Bahrudin (11240166), Perancangan UI/UX Pada Aplikasi Serikat Pekerja Kereta Api Dengan Metode Design Thinking
Aplikasi SPKA merupakan sebuah perangkat mobile yang dapat membantu pengguna dalam berserikat menggunakan aplikasi. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara, penggunaan aplikasi SPKA masih belum optimal dan kurang memperhatikan desain user interface (UI) dan user experience (UX), sehingga menimbulkan ketidaknyamanan pengguna saat menggunakan aplikasi. Tujuan pengujian untuk mengupdate UI/UX aplikasi SPKA dengan menerapkan metode design thinking. Pilihan dibuat untuk pendekatan pemikiran desain karena menekankan kreativitas dalam penciptaan solusi baru dan menempatkan penekanan kuat pada pemahaman kebutuhan pengguna. Studi ini meliputi pengumpulan dan analisis data yang melibatkan lima tahapan metode design thinking yaitu empathize, define, ideate, prototype, dan testing. Penerapan metode desain thinking dalam pengembangan antarmuka pengguna UI/UX menghasilkan hasil yang dapat mencapai tujuan metode untuk meningkatkan kepuasan dan utilitas pengguna. Dukungan bergantung pada hasil pengujian dengan metode System Usability Scale aplikasi SPKA yang mencapai skor akhir 85 dan mendapatkan klasifikasi B pada skala penilaian. Dengan demikian, hal ini menunjukkan bahwa pengguna menghargai tingkat kegunaan yang tinggi dari aplikasi SPKA. Desain UI/UX dari aplikasi SPKA diharapkan dapat menjadi model untuk pengembangan aplikasi SPKA di masa depan.
Kata Kunci: Aplikasi SPKA, Design Thinking, User Interface, User Experience, System Usability Scale
Full Tugas Akhir
[1] Fahrudin. R, Ilyasa. R, “Perancangan Aplikasi “Nugas” Menggunakan Metode Design Thinking dan Agile Development”, Jurnal Ilmiah Teknologi Infomasi Terapan.8(1). 2021.
[2] Henim. S.R, Sari. R.P, “User Experience Evaluation of Student Academic Information System of Higher Education User Experience Questionnaire”, Jurnal Komputer Terapan. 6 (Vol. 6 No. 1 (2020), 69-78. 2020.
[3] Setiawansyah. S, Adrian. Q. J, & Devija, R. N, “Penerapan Sistem Informasi Administrasi Perpustakaan Menggunakan Model Desain User Experience”, Jurnal Manajemen Informatika (JAMIKA). 11(1), 24–36. 2021.
[4] Hutauruk, “Analisis dan Perancangan Aplikasi Marketplace Cinderamata Khas Batak Berbasis Android”, Journal Methodika. 3(1), 242-246. 2017.
[5] Rusdiana. L, & Setiawan. H, “Perancangan Aplikasi Monitoring Kesehatan Ibu Hamil Berbasis Mobile Android”, Sistemasi. 8(1), 169. 2019.
[6] DAM R, SIANG T, “Design Thinking: Get Started with Prototyping”, Interaction DesignFoundation. 2021.
[7] Kaligis. D. L, & Fatri, R. R, “Pengembangan Tampilan Antarmuka Aplikasi Survei Berbasis Web Dengan Metode User Centered Design”, JUST IT : Jurnal Sistem Informasi, Teknologi Informasi Dan Komputer. 10(2), 106. 2020.
[8] Fabiana Meijon Fadul, “Studi Perbandingan Metodologi Ui/Ux”, (Studi. 2(4), 292–301. 2019.
[9] Darmalaksana. W, Ag. M, “Metode design thinking hadis”, Tersedia: https://digilib.uinsgd.ac.id/34057/1/Full-DESIGNTHINKING [Diakses: 04 Oktober 2020]
[10] Mailangkay. A and Sinaga, “Penerapan Metode User Centered Design (Ucd) Pada Ui/Ux Aplikasi Komik”, Jurnal Darma Agung. 31(1), 952. 2023.
[11] Cahyo Priyantono, A, and Ardiansyah, F, “Perancangan Prototipe Mobile User Experience Aplikasi Peningkatan Sumber Daya Desa Menggunakan Metode Double Diamond Designing a Mobile User Experience Prototype for Village Resources Improvement Application Using the Double Diamond Method”, Ilmu Komputer Agri-Informatika. 7, 96–104. 2020.
[12] Setiyani, L., & Tjandra, E, “UI / UX Design Model for Student Complaint Handling Application Using Design Thinking Method (Case Study: STMIK Rosma Karawang)”, International Journal of Science, Technology & Management. 3(3), 690–702. 2022.
[13] Puteri, A. A., Brata, A. H., & Wardhono, W. S, “Pengembangan Sistem Antrian Permohonan Paspor dengan menerapkan Metode User Centered Design (Studi Kasus: Kantor Imigrasi Kelas I Kota Malang)”, Jurnal Pengembangan. 6(3), 1387–1394. 2022.
[14] Syabana, R. I., Saputra, P. Y., & Anugrah, N, “Penerapan Metode Design Thinking Pada Perancangan User Interface”, E-Conversion - Proposal for a Cluster of Excellence. 2020.
