Penelitian ini dilatar belakangi oleh meningkatnya pengaruh konten flexing influencer di media sosial terhadap perspektif serta keputusan investasi generasi Z, terkhususnya di dalam investasi cryptocurrency yang tidak pasti dan berisiko tinggi. permasalahan utama yang dianalisis adalah apakah flexing influencer dan customer attitude dapat berpengaruh secara parsial maupun simultan terhadap keputusan investasi cryptocurrency. Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh dari kedua variabel tersebut terhadap keputusan investasi, dan melihat sejauh mana kontribusinya di dalam pembentukan perilaku investasi digital pada generasi muda. Metode penelitian yang digunakan yaitu pendekatan kuantitatif dengan teknik eksplanatori. Dan sampel berjumlah 385 responden Gen Z yang berdomisili di Jakarta Utara, dipilih dengan teknik simple random sampling. Data dianalisis memakai alat bantu Partial Least Square-Structural Equation Modeling (PLS-SEM). Hasil penelitian menyatakan bahwa flexing influencer dan customer attitude berpengaruh signifikan secara parsial maupun simultan terhadap keputusan investasi cryptocurrency. Akan tetapi nilai R-Square sebesar 0,124 yang menunjukkan bahwa kedua variabel tersebut hanya mampu menjelaskan 12,4% variansi keputusan investasi, yang tergolong rendah. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat faktor-faktor lain di luar model yang lebih dominan dalam memengaruhi keputusan investasi cryptocurrency pada generasi Z.
Full Tugas Akhir
Abu-Alsondos, I. A., Alkhwaldi, A. F., Salhab, H. A., Shehadeh, M., & Ali, B. J. A. (2023). Customer attitudes towards online shopping: A systematic review of the influencing factors. International Journal of Data and Network Science, 7(1), 513–524. https://doi.org/10.5267/j.ijdns.2022.12.013
Agustian, K., Hidayat, R., Zen, A., Sekarini, R. A., & Malik, A. J. (2023). The Influence of Influencer Marketing in Increasing Brand Awareness and Sales for SMEs. Technology and Society Perspectives (TACIT), 1(2), 68–78. https://doi.org/10.61100/tacit.v1i2.54
Agustin, N., Yanti, Y., & Nasihin, I. (2023). Model Pengukuran Tax Evasion berbasis Money Ethics dan Tax Morals. Jurnal Riset Akuntansi & Perpajakan (JRAP), 10(1), 103–114. https://doi.org/10.35838/jrap.2023.010.01.10
Anggraini, F. D. P., Aprianti, Setyawati, V. A. V., & Hartanto, A. A. (2022). Pembelajaran Statistika Menggunakan Software SPSS untuk Uji Validitas dan Reliabilitas. Jurnal Basicedu, 6(4), 6491–6504. https://jbasic.org/index.php/basicedu
Anjani, E. R., & Simamora, V. (2022). Pengaruh Influencer, Harga Dan Kualitas Produk Skincare Scarlett Whitening Terhadap Keputusan Pembeli Generasi Z, Dki Jakarta. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 6(3), 1293–1308. https://doi.org/10.31955/mea.v6i3.2547
Ardhini, Z. (2023). Pengertian Skala Likert, Metode, dan Contohnya untuk Penelitian. Detik Bali. https://www.detik.com/bali/berita/d-6607480/pengertian-skala-likert-metode-dan-contohnya-untuk-penelitian
Astari, E. (2022). Menilik Fenomena Influencer dan Artis yang Jadi Afiliator Trading Seperti Indra Kenz. Kompas. https://nasional.kompas.com/read/2022/03/08/18003281/menilik-fenomena-influencer-dan-artis-yang-jadi-afiliator-trading-seperti?page=all#
Bilro, R. G., & Loureiro, S. M. C. (2020). A consumer engagement systematic review: synthesis and research agenda. Spanish Journal of Marketing - ESIC, 24(3), 283–307. https://doi.org/10.1108/SJME-01-2020-0021
Cahaya, Y. F., Sungkono, S., Rukmana, O., Rajoana, J., Setyarachma, A., Prasetyo, J. H., & Setyanto, E. (2024). Crypto apps: How user perceptions shape continued usage? Jurnal Manajemen Dan Pemasaran Jasa, 17(2), 223–240. https://doi.org/10.25105/v17i2.19866
Chen, Y., Qin, Z., Yan, Y., & Huang, Y. (2024). The Power of Influencers: How Does Influencer Marketing Shape Consumers’ Purchase Intentions? Sustainability (Switzerland) , 16(13), 1–18. https://doi.org/10.3390/su16135471
Dameria, L. (2023). Motivasi Kerja, Budaya Organisasi, Lingkungan Kerja, dan Komitmen Organisasi Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan Industri Kimia. Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan Dan Kemasyarakatan, 17(6), 4059. https://doi.org/10.35931/aq.v17i6.2856
Dewi, R. D. (2022). PENGARUH HARGA, KERAGAMAN PRODUK DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA GOSTORE (Study kasus pada Online Shop Yoruskin Store). 23–36.
