Penelitian ini secara mendalam menginvestigasi penerapan konsep design thinking dalam konteks pengembangan User Interface (UI) dan User Experience (UX) dengan fokus khusus pada analisis fase-fase, metode pelaksanaan serta manfaat dan tantangan yang terkait. Design thinking sebagai metode yang penulis gunakan telah membantu meningkatkan dan memperoleh penilaian hasil uji coba tampilan desain yang meliputi UI/UX website baru menggunakan design thinking dengan Balsamiq. Di dalam bidang ilmu komputer itu sebuah website yang akan jadi harus menerapkan pada konsep interaksi manusia komputer dikarenakan demi menjadikannya interaktif dan memberikan dampak yang positif bagi pengguna di masa sekarang hingga masa depannya. UMKM merupakan pilar terpenting dalam perekonomian Indonesia. Maka dari itu, usaha laundry yang termasuk UMKM harus menerapkan tampilan desain yang meliputi UI/UX demi menjadikan pilar ataupun dasar terpenting juga dalam sebuah website apabila sudah jadi nantinya. Sistem informasi merupakan suatu sistem dalam suatu organisasi yang mempertemukan kebutuhan pengolahan transaksi harian. Kata “transaksi harian” bagi suatu usaha atau bisnis sangat berhubungan sekali dengan sistem informasi. Oleh karena itu, usaha laundry ini harus memiliki sebuah sistem informasi yang baik dengan cara menggunakan media digital seperti website demi kelancaran aktifitas bisnis juga baik itu bagi pengguna. Digital merupakan sebuah hal yang sudah tidak dapat dihindari. Hal ini berarti sebuah usaha atau bisnis harus menggunakan teknologi digital seperti website yang merupakan media digital. Penulis sebagai peneliti menerangkan bahwa hasil kesimpulannya adalah mengkombinasikan dari hasil analisis dengan hasil penelitian yaitu seorang ahli pengembang website harus bisa memadukan UI/UX agar berguna bagi seluruh masyarakat yang mempunyai jiwa IT tinggi khususnya.
[1] A. Z. Rossanty, A. Rahmi, A. C. Maya, D. A. Siagian, and Tiarapuspa, “Analisis Strategi Bersaing Pada Jasa Laundry (Studi Kasus Pada 34 Laundry),” J. Ekon. Trisakti, vol. 3, no. 2, pp. 2419–2430, 2023, doi: 10.25105/jet.v3i2.17118 [JURNAL].
[2] Sheilla Yullia Febrianti, Fakhrizal Labib Musyaffa, Aulia Zahra, Ali Akbar Alkatili, Indra Satria Nugraha, and Syti Sarah Maesaroh, “Analisis Manajemen Risiko Dengan Metode HIRARC Pada Laundry (Studi Kasus Pada Usaha Bobo Laundry),” J. Publ. Sist. Inf. dan Manaj. Bisnis, vol. 2, no. 1, pp. 154–164, 2022, doi: 10.55606/jupsim.v2i1.823 [JURNAL].
[3] F. A. Anam and A. Muhammad, “Kebiasaan Anak Binaan Dalam Clothing Cleanliness (Kebersihan,” J. Ilm. Multidisipline, vol. 1, no. 10, pp. 58–62, 2023, [Online]. Available: https://doi.org/10.5281/zenodo.10071383 [JURNAL].
[4] S. R. Tanjung, “Dampak Transformasi Ekonomi Digital Dalam Upaya Perkembangan Ekonomi Berkelanjutan,” Proceeding Int. Semin. Islam. …, vol. 5, no. 1, pp. 614–621, 2024, [Online]. Available: https://sismasi.umsu.ac.id/index.php/insis/article/view/18308 [JURNAL].
[5] M. Ichsan, Y. Yanti, and N. Sa’adah, “Penerapan Teknik Terbaru dalam Desain UI/UX untuk Pengalaman Pengguna yang Optimal,” Desember, vol. 2, no. 4, pp. 248–254, 2022 [JURNAL].
