Analisa User Experience Aplikasi Pemesanan Pizza Menggunakan Metode User Experience Questionnaire (UEQ)

research
  • 11 Mar
  • 2025

Analisa User Experience Aplikasi Pemesanan Pizza Menggunakan Metode User Experience Questionnaire (UEQ)

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi telah mempengaruhi beberapa aspek kehidupan, termasuk dalam industri makanan dan minuman. Domino’s Pizza Indonesia merupakan sebuah aplikasi pemesanan pizza online dengan platform smartphone. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengalaman pengguna pada aplikasi pemesanan pizza mobile Domino's Pizza Indonesia dengan menggunakan metode User Experience Questionnaire (UEQ), serta mengetahui masalah yang dihadapi pengguna dan sekaligus mendapatkan masukkan untuk pengembangan aplikasi kedepannya. Ruang lingkup penelitian dengan menggunakan metode observasi aplikasi, tinjauan pustaka, penyebaran kuesioner, pengujian UEQ, dan analisis hasil data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa seluruh aspek yang diukur memiliki nilai positif. Rata-rata nilai yang diperoleh masing-masing aspek adalah: daya tarik (1,82), kejelasan (1,74), efisiensi (1,90), ketepatan (1,54), stimulasi (1,64), dan kebaruan (1,45). Penilaian Excellent paling tinggi yaitu aspek efisiensi (efficiency) dengan presentasi 10% hasil terbaik, selebihnya untuk aspek daya tarik (attractiveness), kejelasan (perspicuity), ketepatan (dependability), stimulasi (stimulation) dan kejelasan (novelty) mendapatkan penilaian Good dengan presentasi 10% hasil lebih baik, sementara produk lainnya 75% lebih rendah.

Unduhan

 