[15] Akhsan, A. A., & Faizah, F, “Analisis dan Perancangan Interaksi Chatbot Reminder dengan User-Centered Design”, Jurnal Sistem Informasi. 13(2), 78. 2017.
[16] Muhammad Shulhan Khairy, “Penerapan Design Thinking Pada Perancangan Ui/Ux Marketplace Sistem Rantai Pasok “Panen- Panen”, Jurnal Informatika Polinema. 8(3), 39-44. 2022.
[17] Ilham, H., Wijayanto, B., & Rahayu, S. P, “Analysis and Design of User Interface/User Experience With the Design Thinking Method in the Academic Information System of Jenderal Soedirman University”, Jurnal Teknik Informatika (Jutif). 2021.
[18] Gani, R. P., Puspita, I. A., & Tripiawan, W, “Perancangan Ui/ux Design Pada Dashboard Monitoring Proyek Menggunakan Metode Design Thinking Untuk Penerapan Sistem Earned Value Management Pada Pt. Xyz”, Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi (JTSI). 8(5), 8465–8480. 2021.
[19] Aziza, R. F. A, “Analisis Kebutuhan Pengguna Aplikasi Menggunakan User Persona Dan User Journey”, Information System Journal. 3(2), 6–10. 2021.
[20] Winarsih, N. A. S., & Kurniawan, P. H. M. D, “Penerapan User-Centered Design pada Sistem Informasi Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kota Semarang Berbasis Web untuk Mengelola Potensi Masjid Kota Semarang”, Jurnal Ilmu Komputer. 8(1). 2020.
[21] Kathleen, A., Sutanto, R. P., & P. K., A, “Analisis Perbandingan User Flow Dari Aplikasi E-Catalogue Ifurnholic”, Jurnal DKV Adiwarna. 1(18), 121–131. 2021.
[22] Rully Pramudita, Rita Wahyuni Arifin, Ari Nurul alfian, Nadya Safitri, & Shilka Dina Anwariya, “Pengguna Aplikasi Figma Dalam Membangun UI/UX yang Interaktif pada Program Studi Informatika Stmik Tasikmalaya”, Jurnal Buana Pengabdian. 3(1), 149-154. 2021.
[23] Ropianto, M., Saputra, S., Papers, R., Candra Wijaya Jurnal, D., Unggul, I., & Fahram, K, “Perancangan Aplikasi Point Of Sale Berbasis Web Pada Pt. Pelita Media Jaya Persada Menggunakan Aplikasi Desain F”, Perancangan Aplikasi Jurnal. Universitas Ibnu Sina. 2020.
[24] Utama, B.S, “Perancangan Ulang User Interface dan User Experience Pada Website Cosmic Clothes (Doctoral dissertation, Universitas Komputer Indonesia)”, 2020.
[25] Retnoningsih , E., & Fauziah, N.F, “Usability Testing Aplikasi Rekomendasi Objek Wisata Di Provinsi Jawa Barat Berbasis Android Menggunakan USE Questionnaire”, Bina Insani ICT Journal. 6(2), 205-216. 2019
[26] Manik,V, “Evaluasi Usability Pada Aplikasi Mobile ACC.ONE Menggunakan System Usability Scale (SUS) Dan Usability Testing (Doctoral Disertation, Universitas Atma Jaya Yogyakarta)”, 2021.
[27] Batmetan, J. R, “Model Desain Thinking Pada Perancangan aplikasi Mobile Learning”, Jurnal Sains dan Teknologi. Universitas Negeri Manado. 01(02), 23-30. 2020.
[28] Wibowo, M. R., & Setiaji, H, “Perancangan Websitie Bisnis Thrifdoor Menggunakan Metode Pendekatan Design Thinking”, Automata. 1(2). 2020.
[29] Damiyati, M.D, “Implementasi User Interface (UI) dan User Experience (UX) Pada Aplikasi Kaki Keenam Menggunakan Metode Design Thinking”, Jurnal. Jakarta. 2023.
[30] Eugenia, M. P., Abduroffi, M., Almahenzar, B., & Khoirunnisa, A, “Pendekatan Metode User-Centered Design dan System Usability Scale dalam Redesain dan Evaluasi Antarmuka Website Studi Kasus Website 155 Diseminasi Sensus Pertanian”, Seminar Nasional Official Statistics (pp. 573 583). Jakarta Timur: Politeknik Statistika STIS. 2022.
[31] Setyo Prayoga, R. A, “Pemodelan proses bisnis coffee shop menggunakan business model canvas dan empathy map”, Journal Industrial Servicess. 7(2), 308. 2022.
[32] Stevens, E, “Stage 2 in the Design Thinking Process: Define the Problem”, Career Foundry. 1–8. 2021.
[33] Taufiqul Hidayat, M., Zaman, B., Bahri, S., Informatika, T., & Kharisma Makassar, S, “Perancangan Ulang User Interface Dan User Experience Pada Aplikasi Ladder Menggunakan Metode Design Thinking”, Jtriste. 9(2), 50–64. 2022.
[34] Mursyidah, A., Aknuranda, I., & Muslimah Az-Zahra, H, “Perancangan Antarmuka Pengguna Sistem Informasi Prosedur Pelayanan Umum Menggunakan Metode Design Thinking (Studi Kasus: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya)”, Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer. 3(4), 3931–3938. 2019.