Pesatnya perkembangan teknologi informasi mendorong berbagai sektor industri
untuk memanfaatkan sistem digital guna meningkatkan efisiensi operasional,
termasuk di bidang layanan teknis. PT. Royal Teknik Gemilang sebagai perusahaan
yang bergerak di bidang layanan teknikal, perawatan, dan instalasi, telah
mengembangkan aplikasi mobile khusus untuk mendukung kinerja teknisi di
lapangan. Aplikasi ini diharapkan dapat mempercepat pelaporan, meningkatkan
akurasi data, serta mempercepat respons terhadap kebutuhan pelanggan. Namun,
keberhasilan implementasi aplikasi tidak hanya ditentukan oleh kecanggihan
teknologi, melainkan juga oleh tingkat usability atau kemudahan penggunaan
aplikasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi usability aplikasi mobile teknisi
menggunakan metode Use Questionnaire, yang mengukur empat dimensi utama:
usefulness, ease of use, ease of learning, dan satisfaction. Selain itu, pendekatan
Importance Performance Analysis (IPA) digunakan untuk memetakan atribut
aplikasi berdasarkan persepsi pengguna terhadap tingkat kepentingan dan kinerjanya.
Hasil analisis ini bertujuan memberikan rekomendasi strategis guna meningkatkan
kualitas aplikasi. Diharapkan penelitian ini memberikan gambaran objektif mengenai
kelebihan dan kekurangan aplikasi dari perspektif pengguna, serta menjadi dasar bagi
pengembangan aplikasi yang lebih responsif, efisien, dan sesuai dengan kebutuhan
teknisi. Dengan demikian, aplikasi mobile ini dapat berperan optimal dalam
menunjang produktivitas kerja dan kualitas layanan PT. Royal Teknik Gemilang.
Full Tugas Akhir
DAFTAR PUSTAKA
[1] S. P. B. Sinulingga and M. I. P. Nasution, “Perkembangan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Diera Digital : Perspektif Masa Depan,” J. Ilm. Ekon. Dan Manaj., vol. 2, no. 12, pp. 25–35, 2024.
[2] M. Kusmiati, MANAJEMEN OPERASIONAL Revolusi Digital dalam Manajemen Operasional dari Teori ke Praktik, no. August. Garut: CV. Aksara Global Akademia, 2024.
[3] F. Purwani and F. A. Farhah, “Analisa Usability Testing Pada Sosial Media Profesional Dengan Metode System,” J. Perangkat Lunak, vol. 6, no. 3, pp. 392– 399, 2024.
[4] A. Ningtiyas, S. N. Faizah, M. Mustikasari, and I. Bastian, “Pengukuran Usability Sistem Menggunakan USE Questionnaire pada Aplikasi OVO Pendahuluan,” Ilm. KOMPUTASI, vol. 20, pp. 101–107, 2021, [Online]. Available: https://ejournal.jakstik.ac.id/files/journals/1/articles/Vol20No1Mar2021/2701/submission/proof/2 701-1-1633-1-10-20210522.pdf.
[5] R. Hidayat, M. F. Asnawi, and S. Rohman, “Analisis Usability Dengan Metode Use Questionnaire Pada Aplikasi Myindihome,” J. Econ. Bus. Eng., vol. 3, no. 1, pp. 168–173, 2021, doi: 10.32500/jebe.v3i1.2155.
[6] M. D. Fahmi, H. M. Az-zahra, and R. K. Dewi, “Perbaikan Usability Aplikasi Pemesanan Tiket Bioskop Menggunakan Metode Usability Testing dan USE Questionnaire,” J. Pengemb. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 2, no. 12, pp. 6653–6660, 2018.
[7] N. Subandi, B. O. Lubis, and B. Santoso, “Pendekatan Technology Acceptance Model (TAM) dan Importance Performance Analysis (IPA) untuk Menganalisa Kemudahan dan Kegunaan Aplikasi Solfina Pada PT . SKK di Jakarta,” vol. 7, no. 1, pp. 71–87, 2021.
[8] D. B. Napitupulu, “Evaluasi Kualitas Website Universitas XYZ Dengan Pendekata Webqual,” Bul. Pos dan Telekomun., vol. 14, no. 1, pp. 51–64, 2016, doi: 10.17933/bpostel.2016.140105.
[9] Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2016.
[10] D. Taluke, R. S. M. Lakat, and A. Sembel, “Analisis Preferensi Masyarakat Dalam Pengelolaan Ekosistem Mangrove Di Pesisir Pantai Kecamatan Loloda Kabupaten Halmahera Barat,” Spasial, vol. 6, no. 2, pp. 531–540, 2019.
72
[11] T. Wahyono, Analisis Statistik Mudah dengan SPSS 20. Jakarta: Elek Media Komputindo, 2014.
[12] R. Aspriyani, B. P. Hartono, M. Ahmad, and E. Susilowati, “Implementasi Spss Dalam Analisis Data Bagi Mahasiswa Di Cilacap,” J. Terap. Abdimas, vol. 7, no. 2, p. 230, 2022, doi: 10.25273/jta.v7i2.12717.
[13] F. E. Schaduw, I. Carolina, A. Haidir, B. O. Lubis, and L. S. Marita, “Evaluasi Aplikasi Hospitality pada Hotel dengan Metode Website Usability Evaluation Tool (WEBUSE),” J. Teknol. Inform. dan Komput. MH. Thamrin, vol. 9, no. 1, pp. 361–375, 2023.
[14] B. O. Lubis, A. Salim, and J. Jefi, “Evaluasi Usability Sistem Aplikasi Mobile JKN Menggunakan Use Questionnaire,” J. SAINTEKOM, vol. 10, no. 1, p. 65, 2020, doi: 10.33020/saintekom.v10i1.131.
[15] A. U. Safitra, A. M. B. Aji, B. O. Lubis, and B. Santoso, “Evaluasi Mobile Banking dengan Pendekatan Use Questionnaire dan Importance Performance Analysis,” J. Teknlogi Inform. dan Komput. MH. Thamrin, vol. 8, no. 2, pp. 148–164, 2022.
[16] S. F. Pane, W. K. Sari, and Z. A. Wicaksono, Membuat Aplikasi Pengolahan Data Administrasi Barang Menggunakan Aplikasi Apex Online. Bandung: Kreatif Industri Nusantara, 2020.
[17] W. Gunawan, B. Oloan Lubis, D. Oscar, and A. Salim, “Analisis Pengukuran Usability Aplikasi DAPODIK Kabupaten Karawang Dengan Metode Use Questionnaire Dan IPA,” Jtsi, vol. 5, no. 1, pp. 119–132, 2024.
[18] Sugiarto, Metodologi Penelitian Bisnis. Yogyakarta: Andi, 2017.
[19] I. Mahendra, “Penggunaan Technology Acceptance Model (TAM) Dalam Mengevaluasi Penerimaan Pengguna Terhadap Sistem Informasi Pada PT . Ari Jakarta,” Sist. Inf. STMIK Antar Bangsa, vol. 5, no. 2, pp. 183–195, 2016.
[20] I. Ghozali, Aplikasi Analisis Multivariate, X. Semarang: Undip, 2021.
[21] Prof. Dr. Sugiyono, METODE PENELITIAN Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. 2014.
[22] S. Sudjana, Metoda Statistika, 6th ed. Bandung, Indonesia: Tarsito, 2005