Evania, S., Listiana, E., Wendy, ., Rosnani, T., & Fahruna, Y. (2023). The Effect of Influencer Marketing and Content Marketing on Customer Engagement and Purchase Decisions on Followers. Asian Journal of Economics, Business and Accounting, 23(2), 12–20. https://doi.org/10.9734/ajeba/2023/v23i2917
Firmansyah, D., & Saepuloh, D. (2022). Social Learning Theory: Cognitive and Behavioral Approaches. Jurnal Ilmiah Pendidikan Holistik (JIPH), 1(3), 297–324. https://journal.formosapublisher.org/index.php/jiph/index
Fitriani, R. N., & Pujiastuti, H. (2021). Pengaruh Self-Efficacy Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 2793–2801. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i3.803
Gumilang, N. A. (2021). Kuesioner Adalah: Pengertian, Jenis-Jenis, dan Karakteristik. Gramedia Blog. https://www.gramedia.com/literasi/kuesioner/
Handayani. (2020). Bab Iii Metode Penelitian. Suparyanto Dan Rosad, 5(3), 248–253.
Hanif, H., Harahap, M. I., & Silalahi, P. R. (2025). Pengaruh Gaya Hidup , Fomo , Literasi Keuangan Syariah , dan Persepsi Risiko Terhadap Keputusan Investasi Cryptocurrency. 6(1), 83–93. https://doi.org/10.47065/jbe.v6i1.6916
Inci, A. C., & Lagasse, R. (2023). Cryptocurrencies: applications and investment opportunities. Journal of Capital Markets Studies, 3(2), 98–112. https://doi.org/10.1108/JCMS-05-2019-0032
Info, R. (2023). Flexing: Pengertian, Penyebab dan Tips Mengatasinya. Kumparan. https://kumparan.com/ragam-info/flexing-pengertian-penyebab-dan-tips-mengatasinya-20ZvHpfhgvJ
Ir, P., & Tarumingkeng, R. C. (2025). Blockchain dan Cryptocurrency : Masa Depan Ekonomi Digital.
Khaerunnisa, G., Mulyana, R., & Abdurrahman, L. (2023). Pengujian Pengaruh Tata Kelola Ti Terhadap Transformasi Digital Dan Kinerja Asuransi a Menggunakan Structural Equation Modeling. JIPI (Jurnal Ilmiah Penelitian Dan Pembelajaran Informatika), 8(2), 381–392. https://doi.org/10.29100/jipi.v8i2.3469
Khairally, E. (2023). Responden Adalah: Ini Definisi, Karakteristik, Syarat dan Contohnya. Detik Edu. https://www.detik.com/edu/detikpedia/d-6826307/responden-adalah-ini-definisi-karakteristik-syarat-dan-contohnya
Lelyta Dewi Candra, & Agung Abdullah. (2023). Pengaruh Pengetahuan Investasi, Persepsi Resiko Dan Literasi Keuangan Syariah Terhadap Minat Investasi Dengan Cryptocurrency. Syarikat: Jurnal Rumpun Ekonomi Syariah, 6(2), 478–492. https://doi.org/10.25299/syarikat.2023.vol6(2).14538
LPPI, T. R. M. S. (2020). Masa depan uang virtual. Lembaga Pengembangan Perbankan Indonesia, 1–8.
Marheni, D. K., Jenny, J., & Agustin, I. N. (2023). Cryptocurrency decision analysis as an instrument in modern financial markets through investment intention. Jurnal Manajemen Dan Pemasaran Jasa, 16(2), 237–254. https://doi.org/10.25105/jmpj.v16i2.17476
Mechtildis Olivia. (2022). Pemanfaatan Instagram @Dkksemarang Sebagai Media Komunikasi Bencana Dalam Penanganan Covid-19 Di Kota Semarang (Maret - Desember 2020). Doctoral Dissertation, Universitas Katholik Soegijapranata Semarang., July, 41–48.
