Transformasi Digital pada bidang ekonomi kreatif telah membuka peluang untuk pelaku industri terutama fotografer, dalam mendistribusikan dan memonetiasi karya seni digital lebih luas. Namun masih banyaknya fotografer yang memiliki keterbatasan dalam memasarkan produknya, terutama karena belum tersedianya platform lokal yang memfokuskan dan mendukung sistem penjualan produk digital seperti manajemen portofolio, transaksi digital berdasarkan permasalahan tersebut, penelitian ini bertujuan untuk merancang bisnis digital berupa platform berbasis web bernama Potoshare Indonesia, yang ditujukan sebagai marketplace digital yang menghusukan bidang fotografi dan produk karya seni digital seperti foto, preset, e-book, serta membangun portofolio online secara professional, . Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan Rational Unified Process (RUP) serta pemodelan bisnis menggunakan Business Model Canvas (BMC). Hasil dari penelitian ini adalah rancangan aplikasi dan strategi bisnis digital yang dinilai layak dan sangat berpotensi untuk dikembangkan lebih lanjut. Potoshare Indonesia diharapkan menjadi solusi digital yang mendukung pertumbuhan ekonomi kreatif di bidang fotografi.
Full Tugas AKhir
[1] K. P. dan E. Kreatif, “Statistik Ekonomi Kreatif 2020,” Jakarta, 2020.
[2] N. E. Dwi, I. A. Putri, R. Ariany, and R. E. Putera, “Lisensi Creative Commons Attribution 4.0 Internasional (CC BY),” Tata Kelola Ind. Kreat. di Indones. dalam Perspekt. Sound Gov., vol. 12, no. Maret, pp. 1-1o, 2024.
[3] B. Hutagaol, “CENDIKIA PENDIDIKAN PEMASARAN SENI DI ERA DIGITAL STRATEGI MEDIA SOSIAL DAN PLATFORM KREATIF,” vol. 10, p. 2024, doi: 10.9644/sindoro.v3i9.252.
[4] R. A. Mufid, “Perkembangan Teknik Fotografi,” Retin. J. Fotogr., vol. 2, no. 2, pp. 296–301, 2022, doi: 10.59997/rjf.v2i2.2277.
[5] D. A. Annisa Sabilla, Novia Fachza, “ANALISIS KELAYAKAN USAHA FOTOGRAFI DAN VIDEOGRAFI DI ERA DIGITAL,” vol. 3, no. 1, pp. 1–6, 2023.
[6] N. E. Tarigan, F. R. Laili, T. Samudra Hidayat, and R. Hidayat, “Membangun Keunggulan Bisnis Digital : Sinergi Perencanaan Sumber Daya Manusia Strategis Dan Artificial Intelligence,” J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 4, no. 1, pp. 179–185, 2024, [Online]. Available: https://jurnalfkip.samawa-university.ac.id/karya_jpm/index
[7] L. J. Ari Riswanto, Joko Joko, Siti Napisah, Yoseb Boari, Devy Kusumaningrum, Nurfaidah Nurfaidah, Ekonomi Bisnis Digital. 2024.
[8] T. A. R. Widyastuti, L. Judijanto, and A. Y. Rukmana, Produk Digital: Revolusi Produk Digital dan Inovasi di Era Teknologi, vol. 19, no. 1. 2024.
[9] I. Derun and H. Mysaka, “Digital assets in accounting: the concept formation and the further development trajectory,” Econ. Ann., vol. 195, no. 1–2, pp. 59–70, 2022, doi: 10.21003/ea.V195-06.
[10] C. Kurnia Sastradipraja and Z. Munawar, Konsep Dasar Teknologi Web, no. October. 2022.
[11] Elgamar, BUKU AJAR KONSEP DASAR PEMROGRAMAN WEBSITE DENGAN PHP. Ahlimedia Book, 2020. [Online]. Available: https://www.google.co.id/books/edition/BUKU_AJAR_KONSEP_DASAR_PEMROGRAMAN_WEBSI/sgLyDwAAQBAJ?hl=en&gbpv=0
[12] A. S. Hussein, Metode Design Thinking Untuk Inovasi Bisnis. Malang Indonesia, 20218. [Online]. Available: https://www.google.co.id/books/edition/Metode_Design_Thinking_untuk_Inovasi_Bis/nNWFDwAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=design+thinking&printsec=frontcover
[13] R. F. A. Aziza, A. Nurmasani, and M. Azizah, Teori dan Praktik Desain UI/UX Studi Kasus Implementasi dengan Metode Design Thinking. Penerbit ANDI, Yogyakarta. [Online]. Available: https://www.google.co.id/books/edition/Teori_dan_Praktik_Desain_UI_UX/XOArEQAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=tahapan+design+thinking&pg=PA7&printsec=frontcover
[14] G. Wijayanto, BUSSINESS MODEL CANVAS : Cara Jitu Manajemen Pemasaran Yang Berhasil. Gigi, Sulawesi Tengah: Feniks Muda Sejahtera, 2024. [Online]. Available: https://books.google.co.id/books?id=97IDEQAAQBAJ&newbks=0&printsec=frontcover&pg=PA33&dq=strategi+pemasaran+dengan+menggunakan+brand+ambassador&hl=id&redir_esc=y#v=onepage&q=strategi pemasaran dengan menggunakan brand ambassador&f=false
[15] Fatkhurahman, Buku Ajar Kewirausahaan. LPPM Univeristas Lancang Kuning, 2025. [Online]. Available: https://www.google.co.id/books/edition/KEWIRAUSAHAAN/odsuEQAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=Business+Model+Canvasing+(BMC)&pg=PA82&printsec=frontcover
[16] R. R. Siregar, K. Nasution, and T. Haramaini, “Aplikasi Ujian Online Untuk Siswa Sekolah Menengah Pertama Dengan Menggunakan Metode Rational Unified Process (RUP),” J. Minfo Polgan, vol. 10, no. 1, pp. 33–41, 2021, doi: 10.33395/jmp.v10i1.10953.
