Perkembangan era digital mendorong pentingnya kreativitas serta kemandirian generasi muda dalam bidang kewirausahaan di kalangan generasi muda, khususnya mahasiswa. Arna Decor, salah satu usaha yang dijalankan oleh mahasiswa, yang bergerak di bidang hiasan dinding dekorasi rumah. Namun dalam menjalankan usahanya Arna Decor menghadapi sejumlah tantangan seperti rendahnya brand awareness, kurang optimalnya pemasaran digital, dan keterbatasan inovasi produk. Penelitian ini bertujuan untuk mengoptimalkan strategi digital marketing yang efektif guna meningkatkan brand awareness serta mengevaluasi dampak Program Pembinaan Mahasiswa Wirausaha (P2MW) terhadap peningkatan kapasitas usaha Arna Decor. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan studi kasus. Data dikumpulkan melalui observasi aktivitas media sosial dan marketplace, dokumentasi performa penjualan, serta studi literatur terkait konsep digital marketing dan brand awareness. Analisis dilakukan secara deskriptif dengan membandingkan data sebelum dan sesudah pelaksanaan program P2MW. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi digital marketing yang diterapkan setelah program P2MW, seperti konten kreatif berbasis storytelling di Instagram dan TikTok, kampanye iklan berbayar di marketplace, serta kolaborasi dengan afiliasi, berhasil meningkatkan performa usaha. Kunjungan profil Instagram meningkat sebesar 155,6%, penonton TikTok naik 105,3%, dan omzet penjualan di Shopee melonjak dengan ROAS sebesar 4,77. Selain itu, interaksi dengan pelanggan menjadi lebih responsif dan profesional, yang berdampak pada peningkatan kepuasan dan ulasan positif dari konsumen.
File 8_Jurnal
Full Tugas Akhir
File 7_Lampiran
Adiprasetya, F., Pulungan, P., & Saputra, R. (2024). Proyek Pemasaran Digital di Sosial Media dan E- Commerce Melalui Pembuatan Content Marketing dan Advertising Campaign Untuk Meningkatkan Brand Awareness Racabel. 2(5).
Aditya. (2020). Brand Image Dan Brand Awareness. Brand Marketing: The Art of Branding, January, 111–112.
Aji, B. P., Roosinda, F. W., & Ekantoro, J. (2022). Implementasi Konten Kreatif @Maharagung. Organizer Dalam Membangun Brand Awareness. Jurnal Administrasi Publik Dan Ilmu Komunikasi, 9(1), 24–31. https://doi.org/10.55499/intelektual.v9i1.66
BPS. (2022). Analisis Profil Penduduk Indonesia. In Badan Pusat Statistik. https://www.bps.go.id/
Dewi, N. L. P. S., Sujana, N. M. W. D., & Dewi, L. G. K. (2024). Analisis Efektivitas Program Pembinaan Kewirausahaan dalam Meningkatkan Profitabilitas Usaha. Jurnal Inovasi Akuntansi (JIA), 2(2), 141–150. https://doi.org/10.36733/jia.v2i2.10144
Dharmayanti, D., & Elissa. (2020). Pengaruh Content Marketing Terhadap Customer Value dan Customer Engagement Pada Repeat Buying Aplikasi Tiket.Com di Surabaya. Jurnal Strategi Pemasaran, 7(1), 268–279.
Hamid, N., & Mokodompit, E. A. (2024). Peran Mediasi Loyalitas Merek Pada Social Media Marketing, Customer Engagement dan Keputusan pembelian di Shopee. BUGIS: Journal of Business, Technology, and Social Science. https://doi.org/10.56858/bugis.v2i2.351
Handayani, T. M., Rizki, I. H., & Masri, D. (2024). Pendampingan UMKM Toko Bunga : Optimalisasi Branding dan Strategi Pemasaran Online. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat, 1(September), 112–116.