Milla, M. N. (2022). TEORI HIRARKI KEBUTUHAN MASLOW TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MEREK GADGET. Jurnal Psikologi Sosial, 20(2), iii–iv. https://doi.org/10.7454/jps.2022.11
Norisnita, M., & Indriati, F. (2022). Application of Theory of Planned Behavior (TPB) in Cryptocurrency Investment Prediction: A Literature Review. Journal of Economics and Business, 5(2). https://doi.org/10.31014/aior.1992.05.02.424
Nugraha, T. W., Udayana, I. B. N., & Lukitaningsih, A. (2021). PENGARUH PERCEIVED USEFULNESS, PERCEIVED EASE OF USE DAN SUBJECTIVE NORM TERHADAP PURCHASE INTENTION MELALUI ATTITUDE PENGGUNA OLX (Studi Kasus: Pada Mahasiswa UST Yogyakarta). JBE (Jurnal Bingkai Ekonomi), 6(2), 12–27. https://doi.org/10.54066/jbe.v6i2.102
Nurul Fahmi, A., Komariah, S., & Wulandari, P. (2024). Flexing Dan Personal Branding: Konten Analisis Sosial Media Generasi Z Di Indonesia. Jurnal Analisa Sosiologi, 13(1), 22–40.
Peng, S., Prentice, C., Shams, S., & Sarker, T. (2024). A systematic literature review on the determinants of cryptocurrency pricing. China Accounting and Finance Review, 26(1), 1–30. https://doi.org/10.1108/cafr-05-2023-0053
Perayunda, I. G. A. D., & Mahyuni, L. P. (2022). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Investasi Cryptocurrency Pada Kaum Milenial. EKUITAS (Jurnal Ekonomi Dan Keuangan), 6(3), 351–372. https://doi.org/10.24034/j25485024.y2022.v6.i3.5224
Praditya, F. P., & Kardiyem, K. (2023). Pengaruh Pengetahuan Keuangan Dan Sikap Keuangan Terhadap Perilaku Pengelolaan Keuangan Dengan Locus Of Control Sebagai Variabel Moderasi. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 16(2), 173. https://doi.org/10.17977/um014v16i22023p173
Prameswari, D. P. (2023). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Demokratis, Pengembangan Karir, dan Lingkungan Kerja Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan (Studi Kasus pada Kantor Kelurahan Pondok Kelapa). 31–42.
Prayoga, Y., & Pohan, M. Y. A. (2022). Electronic Word of Mouth (eWOM): Menguji Pengaruh Pengalaman Positif, Persepsi Kualitas dan Kepercayaan. Studi Kasus: Restoran di Labuhanbatu. J-MAS (Jurnal Manajemen Dan Sains), 7(1), 283. https://doi.org/10.33087/jmas.v7i1.393
Putu, K., Murjana, O., & Sinarwati, N. K. (2022). Persepsi Mahasiswa tentang Flexing dan Pengaruhnya Terhadap Keputusan Investasi. Jurnal Akuntansi Profesi, 13(3), 837–844.
Rahyuda, H., & Candradewi, M. R. (2023). Determinants of cryptocurrency investment decisions (Study of students in Bali). Investment Management and Financial Innovations, 20(2), 193–204. https://doi.org/10.21511/imfi.20(2).2023.17
Rijanto, B. P., & Utami, N. (2024). Financial technology, social media influencers, and experience of cryptocurrency investment decisions: Financial literacy’s role. Jurnal Manajemen Maranatha, 23(2), 201–216. https://doi.org/10.28932/jmm.v23i2.8717
Salmaa. (2022). Definisi Operasional: Ciri, Contoh, Cara Menyusunnya. Deepublish. https://penerbitdeepublish.com/definisi-operasional/
Santoso, F., & Modjo, M. I. (2022). Financial Literacy and Risk Tolerance of Indonesian Crypto-Asset Owners. ACM International Conference Proceeding Series, 297–306. https://doi.org/10.1145/3556089.3556119
Sari, D. M. F. P., & Aprialita, S. D. (2023). The influence of content, influencer, and experiential marketing on customer engagement of online game applications. Review of Management, Accounting, and Business Studies, 4(2), 83–93. https://doi.org/10.38043/revenue.v1i1.2665
Sarjana, N. (2023). Definisi Data Sekunder dan Cara Memperolehnya. Detik Edu. https://www.detik.com/edu/detikpedia/d-6843072/definisi-data-sekunder-dan-cara-memperolehnya#:~:text=Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia,lain%2C baik lisan maupun tulis
Seni, N. N. A., & Ratnadi, N. M. D. (2021). Theory of Planned Behavior Untuk Memprediksi Niat Berinvestasi. E-Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Universitas Udayana, 12, 4043. https://doi.org/10.24843/eeb.2017.v06.i12.p01
Seprianto, O. (2021). Pengaruh Keterlibatan Kerja Terhadap Kepuasan Kerja Dan Kinerja Pegawai. Jurnal Manajemen Sains Dan Organisasi, 2(1), 1–14. https://doi.org/10.52300/jmso.v2i1.2795
Shecillia, Y. (2023). Hubungan Individualisme Ekonomi Terhadap Keterikatan Kerja Dimediasi Oleh Motivasi Kerja. 3, 1859–1872.