REFERENSI

  1. “1. View of Pengaruh kemajuan teknologi informasi terhadap perkembangan akuntansi.pdf.” Bandung. [Online]. Available: https://ejournal.unikama.ac.id/index.php/jrpe/article/view/6877
  2. M. Azmi, A. P. Kharisma, and M. A. Akbar, “Evaluasi User Experience Aplikasi Mobile Pemesanan Makanan Online dengan Metode Design Thinking ( Studi Kasus GrabFood ),” vol. 3, no. 8, pp. 7963–7972, 2019, [Online]. Available: https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/6076
  3. A. Noor and E. L. Hadisaputro, “Analisis Pengalaman Pengguna Pada Aplikasi TIX ID Menggunakan Metode User Experience Questionnaire,” J. Inf. Syst. Res., vol. 3, no. 4, pp. 672–677, 2022, doi: 10.47065/josh.v3i4.1881.
  4. D. Khuntari, “Analisis Pengalaman Pengguna Aplikasi Gojek dan Grab dengan Pendekatan User Experience Questionnaire,” J. Tek. Inform. dan Sist. Inf., vol. 8, no. 1, pp. 275–286, 2022, doi: 10.28932/jutisi.v8i1.4499.
  5. R. A. Rao and R. Setyadi, “Analisis UX Pada Aplikasi SISMIOP Bapenda Kab. Pemalang Menggunakan Metode User Experience Questionnaire,” KLIK Kaji. Ilm. Inform. dan Komput., vol. 3, no. 6, pp. 1263–1271, 2023, doi: 10.30865/klik.v3i6.816.
  6. A. Ratna Wulan, “Pengertian Dan Esensi Konsep Evaluasi, Asesmen, Tes Dan Pengukuran,” p. 6, 2015, [Online]. Available: http://file.upi.edu/Direktori/SPS/PRODI.PENDIDIKAN_IPA/197404171999032-ANA_RATNAWULAN/pengertian_asesmen.pdf
  7. T. Wahyuningrum, Mengukur Usability Perangkat Lunak. Yogyakarta: CV BUDI UTAMA, 2021.
  8. T. Junita Maulani, Suprapto, and A. Reza Perdanakusuma, “Evaluasi User Experience Menggunakan Metode Usability Testing dan User Experience Questionnaire (UEQ) (Studi Kasus: Website Superprof.co.id dan Zonaprivat.com),” J. Pengemb. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 5, no. 6, pp. 2639–2645, 2021, [Online]. Available: http://j-ptiik.ub.ac.id
  9. N. Kadek Risma Juniantari and I. N. Tri Anindia Putra, “Analisis Sistem Informasi Dpmptsp Menggunakan Metode User Experience Questionnaire,” JIKO (Jurnal Inform. dan Komputer), vol. 4, no. 1, pp. 31–37, 2021, doi: 10.33387/jiko.v4i1.2379.
  10. S. F. Novitasari, Y. T. Mursityo, and A. N. Rusydi, “Evaluasi Pengalaman Pengguna Pada E-Commerce Sociolla.Com Menggunakan Usability Testing Dan User Experience Questionnaire (Ueq),” J. Sist. Informasi, Teknol. Informasi, dan Edukasi Sist. Inf., vol. 1, no. 2, pp. 57–63, 2020, doi: 10.25126/justsi.v1i2.9.
  11. [11]    R. Rahmawati and N. R. Oktadini, “Analisis User Experience Aplikasi McDonald’s Dengan Menggunakan Metode User Experience Questionnaire,” J. Fasilkom, vol. 14, no. 1, pp. 26–33, 2024, doi: 10.37859/jf.v14i1.6939.
  12. [12]    H. D. Mulya Dewi, “Evaluasi Perbandingan Pengalaman Pengguna Computer Based Test Pada Test.co.id dan Quizizz Menggunakan Metode UEQ.” Surabaya. [Online]. Available: https://djournals.com/klik/article/view/918
  13. [13]    M. Schrepp, “User Experience Questionnaire Handbook,” URL https//www. Res. net/publication/303880829{_}User{_}Experience{_}Questionnaire{_}Handbook{_}Version{_}2.(Accessed 02.02. 2017), pp. 1–15, 2019, [Online]. Available: www.ueq-online.org
  14. R. Herdjuno and P. Kusumo, “Evaluasi User Experience Sistem Informasi Manajemen Tugas Akhir ( SEKAWAN ) Informatika Universitas Islam Indonesia Menggunakan Metode User Experience Questionnaire ( UEQ )”, [Online]. Available: https://journal.uii.ac.id/AUTOMATA/article/view/26304
  15. A. Hinderks, M. Schrepp, and J. Thomaschewski, “User Experience Questionnaire.” https://www.ueq-online.org/
  16. M. Nurdin, A. Muhaemin, T. Informatika, F. Teknik, and U. S. Buana, “Mengukur User Experience Sistem Informasi Akademik,” pp. 7–10, 2020, [Online]. Available: https://ejournal.unma.ac.id/index.php/infotech/article/view/310/212
  17. Y. Wahyu Setiya Putra et al., Pengantar Aplikasi Mobile. Sukabumi: CV>Haura Utama, 2023. [Online]. Available: https://books.google.co.id/books?id=2tLcEAAAQBAJ&printsec=frontcover&hl=id&source=gbs_ge_summary_r&cad=0#v=onepage&q&f=false
  18. B. Darma, Stastistika Penelitian Menggunakan SPSS : Uji Validitas, Uji Reliabilitas, Regresi Linier Sederhana, Regresi Linier Berganda, Uji t, Uji F, R2. GUEPEDIA, 2021. [Online]. Available: https://books.google.co.id/books?id=acpLEAAAQBAJ&printsec=frontcover&hl=id#v=onepage&q&f=false
  19. N. N. S. Aryanti, “Efektifitas Google Form Sebagai Media Evaluasi Di Masa Pandemi,” Cetta J. Ilmu Pendidik., vol. 4, no. 3, pp. 329–342, 2021, [Online]. Available: http://jayapanguspress.penerbit.org/index.php/cetta
  20. Y. Herawati, Y. M. Arianti, S. Damerianta, and N. Mintarsih, “Experience Questionnair Perspicuity E ciency Dependability Stimulation Above Average Pendahuluan Bad ence Questionnaire Experience Questionnaire perience Questionnaire User Ex- Pragmatic Qual- ity Hedonic Quality,” J. Ilm. KOMPUTASI, vol. 21, no. 4, pp. 495–502, 2022, [Online]. Available: https://ejournal.jak-stik.ac.id/files/journals/1/articles/Vol21No4Des2022/3108/3108.pdf
  21. S. R. Henim and R. P. Sari, “Evaluasi User Experience Sistem Informasi Akademik Mahasiswa pada Perguruan Tinggi Menggunakan User Experience Questionnaire,” J. Komput. Terap., vol. 6, no. 1, pp. 69–78, 2020, doi: 10.35143/jkt.v6i1.3582.
  22. [22]    Indah Tri Handayani, Hafidzah Hafidzah, and Uppit Yuliani, “Analisis User Experience Pada Aplikasi Threads Menggunakan Metode User Experience Questionnaire (Ueq),” J. Ilm. Tek., vol. 3, no. 1, pp. 19–27, 2024, doi: 10.56127/juit.v3i1.1157.
  23. [23]    U. K. Suganda, P. Oktavia, and V. D. Fridayanti, “The Effect Of Experiential Marketing And Service Quality On Customer Loyalty Of Domino’s Pizza In Cirebon City,” Rev. Int. Geogr. Educ. Online, vol. 11, no. 6, pp. 772–777, 2021, doi: 10.48047/rigeo.11.06.94.
  24. S. Hidayatuloh and A. Budiman, “Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Pengguna Mobile Application Online Delivery Order Pizza Menggunakan Model Value-Based Adoption Model (VAM) Extended,” Tekinfo J. Bid. Tek. Ind. dan Tek. Inform., vol. 23, no. 2, pp. 49–65, 2022, doi: 10.37817/tekinfo.v23i2.2596.
  25. F. F. Alawiyah and D. S. Canta, “Evaluasi Pengalaman Pengguna Pada Aplikasi Shopee Menggunakan Metode User Experience Questionnaire (UEQ),” J. Inf. Syst. Res., vol. 3, no. 4, pp. 344–350, 2022, doi: 10.47065/josh.v3i4.1574.
  26. I. N. Y. A. Si Gede Ngurah Kerta Sanjaya Arya Jelantik, I Putu Satwika, “Analisis Sistem Informasi Akademik STMIK Primakara Menggunakan User Experience Questionnaire ( UEQ )”, [Online]. Available: http://ojs.stmik-banjarbaru.ac.id/index.php/jutisi/article/view/382