Hidayat, R. (2016). Pedang Bermata Dua Bernama Bonus Demografi. Tirto.Id. https://tirto.id/pedang-bermata-dua-bernama-bonus-demografi-btVG#google_vignette
Jabar, O. D. (2023). Indonesia Menghadapi Bonus Demografi, Wujudkan Generasi Emas Tahun 2045. Open Data Jabar. https://opendata.jabarprov.go.id/id/infografik/indonesia-menghadapi-bonus-demografi,-wujudkan-generasi-emas-tahun-2045
Kemendikbudristek. (2024). Panduan Program Pembinaan Mahasiswa Wirausaha. Direktorat Pembelajaran Dan Kemahasiswaan, 1–76. https://dikti.kemdikbud.go.id/wp-content/uploads/2024/02/Panduan-P2MW-2024.pdf
Ketenagakerjaan Umum. (2024). Kondisi Ketenagakerjaan di Indonesia Tahun 2021 - 2023. 1 Data. https://satudata.kemnaker.go.id/infografik/59
Laudon, & Traver. (2022). FACEBOOK AND THE AGE OF PRIVACY. Pearson: Harlow. https://www.cliffsnotes.com/study-notes/18988431
Ma’rifah, I., W, B. R. I., Rizqi, E. I., & Kustiningsih, N. (2022). Pengaruh Marketplace Dalam Meningkatkan Daya Saing Ekonomi Kreatif Pada Umkm D’Elixir. Jurnal Revenue : Jurnal Ilmiah Akuntansi, 2(2), 349–356. https://doi.org/10.46306/rev.v2i2.78
Manurung, M., & Putri, J. (2025). Peran Marketplace Dalam Meningkatkan Akses Pemasaran Umkm Di Indonesia. AB-JOIEC: Al-Bahjah Journal of Islamic Economics, 2(02), 74–81. https://doi.org/10.61553/abjoiec.v2i02.249
Meilawati, D., Triana, A., Mubarok, M. A., Hidayat, N., & Ramadanti, V. F. (2023). LAPORAN AKHIR PROGRAM PEMBINAAN MAHASISWA WIRAUSAHA (P2MW).
Muthi, S., Delfanti, E. S., Sa’diah, A. H., Alisah, S., & Pitriani, A. (2023). LAPORAN AKHIR PROGRAM PEMBINAAN MAHASISWA WIRAUSAHA (P2MW).
Nirmawala, Hamsah, & Resky Faradibah Suhab. (2022). Pengembangan Kewirausahaan Mahasiswa Melalui Program P2Mw. Jurnal E-Bussiness Institut Teknologi Dan Bisnis Muhammadiyah Polewali Mandar, 2(1), 64–69. https://doi.org/10.59903/ebussiness.v2i1.27
Pratiwi, S., & Rahmidani, R. (2023). Pengaruh Content Marketing dan Electronic Word of Mouth Pada Media Sosial Instagram Terhadap Keputusan Pembelian Produk Vaseline Hand & Body Lotion. Jurnal Ecogen, 6(1), 119. https://doi.org/10.24036/jmpe.v6i1.14476
Putra, Y. B., Toy, Y., Baon, P. U. H., & Izazi, F. (2023). LAPORAN AKHIR PROGRAM PEMBINAAN MAHASISWA WIRAUSAHA (P2MW). https://id.scribd.com/document/770896043/LAPORAN-TERMIN-AKHIR-BOTANIA-FISH-1
Setiawati, S. (2024). RI Punya 50 Juta Wirausaha Muda, Beneran Niat Apa Kepepet? CNBC Indonesia. https://www.cnbcindonesia.com/research/20241125084637-128-590770/ri-punya-50-juta-wirausaha-muda-beneran-niat-apa-kepepet#:~:text=Berdasarkan data Badan Pusat Statistik,mapan sebesar 8%2C86%25.
Sijabat, R., Syamsuri, Pratiwi, R., Amruddin, Hasan, Chadhiq, U., Irhamni, M. R., Hartati, A., Wardhana, A., Sudirman, A., Faizal, M., & Haryono, A. T. (2022). Bisnis Digital (H. F. Ningrum (ed.)). CV. MEDIA SAINS INDONESIA.
UNFPA. (2016). Demographic dividend. United Nations Population Fund. https://www.unfpa.org/demographic-dividend?page=7#summery105891
Wisesa, A. M., Andani, E., & Soerianda, I. T. (2022). LAPORAN AKHIR PROGRAM PEMBINAAN MAHASISWA WIRAUSAHA (P2MW).
Yasinta, M., Hastuti, K., Nurliani, Lima, L., & Hasan, L. A. (2022). LAPORAN AKHIR PROGRAM PEMBINAAN MAHASISWA WIRAUSAHA (P2MW).
Yulianti, S. (2022). Analisis Strategi Pemasaran Melalui Marketplace Dalam Meningkatkan Penjualan Produk Pada Glori Digital Sablon Banjarmasin. 1–3. http://eprints.uniska-bjm.ac.id/11467/