Siripurapu, Anshu & Berman, N. (2024). The Crypto Question: Bitcoin, Digital Dollars, and the Future of Money. https://www.cfr.org/backgrounder/crypto-question-bitcoin-digital-dollars-and-future-money
Sudarta. (2022). 済無No Title No Title No Title. 16(1), 1–23.
Sudha, M., & Sheena, K. (2020). Impact of Influencers in Consumer Decision Process: Impact of Influencers in the Fashion Industry. SCMS Journal of Indian Management, 93(3), 14–29. http://ovidsp.ovid.com/ovidweb.cgi?T=JS&PAGE=reference&D=emed5&NEWS=N&AN=12656442
Suhada, K., Amalia Putri, A., & Samsul Bakhri, A. (2024). Analisis Pengaruh Pemasaran Media Sosial Terhadap Brand Awareness Grand Sentraland Karawang Dengan Metode Eksplanatori. Jurnal Interkom: Jurnal Publikasi Ilmiah Bidang Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 18(4), 32–41. https://doi.org/10.35969/interkom.v18i4.328
Suryasumirat, R. A. (2023). Rhenald Kasali: Flexing Itu Barangnya Tak Jelas, Kenapa Masih Ada yang Percaya? Liputan6.Com. https://www.liputan6.com/news/read/4936259/rhenald-kasali-flexing-itu-barangnya-tak-jelas-kenapa-masih-ada-yang-percaya
Syaiful, I. A., & Sari, A. V. K. (2020). Faktor-faktor yang Memengaruhi Perilaku Konsumen dalam Bertransaksi di Media Sosial. Psikohumaniora: Jurnal Penelitian Psikologi, 1(1), 95. https://doi.org/10.21580/pjpp.v1i1.904
SYARI, F. (2022). Bab III - Metode Penelitian Metode Penelitian. Metode Penelitian, 32–41.
Warini, S., Hidayat, Y. N., & Ilmi, D. (2023). Teori Belajar Sosial Dalam Pembelajaran. ANTHOR: Education and Learning Journal, 2(4), 566–576. https://doi.org/10.31004/anthor.v2i4.181
Wibisono, A., Destryana, R. A., & Ghufrony, A. (2021). Pelatihan Partial Least Square (PLS) Bagi Mahasiswa. Jurnal ABDIRAJA, 4(2), 24–30. https://doi.org/10.24929/adr.v4i2.1542
Yonatan, A. Z. (2024). 10 Media Sosial dengan Pengguna Terbanyak 2024. GoodStats. https://data.goodstats.id/statistic/10-media-sosial-dengan-pengguna-terbanyak-2024-CaJT1
Zahra, M., Mira Amelia, M. A., Wahyuni, P., Septianti, R., & Fauzany, R. (2024). Persepsi Mahasiswa Terhadap Flexing Dan Pengaruhnya Terhadap Minat Investasi. Jurnal Ekonomi Manajemen Bisnis Dan Akuntansi : EMBA, 2(2), 185–189. https://doi.org/10.59820/emba.v2i2.162
Zanesty, R. A. R., Arya, T., Prakasa, D., Chantika, I., & Rakhmawati, N. A. (2022). ANALISIS PENGARUH INFLUENCER SOSIAL MEDIA TERHADAP KEPUTUSAN MASYARAKAT INDONESIA. 15(1), 44–59.