PERANCANGAN DESAIN UI/UX PRESENSI KARYAWAN BERBASIS MOBILE DENGAN METODE USER CENTERED DESIGN

research
  • 23 Apr
  • 2025

PERANCANGAN DESAIN UI/UX PRESENSI KARYAWAN BERBASIS MOBILE DENGAN METODE USER CENTERED DESIGN

Absensi merupakan suatu proses pencatatan kehadiran seseorang dalam suatu kegiatan, seperti di sekolah, tempat pertemuan, atau tempat kerja. Absensi dapat dilakukan dengan dua cara yaitu absensi menggunakan buku dan absensi menggunakan digital. Tujuan utama dari absensi adalah untuk memastikan kehadiran seseorang pada kegiatan yang sedang berlangsung. Hotel John's Pardede International dinilai belum efektif dalam mengelola absensi. Dimana pencatatan data, pengolahan data, penyimpanan data, dan segala proses yang berhubungan dengan absensi masih dicatat secara manual dengan pembukuan sehingga mudah rusak dan hilang. Hotel John's Pardede International sangat membutuhkan suatu sistem yang terkomputerisasi. Oleh karena itu seiring dengan kemajuan teknologi dibutuhkan suatu sistem informasi absensi karyawan agar lebih efektif dalam proses manajemen absensi. Pada penelitian ini penulis menggunakan metode user centered design sebagai metode perancangan desain, dan dibantu dengan metode system usability scale sebagai metode pengujian sistem. Penulis juga melakukan pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan studi pustaka. Dengan menerapkan sistem yang terkomputerisasi diharapkan proses manajemen absensi menjadi lebih akurat dan efektif.

Unduhan

 

REFERENSI

  1. Baskoro Yudha, Basuki Sucipto, and Gazali, “Analisa dan Perancangan Sistem Informasi Presensi Mahasiswa dengan Random Password Generator Berbasis Website pada Fakultas Ilmu Komputer Universitas Insan Pembangunan Indonesia,” Jurnal Ipsikom, vol. 11, pp. 27–35, Jun. 2023.
  2. Ramadhani Ika, K Handayani Hadwitya, and Artanto Adi Fenilinas, “Sistem Presensi Karyawan Homade Pekalongan Menggunakan QR Code Berbasis Android,” Jurnal Surya Informatika, vol. 13, pp. 24–33, Nov. 2023.
  3. Meiyanti, “Rancang Bangun Sistem Informasi Reservasi Kamar Hotel menggunakan Java Netbeans,” Sistem Informasi, vol. 5, pp. 153–162, 2021.
  4. Frisdayanti Alfriza, “Peranan Brainware Dalam Sistem Informasi Manajemen,” Jurnal Ekonomi dan Manajemen Sistem Informasi (JEMSI), vol. 1, no. 1, pp. 60–69, Sep. 2019.
  5. Aziz Nur, Pribadi Gali, and Nurcahya Savitrie Manda, “Analisa dan Perancangan Aplikasi Pembelajaran Bahasa Inggris Dasar Berbasis Android,” Jurnal IKRA-ITH Informatika, vol. 4, pp. 1–5, Nov. 2020.
  6. Akbar Lutfi M, Usman Ari, and Budiman Arief, “Rancang Bangun Desain UI/UX Pada Pembuatan Startup Aplikasi Selfcare Berbasis Website,” Jurnal Ilmu Komputer dan Sistem Informasi (JIRSI), 2, pp. 158–172, Jan. 2023.
  7. Azhari Fitri Syahidah, Aziz Abdul Muhammad, and Wahyono Ari, “Rancang Bangun Aplikasi Presensi Siswa Berbasis Mobile Menggunakan Metode RAD. (Studi Kasus : SD IT Arofah 1 Boyolali),” Jurnal Minfo Polgan, vol. 13, pp. 870–882, Jul. 2024.
  8. Siregar Mulia Marudut Victor and Siagian Florida Nancy, “Sistem Informasi Front Office Untuk Peningkatan Pelayanan Pelanggan Dalam Reservasi Kamar Hotel,” Jurnal TekinKom, vol. 4, pp. 77–82, Jun. 2021.
  9. Nurtsani Nafis and Sarvia Elty, “Perancangan dan Analisis User Interface / User Experience Online Store dengan Menggunakan Pendekatan Ergonomi (Studi Kasus: Wods),” Journal Of Integrated System, vol. 5, pp. 27–48, Jun.
  10. Muhyidin Agus .M, Sulhan Afif Muhammad, and Sevtiana Agus, “Perancangan UI/UX Aplikasi My CIC Layanan Informasi Akademik Mahasiswa Menggunakan Aplikasi Figma,” Jurnal Digit, vol. 10, pp. 208– 219, Nov. 2020.
  11. Arjiansa Rulli Rahman and Sutabri Tata, “Pengukuran Tingkat Kemudahan Pegawai Terhadap Penggunaan Layanan Aplikasi SIMRS Menggunakan Metode System Usability Scale (SUS) Pada Rumah Sakit Umum Daerah Sekayu,” Jurnal Multidisiplin Indonesia Bidang Sosial dan Teknologi, 1, pp. 115–120, Jun. 2023.
  12. Lim Carlene, Sumarlie Clearesta Aurellia, Fernando, and T. Haris Andana Darius, “PERANCANGAN UI/UX APLIKASI ABSENSI JIKAN DENGAN METODE USER CENTERED DESIGN,” Computer Science and Information Systems, , vol. 5, pp. 16–24, Apr. 2021.
  13. Pramudita Rully, Arifin Wahyuni Rita, Alfian Nurul Ari, Safitri Nadya, and Anwariya Dina Shilka, “Penggunaan Aplikasi Figma Dalam Membangun UI/UX Yang Interakftif Pada Program Studi Teknik Informatika STMIK Tasikmalaya,” Jurnal Buana Pengabdian , vol. 3, pp. 149–154, Feb. 2021.
  14. Aini Nur Putri Sri and Khasanah Nur Siti, “Analysis Of Usability Using Heuristic Evaluation Method And Measurement Of SUS On PRICILIA Application,” Jurnal Komputasi dan Teknologi Informasi, 20, pp. 71–79, Sep. 2023.