[17] IBM, “Industry-Proven Best Practices,” 2003.
[18] D. Linda, R. Nurlistiani, and H. Purnomo, “Implementasi Pemasaran Digitalisasi Jasa Fotografi Berbasis Web,” vol. 24, no. 2, pp. 108–117.
[19] H. N. Widiani, M. F. Alfatih, and T. M. Pasya, “Penerapan Business Model Canvas ( BMC ) pada Bisnis Jasa Fotografi Produk Rabbithall Studio,” 2025.
[20] D. Jonatan and I. Jaelani, “Pengembangan Sistem Informasi Pemesanan Jasa Fotografi Dengan Menerapkan Payment Gatewa y Menggunakan Metode Prototype Program Studi Teknik Informatika , Sekolah Tinggi Teknologi Wastukancana , Indonesia pembeli bertransaksi online . Layanan ini membantu ,” vol. 2, no. 5, pp. 157–168, 2024.
[21] F. Akbar, M. R. Dwiputra, and S. Nurlela, “Perancangan Rintisan Bisnis Digital PotoShare Indonesia Sebagai Platform Untuk Monetisasi Karya Seni Digital”.
[22] T. Widiastuti, S. A. Santoso, R. D. Beeh, and E. E. Resi, Sistem Pendukung Keputusan Wisata Ende. Kaizen Media Publishing, 2025. [Online]. Available: https://www.google.co.id/books/edition/Sistem_Pendukung_Keputusan_Wisata_Ende/2f1eEQAAQBAJ?hl=id&gbpv=1
[23] R. Destriana, Diagram UML Dalam Membuat Aplikasi Android Firebase Studi kasus Aplikasi Bank Sampah. Deepublish, 2021. [Online]. Available: https://www.google.co.id/books/edition/Diagram_UML_Dalam_Membuat_Aplikasi_Andro/6bM-EQAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=UML+Adalah&pg=PA2&printsec=frontcover
[24] S. Mulyani, Analisis dan Perancangan Sistem. Bandung: Abdi Sistematika, 2017. [Online]. Available: https://www.google.co.id/books/edition/Metode_Analisis_dan_Perancangan_Sistem/SbrPDgAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=ERD+adalah&pg=PA100&printsec=frontcover
[25] N. T. Romandloni and Miswanto, Sistem Basis Data Teori dan Praktikum. Jambi, Indonesia: PT. Sonpedia Publishing Indonesia, 2024. [Online]. Available: https://www.google.co.id/books/edition/Sistem_Basis_Data_Teori_dan_Praktikum/roEKEQAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=LRS+adalah&pg=PA18&printsec=frontcover
[26] F. A. W and R. Firenza, Pemrograman 8 Bahasa dengan Chat GPT. Semarang, Indonesia: Siega Publisher, 2023. [Online]. Available: https://www.google.co.id/books/edition/Pemrograman_8_Bahasa_dengan_ChatGPT/Qkm-EAAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=UI+UX+adalah&pg=PT18&printsec=frontcover
[27] Figma, “What is Figma?”
[28] S. Rosalin, K. S. Rahayu, R. Bhakti, L. Edityastono, and R. Yuliawan, Administrasi Perkantoran Berbasis Teknologi Informasi. Malang Indonesia: Universitas Brawijaya Press UB Press, 2022. [Online]. Available: https://www.google.co.id/books/edition/Administrasi_Perkantoran_Berbasis_Teknol/S7yfEAAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=draw+io+adalah&pg=PA211&printsec=frontcover
[29] F. Elfaladonna and I. G. Tofik, Buku Ajar Algoritma dan Pemrograman dengan C dan C++. Pekalongan Indonesia: PT Nasya Expanding Management, 2024. [Online]. Available: https://www.google.co.id/books/edition/Buku_Ajar_Algoritma_dan_Pemrograman_deng/2-sZEQAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=vscode+adalah&pg=PA49&printsec=frontcover
[30] U. Kalsum Siregar, T. Arbaim Sitakar, S. Haramain, Z. Nur Salamah Lubis, U. Nadhirah, and F. Sains dan Teknologi, “Pengembangan database Management system menggunakan My SQL,” SAINTEK J. Sains, Teknol. Komput., vol. 1, no. 1, pp. 8–12, 2024.
[31] R. A. A. P. Meidyan Permata Putri, Ebtaria Nadeak, Malahayati, Nurlaini Rahmi, Arsia Rini, Diah Novita Sari, Kurniati, Herlinda Kusmiati, Sistem Manajemen Basis Data Menggunakan MYSQL. Penerbit Widina Media Utama, 2023. [Online]. Available: http://www.nber.org/papers/w16019
[32] F. A. M Reza Faisal, Pemrograman Web Dasar I, no. August. 2020. [Online]. Available: http://www.nber.org/papers/w16019
[33] M. G. Wonoseto, Bahasa Bahasa Pemrograman Web Client HTML5, CSS3 dan Javascript. Sleman Yogyakarta Indonesia: KBM Indonesia, 2024. [Online]. Available: https://www.google.co.id/books/edition/BAHASA_BAHASA_PEMROGRAMAN_WEB_CLIENT_HTM/m_46EQAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=javascript+adalah&pg=PA9&printsec=frontcover.