain sistem, implementasi, pengujian, dan pemeliharaan. Sistem yang dihasilkan menyediakan fitur seperti registrasi pengguna, pengelolaan produk, keranjang belanja, proses checkout, dan konfirmasi pembayaran via transfer bank. Hasil implementasi menunjukkan bahwa sistem dapat meningkatkan efisiensi transaksi, memperluas jangkauan pasar, serta memudahkan proses pencatatan dan pelaporan penjualan secara real-time. Sistem ini diharapkan dapat menjadi solusi strategis dalam mendukung transformasi digital perusahaan.

Unduhan

  • File_8.pdf

    JURNAL

    •   diunduh 3x | Ukuran 573 KB
  • Full Tugas Akhir.pdf

    FULL LAPORAN TUGAS AKHIR

    •   diunduh 0x | Ukuran 17,184 KB
  • File_7.pdf

    LAMPIRAN

    •   diunduh 9x | Ukuran 10,099 KB
  • File_4.pdf

    BAB 3

    •   diunduh 5x | Ukuran 8,693 KB
  • File_6.pdf

    BAB 5

    •   diunduh 5x | Ukuran 8,668 KB

 

  • File_6.pdf

    BAB 5

    •   diunduh 5x | Ukuran 8,875,943
  • File_2.pdf

    BAB 1

    •   diunduh 6x | Ukuran 8,913,820
  • File_5.pdf

    BAB 4

    •   diunduh 3x | Ukuran 9,293,730
  • File_3.pdf

    BAB 2

    •   diunduh 12x | Ukuran 11,983,963
  • File_1.pdf

    COVER

    •   diunduh 19x | Ukuran 27,777,647

REFERENSI

[1]     Muhammad Ali Hanafi and Soffiana Agustin, “1,” 2024.

[2]     M. W. Pratama et al., “Implementasi Metode Waterfall dalam Perancangan Manajamen Proyek Sistem Informasi Penjualan pada Toko Elektronik Jaya Abadi,” vol. 5, no. 2, 2024.

[3]     S. E. , M. M. , C. M. D. Dr. Nurmin Arianto, “1_book,” 2024.

[4]     O. Gusti Nyoman Pardomuan and Mp. Ayulita Limbong, PENGANTAR Aplikasi Komputer. 2022. [Online]. Available: www.ciptapublishing.id

[5]     T. Limbong, S. Penerbit, and Y. K. Menulis, “Pemrograman Web Dasar,” 2021.

[6]     M. Sholikhan, S. Kom, and M. Kom, “CSS Javascript dan HTML,” 2022.

[7]     M. Junaedi and Kom, Pemrograman Website Dinamis dengan PHP. 2024.

[8]     Armansyah, “SISTEM INFORMASI PENJUALAN ALAT TULIS KANTOR,” 2022.

[9]     Marlina Irawati, “a2,” 2023.

[10]   R. Angel, W. Agustina, N. Nurhasanah, A. C. Mauluddin, and R. N. Handayani, “Pengembangan Platform E-Commerce UMKM Berbasis Laravel dengan Blackbox Testing dan Metode Waterfall,” Jurnal Pendidikan dan Teknologi Indonesia, vol. 5, no. 2, Feb. 2025, doi: 10.52436/1.jpti.684.

[11]   W. A. Putra, I. Fitri, and D. Hidayatullah, “Implementasi Waterfall dan Agile dalam Perancangan E-commerce Alat Musik Berbasis Website,” Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi), vol. 6, no. 1, p. 2022, 2022, doi: 10.35870/jti.

[12]   R. Al Ghani, “Perancangan Sistem Informasi e-Commerce Berbasis Website Menggunakan Metode Waterfall,” 2022. [Online]. Available: https://www.researchgate.net/publication/363857714

[13]   A. Sopian and S. Ernawati, “Implementasi Model Waterfall Dalam Rancang Bangun E-Commerce Pada CV. Sinar Digital,” 2022. [Online]. Available: http://jurnal.bsi.ac.id/index.php/jais12

[14]   I Dewa Made Widia, Sovia Rosalin, Salnan Ratih Asriningtias, and Elta Sonalita, “7,” 2021.

[15]   D. Susandi, “RANCANG BANGUN SISTEM PENJUALAN BERBASIS E-COMMERCE PADA TOKO BAHAHARI ELEKTRONIK,” vol. 10, no. 2, 2023.

[16]   M. Agus and M. Arfah Asis, “Perancangan Sistem Informasi Penjualan Berbasis E-Commerce dengan Metode Waterfall,” Literatur Informatika & Komputer, vol. 1, no. 4, pp. 365–378, 2024, doi: 10.33096/linier.vxix.xxxx.

[17]   Y. Suharya, S. Kom, and F. Azhari, “PEMBUATAN APLIKASI PENJUALAN TANAMAN BERBASIS WEB (E-COMMERCE) MENGGUNAKAN METODE WATERFALL STUDI KASUS TOKO AZRINA FLOWER,” 2021.

[18]   P. Hendriyati and A. Yusta, “IMPLEMENTASI APLIKASI E-COMMERCE BERBASIS WEB,” 2021, [Online]. Available: https://ejournal.stmikgici.ac.id/

[19]   R. Rizabila Septianisya and T. Anggoro, “Implementasi Bisnis Digital dengan Perancangan Website E-Commerce untuk Usaha Kuliner Seblak Waja (Studi Kasus : Warung Seblak Waja),” Tri Anggoro INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, vol. 4, pp. 8406–8417, 2024.

[20]   P. Gede, S. Cipta Nugraha, I. Putu, Y. Indrawan, I. Kadek, and A. Asmarajaya, “RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI E-COMMERCE BERBASIS WEBSITE (STUDI KASUS TOKO KOMPUTER DI DENPASAR),” INSERT: Information System and Emerging Technology Journal, vol. 3, no. 1, p. 53, 2022.