[6] R. Yulius, M. F. A. Nasrullah, D. K. Sari, and M. A. Alban, “Design Thinking: Konsep dan Aplikasinya,” Eureka Media Aksara, pp. 1–74, 2022 [e_Book].
[7] D. Kurniasih, Y. Rusfiana, A. Subagyo, and R. Nuradhawati, “Teknik Analisa,” Alf. Bandung, pp. 1–119, 2021, [Online]. Available: www.cvalfabeta.com [e_Book].
[8] R. Basatha, A. Kristianto, T. Rahmawati, B. Adiwena, N. T. Hariyanti, and A. Wirapraja, “UI / UX Design : Panduan , Teori dan Aplikasi,” pp. 1–178, 2022 [e_Book].
[9] A. Wicaksana and T. Rachman, PRODUK DAN MEREK (suatu pengantar), vol. 3, no. 1. 2018. [Online]. Available: https://medium.com/@arifwicaksanaa/pengertian-use-case-a7e576e1b6bf [e_Book].
[10] D. Pradeka, A. Adiwilaga, D. A. R. Agustini, M. B. Hidayatullah, and A. Suheryadi, “Belajar Dasar Pemrograman Web Serta Pengenalan Kriptografi Dan Plugin Moodle,” Cv Widina Media Utama, 2023 [e_Book].
[11] P. Fathorazi and N. Fajri, “Desain Menggunakan Balsamiq,” pp. 1–163, 2023, [Online]. Available: https://repository.unuja.ac.id/id/eprint/1632/1/Modul Desain menggunakan balsamiq.pdf [e_Book].
[12] Tim Penyusun, “Modul Pelatihan Berbasis Kompetensi Bidang Desain Grafis dan Desain Komunikasi Visual Buku Informasi: Menerapkan Design Brief,” Direktorat Jenderal Pembin. Pelatih. dan Produkt. Kementeri. Ketenagakerjaan RI, pp. 1–19, 2019 [e_Book].
[13] Febrianty, Pengantar Bisnis (Sebuah Tinjauan Konseptual dan Praktis), vol. 1, no. 1. 2020 [e_Book].
[14] C. Vidiati et al., Manajemen Usaha Jasa, vol. 7, no. 2. 2023 [e_Book].
[15] A. Rachman and J. Sutopo, “Penerapan Metode Design Thinking Dalam Pengembangan Ui/Ux: Tinjauan Literatur,” Semant. Tek. Inf., vol. 9, no. 2, p. 139, 2023, doi: 10.55679/semantik.v9i2.45878 [JURNAL].
[16] L. Putu Ary Sri Tjahyanti and M. Santo Gitakarma, “Penerapan Konsep Interaksi Manusia Dan Komputer Pada Aplikasi E-Learning Unipas Singaraja the Role of the Internet of Things and Artificial Intelligence in Today’S Technology,” J. Komput. dan Teknol. Sains, vol. 2, no. 1, pp. 1–7, 2023 [JURNAL].
[17] D. Aryani, P. M. Akhirianto, F. Husnah, and P. Setiawati, “Implementasi Metode Design Thinking Pada Desain User Interface (UI) Dan User Experience (UX) Website Education Marketplace,” J. Ilmu Komput., vol. 6, no. 2, pp. 75–82, 2021, [Online]. Available: https://www.ekon.go.id/ [JURNAL].
[18] E. Y. Anggraeni, E. Risanto, Y. Basuki, D. Nofianto, A. A. C, and A. Offset, “Pengantar Sistem Informasi,” no. March, p. 123, 2001, [Online]. Available: https://books.google.co.id/books?id=8VNLDwAAQBAJ [JURNAL].
[19] K. Hadiono, H. Murti, and R. C. N. Santi, “Artikel Transformasi Digital,” Proceeding SENDIU, no. July, pp. 573–578, 2021 [JURNAL].