Tugas Akhir Yuliyanto (11230343)

research
  • 18 Oct
  • 2025

Tugas Akhir Yuliyanto (11230343)

Menerapkan teknologi informasi dan komunikasi dalam pengelolaan layanan berbasis digital telah menjadi kebutuhan utama bagi berbagai organisasi dan perusahaan. Salah satu sektor yang berkembang pesat dalam pemanfaatan teknologi adalah layanan pemesanan makanan berbasis aplikasi mobile. ShopeeFood, sebagai salah satu platform pemesanan makanan yang populer di Indonesia, memberikan kemudahan bagi pengguna untuk memilih dan memesan makanan dari berbagai restoran hanya melalui smartphone mereka. Tantangan tersebut meliputi antarmuka yang kurang intuitif, pengalaman pengguna yang kurang optimal, dan ketidak jelasan informasi, yang berpotensi mempengaruhi tingkat kepuasan pengguna, Penelitian ini juga mencoba membangun keterhubungan antara Usability (Learnability, Efficiency, Memorability, Errors, Satisfaction) konstruk X1 dan  Metode Design Thinking (Emphatize, Define, Ideate, Prototype, Test) konstruk X2 secara simultan sebagai variable independen serta UI/UX (Strategi, Cakupan, Struktur, Kerangka, Permukaan) konstruk Y sebagai variabel dependen. Menggunakan pendekatan kuantitatif, penyebaran kuesioner secara online dengan 15 pernyataan diperoleh 100 data  dan dianalisis menggunakan SmartPLS meliputi  Uji Patch Coefisient, Uji Validitas, Uji Reliabilitas dan Inner Model. Hasilnya menyatakan bahwa variable independen konstruk Usability (X1) dan Design Thinking (X2) secara bersama sama berpengaruh yang kuat terhadap vaeriabel dependen konstruk UI/UX (Y), artinya faktor variabel Usability dan faktor Design Thinking sangat direkomendasikan dalam membuat rancangan design interface pada aplikasi shopee food dengan menggunakan UI/UX

Unduhan

  • file_1_gabungan.pdf

    Full Tugas Akhir Yuliyanto

    •   diunduh 2x | Ukuran 5,523 KB
  • file_5_BAB_IV.pdf

    File 5_Bab IV

    •   diunduh 2x | Ukuran 866 KB
  • file_6_BAB_V.pdf

    File 6_Bab V

    •   diunduh 3x | Ukuran 119 KB
  • file_1_cover.pdf

    file 1

    •   diunduh 5x | Ukuran 2,674 KB
  • file_2_BAB_I.pdf

    File 2_Bab 1

    •   diunduh 1x | Ukuran 35 KB

 

  • file_2_BAB_I.pdf

    File 2_Bab 1

    •   diunduh 1x | Ukuran 35,932
  • file_3_BAB_II.pdf

    file 3_bab 2

    •   diunduh 1x | Ukuran 151,400
  • file_4_BAB_III.pdf

    File 4_Bab 3

    •   diunduh 2x | Ukuran 226,497
  • file_7_merged_merged.pdf

    File 7_cek plagia

    •   diunduh 5x | Ukuran 1,613,371
  • file 8_jurnal.pdf

    file 8_draft jurnal

    •   diunduh 6x | Ukuran 485,242

REFERENSI

[1]      I. Engineering et al., “Perancangan Ui / Ux Aplikasi Ogan Lopian Diskominfo,” vol. 7, no. 1, hal. 55–70, 2023.

[2]      N. I. Assaufa dan M. Arifin, “Perancangan UI/UX Aplikasi ‘BISA’ Dengan Pendekatan Design Thinking,” J. Ilm. IT CIDA, vol. 9, no. 2, hal. 50, 2023, doi: 10.55635/jic.v9i2.174.

[3]      D. Haryuda, M. Asfi, dan R. Fahrudin, “Perancangan UI/UX Menggunakan Metode Design Thinking Berbasis Web Pada Laportea Company,” J. Ilm. Teknol. Infomasi Terap., vol. 8, no. 1, hal. 111–117, 2021, doi: 10.33197/jitter.vol8.iss1.2021.730.

[4]      Y. Septiani, E. Aribbe, dan R. Diansyah, “ANALISIS KUALITAS LAYANAN SISTEM INFORMASI AKADEMIK UNIVERSITAS ABDURRAB TERHADAP KEPUASAN PENGGUNA MENGGUNAKAN METODE SEVQUAL (Studi Kasus : Mahasiswa Universitas Abdurrab Pekanbaru),” J. Teknol. Dan Open Source, vol. 3, no. 1, hal. 131–143, 2020, doi: 10.36378/jtos.v3i1.560.

[5]      H. P. Aji dan N. R. DPA, , S.T, M.Kom, “Analisis Perbandingan Website Digilib dengan Metode Penghitungan Usability Menggunakan Kuesioner SUS,” J. Buana Inform., vol. 11, no. 1, hal. 63–73, 2020, doi: 10.24002/jbi.v11i1.2502.

[6]      M. Waruwu, S. N. Pu`at, P. R. Utami, E. Yanti, dan M. Rusydiana, “Metode Penelitian Kuantitatif: Konsep, Jenis, Tahapan dan Kelebihan,” J. Ilm. Profesi Pendidik., vol. 10, no. 1, hal. 917–932, 2025, doi: 10.29303/jipp.v10i1.3057.

