Website BAKTI Komdigi merupakan sarana digital yang digunakan untuk menyampaikan informasi dan layanan kepada masyarakat dalam rangka mendukung pemerataan akses dan literasi digital di Indonesia, khususnya di wilayah 3T (terdepan, terluar, dan tertinggal). Namun, berdasarkan hasil observasi dan tanggapan pengguna, website ini masih memiliki berbagai kekurangan, seperti tampilan antarmuka yang kurang menarik, navigasi yang tidak konsisten, serta pengalaman pengguna (UX) yang kurang optimal. Penelitian ini bertujuan untuk merancang ulang desain UI/UX website BAKTI Komdigi menggunakan metode Design Thinking yang terdiri dari lima tahapan: Empathize, Define, Ideate, Prototype, dan Test. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan penyebaran kuesioner kepada 30 responden dengan pendekatan purposive sampling. Pengujian usability dilakukan menggunakan metode System Usability Scale (SUS). Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa desain ulang berhasil meningkatkan tampilan dan kemudahan navigasi website. Prototipe yang dirancang memperoleh skor SUS rata-rata sebesar 80.17, yang termasuk dalam kategori “Excellent” dan “Acceptable”. Dengan demikian, perancangan ulang ini dinilai efektif dalam meningkatkan pengalaman pengguna dan dapat menjadi acuan dalam pengembangan situs digital pemerintahan yang lebih modern dan responsif.
File_7 : Lampiran
File_9 : Full Tugas Akhir
[1] W. Putra, M. Affandes, Y. Vitriani, and I. Iskandar, “Analisa dan Desain Kembali Aplikasi Galeri Lembaga Adat Melayu Riau Menggunakan Metode Design Thinking,” 2022. doi: 10.30865/jurikom.v9i6.5306.
[2] A. E. Cahyo, “Perancangan Design User Interface Website Company Profile Aplikasi Hade Matpro,” 2022.
[3] M. Ryan and L. I. Prahartiwi, “Analisis Dan Perancangan Desain Ui/Ux Website Badan Penyuluhan Dan Pengembangan Sdm Kementerian Lhk Dengan Metode Design Thinking,” IJIS - Indones. J. Inf. Syst., vol. 8, no. 2, p. 126, 2023, doi: 10.36549/ijis.v8i2.283.
[4] R. Aulia, L. Hadjaratie, M. Polin, M. R. Katili, and S. Olii, “Desain UI / UX Sistem Informasi Skripsi dan Kerja Praktik ( SISKP ) Menggunakan Metode Design Thinking,” vol. 4, no. 2, pp. 46–57, 2024.
[5] A. M. Fauzi, A. P. Yahya, and F. Rahman, “Desain Ui/Ux Aplikasi Pet Shop Menggunakan Metode Design Thinking,” J. Siliwangi Seri Sains dan Teknol., vol. 8, no. 1, p. 2022, 2022, [Online]. Available: https://jurnal.unsil.ac.id/index.php/jssainstek/article/view/6274
[6] A. Farzah and S. Oktaviana, “Analisa Usability Website BAKTI-Kemkominfo Menggunakan System Usability Scale,” Multinetics, vol. 8, no. 1, pp. 17–27, 2022, doi: 10.32722/multinetics.v8i1.4495.
[7] M. K. Dendy Kurniawan, S.Kom, BELAJAR PEMROGRAMAN WEB DASAR HTML, CSS & JAVA SCRIPT Untuk Pemula. 2022. [Online]. Available: http://scioteca.caf.com/bitstream/handle/123456789/1091/RED2017-Eng-8ene.pdf?sequence=12&isAllowed=y%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.regsciurbeco.2008.06.005%0Ahttps://www.researchgate.net/publication/305320484_SISTEM_PEMBETUNGAN_TERPUSAT_STRATEGI_MELESTARI
[8] Aorinka Anendya, “Apa itu Website? Ini Pengertian, Fungsi & Komponennya!,” DEWA WEB. Accessed: Mar. 11, 2025. [Online]. Available: https://www.dewaweb.com/blog/pengertian-website-lengkap/
[9] S. Ergasheva and A. Kruglov, “Software Development Life Cycle early phases and quality metrics: A Systematic Literature Review,” J. Phys. Conf. Ser., vol. 1694, no. 1, 2020, doi: 10.1088/1742-6596/1694/1/012007.
[10] BINAR, “SDLC: 6 Tahapan & Metode Software Development Life Cycle Populer.” [Online]. Available: https://www.binar.co.id/blog/sdlc-6-tahapan-metode-software-development-life-cycle-populer
[11] R. Basatha, A. Kristianto, T. Rahmawati, B. Adiwena, N. T. Hariyanti, and A. Wirapraja, UI / UX Design : Panduan , Teori dan Aplikasi. 2022.
[12] Team, “User Interface Adalah? Pengertian, Manfaat, dan Contohnya,” Coding Studio. [Online]. Available: https://codingstudio.id/blog/user-interface-adalah/
[13] T. I. Sugiharti and R. Mujiastuti, “Pembuatan Prototype Aplikasi Mimopay Dengan Metode Design Thinking,” Just IT J. Sist. Informasi, Teknol. Inf. dan Komput., vol. 13, no. 3, pp. 191–198, 2023, [Online]. Available: https://jurnal.umj.ac.id/index.php/just-it/index
[14] H. H. M. Y. F, BUKU AJAR INTERFACE USER EXPERIENCE. 2020. [Online]. Available: http://scioteca.caf.com/bitstream/handle/123456789/1091/RED2017-Eng-8ene.pdf?sequence=12&isAllowed=y%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.regsciurbeco.2008.06.005%0Ahttps://www.researchgate.net/publication/305320484_SISTEM_PEMBETUNGAN_TERPUSAT_STRATEGI_MELESTARI
[15] S. Nurmaharani and Heriyanto, “Analisa Dan Perancangan Ui/Ux Aplikasi Penjualan Menggunakan Metode Design Thinking Pada Cv. Multi Ban Oto Servis Bekasi,” INFOTECH J., vol. 9, no. 1, pp. 46–53, 2023, doi: 10.31949/infotech.v9i1.4393.
