Anggara Putra Ajitanu Pamungkas (12200017) Model Implementasi Sistem
Program Bisnis Penyaluran Kredit Pada PT. BPR Bintara Pratama Sejahtera
Berbasis Website
PT. BPR Bintara Pratama Sejahtera, yang beroperasi sejak 1994, menghadapi
tantangan dalam memenuhi ekspektasi nasabah terhadap layanan digital. Penelitian
ini bertujuan merancang ulang website bank dengan menambahkan fitur kalkulator
kredit, pemasaran rumah lelang, serta perbaikan desain antarmuka dan stabilitas
system. Metodologi yang digunakan adalah pendekatan mixed methods,
menggabungkan metode kualitatif dan kuantitatif. Teknik pengumpulan data meliputi
observasi langsung terhadap website, wawancara dengan staf internal dan nasabah,
studi pustaka, serta survei kepuasan pengguna. Model pengembangan sistem yang
diterapkan adalah Waterfall Model, dengan tahapan analisis kebutuhan, desain,
implementasi, pengujian, dan pemeliharaan sistem.Hasil penelitian menunjukkan
bahwa perancangan ulang website berhasil meningkatkan pengalaman pengguna
melalui desain antarmuka yang lebih responsif dan intuitif. Fitur kalkulator kredit
memungkinkan nasabah mensimulasikan perhitungan angsuran secara mandiri,
sedangkan fitur pemasaran rumah lelang memberikan akses transparan terhadap
informasi properti lelang. Pengujian dengan metode Black-Box Testing menunjukkan
semua fitur berjalan sesuai spesifikasi, sementara survei kepuasan pengguna mencatat
peningkatan tingkat kepuasan hingga 85%. Kesimpulannya, pengembangan website
ini tidak hanya meningkatkan kualitas layanan digital PT. BPR Bintara Pratama
Sejahtera tetapi juga memperkuat kepercayaan nasabah terhadap layanan perbankan
berbasis teknologi. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi referensi untuk
pengembangan sistem informasi di sektor perbankan lainnya.
Kata Kunci: Digitalisasi Perbankan, Website, Kalkulator Kredit, Waterfall Model,
PT. BPR Bintara Pratama Sejahtera.
File skripsi
[1] A. Ady Bakri, E. Sudarmanto, A. Isma, dan N. Aulia Mentari, “Indonesian
Journal of Enterprise Architecture Application of Zachman Framework in
Designing Customer Relationship Management at PT Bank Central Asia,”
Indonesian Journal of Enterprise Architecture, vol. 1, no. 2, 2024.
[2] K. Djpb dkk., “Analisis Implementasi Marketplace dan Digital Payment
pada Belanja APBN untuk Memberdayakan UMKM Raharjo,” vol. 2, no.
3, 2022.
[3] I. Muzdalifa, I. A. Rahma, B. G. Novalia, M. Prodi, P. Syariah, dan U.
Surabaya, “PERAN FINTECH DALAM MENINGKATKAN
KEUANGAN INKLUSIF PADA UMKM DI INDONESIA
(PENDEKATAN KEUANGAN SYARIAH).”
[4] M. Haris, A. A. Rifky, M. A. Rozzaq, M. A. Yaqin, dan I. Artikel,
“JURNAL MANAJEMEN TEKNOLOGI INFORMATIKA
ARSITEKTUR CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT
PERUSAHAAN OTOBUS,” Jl. Veteran No.26B, hlm. 25115.
[5] A. Al Aidhi, M. Ade, K. Harahap, A. Y. Rukmana, S. P. Palembang, dan
A. A. Bakri, “Peningkatan Daya Saing Ekonomi melalui peranan Inovasi.”
[6] I. Dewa dan A. E. Yuliani, “Penerapan Zachman Framework dalam
Merancang Customer Relationship Management pada Bank Perkreditan
Rakyat Implementation of Zachman’s Framework in Designing Customer
Relationship Management at Bank Perkreditan Rakyat,” 2018.
[7] A. T. Milza, M. I. Fasa, S. Suharto, dan A. Fachri, “IMPLEMENTASI BSI
MOBILE SEBAGAI WUJUD TERCAPAINYA PAPERLESS DAN
PENERAPAN GREEN BANKING,” IJAB Indonesian Journal of
Accounting and Business, vol. 3, no. 1, hlm. 1–12, Nov 2021, doi:
10.33019/ijab.v3i1.3.
[8] I. A’yun, S. Dwi, dan A. Putri, “Peran Digitalisasi dan Informasi Terhadap
Kinerja Perbankan Syariah dalam Perspektif Society 5.0 Di Perekonomian
di Indonesia.”
[9] A. T. Milza, M. I. Fasa, S. Suharto, dan A. Fachri, “IMPLEMENTASI BSI
MOBILE SEBAGAI WUJUD TERCAPAINYA PAPERLESS DAN PENERAPAN GREEN BANKING,” IJAB Indonesian Journal of Accounting and Business, vol. 3, no. 1, hlm. 1–12, Nov 2021, doi:
10.33019/ijab.v3i1.3.
[10] K. H. Asri dan F. M. Rahmat, “Digitalization of Islamic Banking in the
VUCA Era,” ALIF, vol. 1, no. 1, hlm. 27–36, Jun 2022, doi:
10.37010/alif.v1i1.711.
[11] Ketut Nila Arta, Wayan Andre Pratama, I Made Agus Oka Gunawan, dan
Gede Indrawan, “Investigating The kreditkerenbanget.com Website as
Credit Simulation Web Platform Based on Customer’s perception,”
Da’watuna: Journal of Communication and Islamic Broadcasting, vol. 4,
no. 3, hlm. 1504–1513, Apr 2024, doi: 10.47467/dawatuna.v4i3.1301.
[12] B. Hartono dan H. E. Atmaja, “SDM Digital: Strategi Tranformasi Bank
Menjadi Bank Digital,” vol. 9, no. 1, hlm. 49–60, 2021.
[13] D. Setiana Saragih, R. Uci Mayasari Manik, dan T. Rizkya Fona,
“MEKANISME PENGEMBANGAN PRODUK JASA PERBANKAN
SYARIAH DALAM KAJIAN EMPIRIS DAN PRAKTIS.”