[7]      R. M. Sari, I. M. Nugroho, dan M. H. T, “Perancangan UI / UX Aplikasi Pembelajaran Bahasa Inggris Usia Sekolah Dasar Dengan Metode Design Thinking,” Inf. Manag. Educ. Prof., vol. 6, no. 2, hal. 121–130, 2022.

[8]      N. Hakam, “Perancangan UI/UX Aplikasi Amaze Layanan Online Travel Agent Menggunakan Aplikasi Figma,” INTEGER J. Inf. Technol., vol. 7, no. 2, hal. 87–92, 2022, doi: 10.31284/j.integer.2022.v7i2.3279.

[9]      A. Indrati dan Bayu Saputra, “Analisis Usability Layanan Bca Mobile Banking Berdasarkan Persepsi Pengguna Menggunakan Heuristic Evaluation,” J. Ilm. Tek., vol. 2, no. 1, hal. 35–42, 2023, doi: 10.56127/juit.v2i1.469.

[10]    I. Salamah, “Evaluasi Usability Website Polsri Dengan Menggunakan System Usability Scale,” vol. 8, hal. 176–183, 2019.

[11]    A. Syukron et al., “Design Thinking: Metode Perancangan Aplikasi Bapeling Dalam Penanganan Sampah Berbasis Sumber Provinsi Bali,” Softw. Dev. Digit. Bus. Intell. Comput. Eng., vol. 1, no. 02, hal. 41–48, 2023, doi: 10.57203/session.v1i02.2023.41-48.

[12]    B. W. S. Putri, “Struktur Organisasi Di Shopee,” ResearchGate, no. June, 2022, [Daring]. Tersedia pada: https://www.researchgate.net/publication/361499128

[13]    A. Nuraini dan A. A. Rachmawati, “Perancangan User Interface Aplikasi M Parkir Universitas Widyatama Menggunakan Metode Design Thinking,” JUSTINFO | J. Sist. Inf. dan Teknol. Inf., vol. 1, no. 1, hal. 21–33, 2023, doi: 10.33197/justinfo.vol1.iss1.2023.1249.

[14]    A. Rizky Rabbani, “Penerapan Design Thinking Terhadap Usaha Baju Di Toko Setal Pangkalpinang Dengan Menggunakan Website Sebagai Salah Satu Solusi,” Rainstek J. Terap. Sains dan Teknol., vol. 3, no. 3, hal. 167–175, 2021, doi: 10.21067/jtst.v3i3.6046.

[15]    C. Mandang, D. Wuisan, dan J. Mandagi, “Penerapan Metode RAD dalam Merancang Aplikasi Web Proyek PLN UIP Sulbagut,” Jointer - J. Informatics Eng., vol. 1, no. 02, hal. 49–53, 2020, doi: 10.53682/jointer.v1i02.18.

[16]    S. Narulita, A. Nugroho, dan M. Z. Abdillah, “Diagram Unified Modelling Language ( UML ) untuk Perancangan Sistem Informasi Manajemen Penelitian dan Pengabdian Masyarakat ( SIMLITABMAS ) Universitas Nasional Karangturi Semarang , Indonesia ( deskripsi ) dan perancangan sistem , khususnya pada pemrogr,” no. 3, hal. 244–256, 2024.

[17]    R. Ayu Pangestuti, R. Permatasari, dan S. Fitri Ana Wati, “Perancangan Ui/Ux Design Aplikasi Coffee Care Dengan Metode Design Thinking Berbasis Mobile App Pada Café Proof.Co,” JATI (Jurnal Mhs. Tek. Inform., vol. 8, no. 3, hal. 3269–3278, 2024, doi: 10.36040/jati.v8i3.9674.

[18]    D. S. Bila dan D. R. Indah, “Perancangan Ulang UI-UX Desain Website BKKBN Provinsi Sumatera Selatan dengan Metode Design Thinking,” KLIK Kaji. Ilm. Inform. dan Komput., vol. 3, no. 6, hal. 746–753, 2023, doi: 10.30865/klik.v3i6.870.

[19]    D. Ariska dan S. Nurlela, “Analisis Dan Perancangan UI/UX Aplikasi Lazada Menggunakan Metode Design Thinking,” J. Infortech, vol. 4, no. 2, hal. 86–91, 2022.

[20]    F. Handayani dan N. Nurajijah, “Analisis Desain User Interface dan User Experience Aplikasi Spidol Menggunakan Metode Design Thinking,” J. Infortech, vol. 6, no. 1, hal. 37–45, 2024, doi: 10.31294/infortech.v6i1.21876.

[21]    N. Yunita, L. N. Aini, dan S. Marlina, “Analisa Usability User Interface Dan User Experience Aplikasi Simrs Khanza Pada Rsia Ibnu Sina Menggunakan Metode Design Thinking,” J. Digit, vol. 14, no. 1, hal. 41, 2024, doi: 10.51920/jd.v14i1.369.

[22]    Y. A. Amali, D. Ec, I. Sentot, dan M. S. Wahjoyo, “Budaya Organisasi Di Shopee,” no. March, 2024.