[16] K. Angelina, E. Sutomo, and V. Nurcahyawati, “Desain UI UX Aplikasi Penjualan dengan Menyelaraskan Kebutuhan Bisnis menggunakan Pendekatan Design Thinking,” Tematik, vol. 9, no. 1, pp. 70–78, 2022, doi: 10.38204/tematik.v9i1.915.
[17] T. den Dekker, Design Thinking. 2020. [Online]. Available: https://library.wu.ac.th/km/design-thinking-คืออะไร-และทำไมเราต้อ/
[18] N. R. Arifin and S. N. D. Mahmud, “A Systematic Literature Review of Design Thinking Application in STEM Integration,” Creat. Educ., vol. 12, no. 07, pp. 1558–1571, 2021, doi: 10.4236/ce.2021.127118.
[19] R. Yulius, M. F. A. Nasrullah, D. K. Sari, and M. A. Alban, “Design Thinking: Konsep dan Aplikasinya,” in Eureka Media Aksara, no. January, 2022, pp. 1–74.
[20] C. Müller-roterberg, Handbook of Design Thinking, no. January. 2020.
[21] T. B. Ayu and N. Wijaya, “Penerapan Metode Design Thinking pada Perancangan Prototype Aplikasi Payoprint Berbasis Android,” MDP Student Conf., vol. 2, no. 1, pp. 68–75, 2023, doi: 10.35957/mdp-sc.v2i1.4065.
[22] Y. Margaretta, T. A. Despayani, Y. Amri, D. N. Watunglawar, and A. Taryana, “Implementasi Design Thinking Pada Prototype Konten Media Sosial Produk Ac Ramah Lingkungan,” J. Ilm. Manajemen, Ekon. Akunt., vol. 8, no. 2, pp. 1904–1923, 2024, doi: 10.31955/mea.v8i2.4260.
[23] R. P. Sutanto, “Analisis User Flow pada Website Pendidikan: Studi Kasus Website DKV UK Petra,” Nirmana, vol. 22, no. 1, pp. 41–51, 2022, doi: 10.9744/nirmana.22.1.41-51.
[24] R. Kurniawan and M. Budi, “Perancangan Ui/Ux Aplikasi Manajemen Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat Menggunakan Aplikasi Figma,” J. Sist. Inf., vol. 5, no. 1, pp. 2–7, 2022.
[25] N. Thomas, “How To Use The System Usability Scale (SUS) To Evaluate The Usability Of Your Website.” [Online]. Available: https://usabilitygeek.com/how-to-use-the-system-usability-scale-sus-to-evaluate-the-usability-of-your-website/
[26] R. M. Candra, F. A. Firdausi, J. Hr, S. Km, and N. Pekanbaru, “Analisa dan Desain Kembali UI / UX Aplikasi Marketplace UMKM Digidesa menggunakan Metode Design Thinking,” no. November, pp. 9–16, 2021.
[27] M. R. Setiawan and A. Prasetyo, “Analisa dan Rancangan UI / UX Aplikasi Reservasi Pasien Praktik Dokter Menggunakan Metode Desain Thinking,” vol. 8, no. 2, pp. 175–183, 2024, doi: 10.52362/jisicom.v8i2.1647.
[28] M. J. Nugroho and D. H. Zulfikar, “Analisa Perancangan UI / UX Aplikasi Absensi dengan Metode Design Thinking pada PT . Pertamina Patra Niaga Sumbagsel,” no. November, pp. 226–239, 2023.
[29] D. Hermina and N. Huda, “Memahami Populasi dan Sampel : Pilar Utama dalam Penelitian Kuantitatif,” J. Syntax DMIRATION, vol. 5, no. 12, pp. 5937–5948, 2024.
[30] Asrulla, Risnita, M. S. Jailani, and F. Jeka, “Populasi dan Sampling (Kuantitatif), Serta Pemilihan Informan Kunci (Kualitatif) dalam Pendekatan Praktis,” J. Pendidik. Tambusai, vol. 7, no. 3, pp. 26320–26332, 2023.
[31] P. G. Subhaktiyasa, “Menentukan Populasi dan Sampel : Pendekatan Metodologi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif,” J. Ilm. Profesi Pendidik., vol. 9, pp. 2721–2731, 2024.
[32] S. K. Ahmed, “Sample size for saturation in qualitative research: Debates, definitions, and strategies,” J. Med. Surgery, Public Heal., vol. 5, no. April, p. 100171, 2025, doi: 10.1016/j.glmedi.2024.100171.
[33] N. Azizah, “Uji Validitas dan Uji Reliabilitas Instrumen Penelitian Pemahaman Konsep Dasar Aljabar,” J. Pendidik. Tambusai, vol. 9, pp. 6637–6643, 2025.
[34] Z. I. Aditya Wardhana, Uji Validitas dan Reliabilitas pada Data Penelitian Kuantitatif, no. Juni. 2024. [Online]. Available: https://exsight.id/blog/2022/04/18/uji-validitas-realibilitas-di-kuisioner/