SISTEM PROGRAM BISNIS PENYALURAN KREDIT PADA PT. BPR BINTARA PRATAMA SEJAHTERA

research
  • 12 Mar
  • 2025

SISTEM PROGRAM BISNIS PENYALURAN KREDIT PADA PT. BPR BINTARA PRATAMA SEJAHTERA

Anggara Putra Ajitanu Pamungkas (12200017) Model Implementasi Sistem

Program Bisnis Penyaluran Kredit Pada PT. BPR Bintara Pratama Sejahtera

Berbasis Website

PT. BPR Bintara Pratama Sejahtera, yang beroperasi sejak 1994, menghadapi

tantangan dalam memenuhi ekspektasi nasabah terhadap layanan digital. Penelitian

ini bertujuan merancang ulang website bank dengan menambahkan fitur kalkulator

kredit, pemasaran rumah lelang, serta perbaikan desain antarmuka dan stabilitas

system. Metodologi yang digunakan adalah pendekatan mixed methods,

menggabungkan metode kualitatif dan kuantitatif. Teknik pengumpulan data meliputi

observasi langsung terhadap website, wawancara dengan staf internal dan nasabah,

studi pustaka, serta survei kepuasan pengguna. Model pengembangan sistem yang

diterapkan adalah Waterfall Model, dengan tahapan analisis kebutuhan, desain,

implementasi, pengujian, dan pemeliharaan sistem.Hasil penelitian menunjukkan

bahwa perancangan ulang website berhasil meningkatkan pengalaman pengguna

melalui desain antarmuka yang lebih responsif dan intuitif. Fitur kalkulator kredit

memungkinkan nasabah mensimulasikan perhitungan angsuran secara mandiri,

sedangkan fitur pemasaran rumah lelang memberikan akses transparan terhadap

informasi properti lelang. Pengujian dengan metode Black-Box Testing menunjukkan

semua fitur berjalan sesuai spesifikasi, sementara survei kepuasan pengguna mencatat

peningkatan tingkat kepuasan hingga 85%. Kesimpulannya, pengembangan website

ini tidak hanya meningkatkan kualitas layanan digital PT. BPR Bintara Pratama

Sejahtera tetapi juga memperkuat kepercayaan nasabah terhadap layanan perbankan

berbasis teknologi. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi referensi untuk

pengembangan sistem informasi di sektor perbankan lainnya.

Kata Kunci: Digitalisasi Perbankan, Website, Kalkulator Kredit, Waterfall Model,

PT. BPR Bintara Pratama Sejahtera.

Unduhan

 

REFERENSI

[1] A. Ady Bakri, E. Sudarmanto, A. Isma, dan N. Aulia Mentari, “Indonesian

Journal of Enterprise Architecture Application of Zachman Framework in

Designing Customer Relationship Management at PT Bank Central Asia,”

Indonesian Journal of Enterprise Architecture, vol. 1, no. 2, 2024.

[2] K. Djpb dkk., “Analisis Implementasi Marketplace dan Digital Payment

pada Belanja APBN untuk Memberdayakan UMKM Raharjo,” vol. 2, no.

3, 2022.

[3] I. Muzdalifa, I. A. Rahma, B. G. Novalia, M. Prodi, P. Syariah, dan U.

Surabaya, “PERAN FINTECH DALAM MENINGKATKAN

KEUANGAN INKLUSIF PADA UMKM DI INDONESIA

(PENDEKATAN KEUANGAN SYARIAH).”

[4] M. Haris, A. A. Rifky, M. A. Rozzaq, M. A. Yaqin, dan I. Artikel,

“JURNAL MANAJEMEN TEKNOLOGI INFORMATIKA

ARSITEKTUR CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT

PERUSAHAAN OTOBUS,” Jl. Veteran No.26B, hlm. 25115.

[5] A. Al Aidhi, M. Ade, K. Harahap, A. Y. Rukmana, S. P. Palembang, dan

A. A. Bakri, “Peningkatan Daya Saing Ekonomi melalui peranan Inovasi.”

[6] I. Dewa dan A. E. Yuliani, “Penerapan Zachman Framework dalam

Merancang Customer Relationship Management pada Bank Perkreditan

Rakyat Implementation of Zachman’s Framework in Designing Customer

Relationship Management at Bank Perkreditan Rakyat,” 2018.

[7] A. T. Milza, M. I. Fasa, S. Suharto, dan A. Fachri, “IMPLEMENTASI BSI

MOBILE SEBAGAI WUJUD TERCAPAINYA PAPERLESS DAN

PENERAPAN GREEN BANKING,” IJAB Indonesian Journal of

Accounting and Business, vol. 3, no. 1, hlm. 1–12, Nov 2021, doi:

10.33019/ijab.v3i1.3.

[8] I. A’yun, S. Dwi, dan A. Putri, “Peran Digitalisasi dan Informasi Terhadap

Kinerja Perbankan Syariah dalam Perspektif Society 5.0 Di Perekonomian

di Indonesia.”

[9] A. T. Milza, M. I. Fasa, S. Suharto, dan A. Fachri, “IMPLEMENTASI BSI

MOBILE SEBAGAI WUJUD TERCAPAINYA PAPERLESS DAN PENERAPAN GREEN BANKING,” IJAB Indonesian Journal of Accounting and Business, vol. 3, no. 1, hlm. 1–12, Nov 2021, doi:

10.33019/ijab.v3i1.3.

[10] K. H. Asri dan F. M. Rahmat, “Digitalization of Islamic Banking in the

VUCA Era,” ALIF, vol. 1, no. 1, hlm. 27–36, Jun 2022, doi:

10.37010/alif.v1i1.711.

[11] Ketut Nila Arta, Wayan Andre Pratama, I Made Agus Oka Gunawan, dan

Gede Indrawan, “Investigating The kreditkerenbanget.com Website as

Credit Simulation Web Platform Based on Customer’s perception,”

Da’watuna: Journal of Communication and Islamic Broadcasting, vol. 4,

no. 3, hlm. 1504–1513, Apr 2024, doi: 10.47467/dawatuna.v4i3.1301.

[12] B. Hartono dan H. E. Atmaja, “SDM Digital: Strategi Tranformasi Bank

Menjadi Bank Digital,” vol. 9, no. 1, hlm. 49–60, 2021.

[13] D. Setiana Saragih, R. Uci Mayasari Manik, dan T. Rizkya Fona,

“MEKANISME PENGEMBANGAN PRODUK JASA PERBANKAN

SYARIAH DALAM KAJIAN EMPIRIS DAN PRAKTIS.”