Iwan Arianto (11220397), “Analisis Pengukuran Usability Aplikasi Rencana Kegiatan Dan Anggaran Sekolah (Aplikasi RKAS) Dengan Metode Use Questionnaire Dan IPA”.
Berdasarkan Permendiknas No. 19 Tahun 2007 tentang Standar Pengelolaan, setiap sekolah pada semua jenjang pendidikan, termasuk SMP, diwajibkan menyusun Rencana Kerja Sekolah (RKS) serta Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (RKAS). Aplikasi Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah, yang selanjutnya disebut Aplikasi RKAS, adalah sebuah sistem informasi berbasis teknologi informasi dan komunikasi yang dirancang untuk memfasilitasi penganggaran, pelaksanaan, penatausahaan, dan pelaporan dana bantuan operasional sekolah pada jenjang pendidikan dasar dan menengah secara nasional. Saat ini, Aplikasi RKAS telah diimplementasikan di berbagai sekolah di Kabupaten Karawang, namun penggunaannya menghadapi beberapa kendala. Beberapa masalah yang sering terjadi adalah kesalahan sistem yang mengakibatkan transaksi ganda serta lambatnya proses pembaruan data. Berdasarkan latar belakang tersebut, skripsi ini berfokus pada dua permasalahan utama, yaitu bagaimana hasil evaluasi Aplikasi RKAS menggunakan metode Use Questionnaire dan Importance Performance Analysis, serta rekomendasi yang dapat diberikan kepada pengembang untuk meningkatkan kualitas aplikasi tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada Kuadran I terdapat beberapa aspek yang dianggap penting tetapi belum memenuhi harapan pengguna, sehingga memerlukan perbaikan segera. Aspek-aspek tersebut meliputi kemudahan mengenali tampilan menu, berfungsinya fasilitas pencarian dengan baik, keterbacaan aplikasi, kemudahan mengunduh file yang diperlukan, serta pemahaman terhadap simbol-simbol pada aplikasi RKAS.
Kata Kunci : Use Questionnaire, IPA, Aplikasi RKAS
[1] M. D. B. Al, “Kemajuan Teknologi dan Pola Hidup Manusia dalam Perspektif Sosial Budaya,” J. Ilmu Komunikasi, Sos. dan Hum., vol. 1, no. 3, pp. 274–301, 2023.
[2] R. Nugraha, L. Mazia, and L. A. Utami, “Analisa Kegunaan Dan Kemudahan Layanan Mobile JKN Pada UPTD Puskesmas Depok Dengan Use Questionnaire Dan IPA,” J. Teknoinfo, vol. 16, no. 2, p. 267, 2022, doi: 10.33365/jti.v16i2.928.
[3] F. Islamiah, R. Rusmiati, and R. Wijaya, “Penilaian Kepuasan Pengguna Website Sistem Informasi Akademik Menggunakan Metode Website Quality,” Metik J., vol. 6, no. 2, pp. 133–139, 2022, doi: 10.47002/metik.v6i2.381.
[4] Kemendikbud, “Tentang RKAS,” https://arkas.kemdikbud.go.id, 2024. https://arkas.kemdikbud.go.id.
[5] M. D. Fahmi, H. M. Az-zahra, and R. K. Dewi, “Perbaikan Usability Aplikasi Pemesanan Tiket Bioskop Menggunakan Metode Usability Testing dan USE Questionnaire,” J. Pengemb. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 2, no. 12, pp. 6653–6660, 2018.
[6] D. B. Napitupulu, “Evaluasi Kualitas Website Universitas XYZ Dengan Pendekata Webqual,” Bul. Pos dan Telekomun., vol. 14, no. 1, pp. 51–64, 2016, doi: 10.17933/bpostel.2016.140105.
[7] R. Nursyanti, R. Y. R. Alamsyah, and S. Perdana, “Perancangan Aplikasi Berbasis Web Untuk Membantu Pengujian Kualitas Kain Tekstil Otomatif (Studi Kasus Pada PT. Ateja Multi Industri),” Explor. - J. Sist. Inf. dan Telemat., vol. 10, no. 2, pp. 153–159, 2019.
[8] S. Sonny and S. N. Rizki, “Pengembangan Sistem Presensi Karyawan Dengan Teknologi GPS Berbasis Web pada PT BPR Dana Makmur Batam,” J. Comasie, vol. 6, no. 2, p. 3, 2021.
[9] Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2016.
[10] T. Helmi, R. A. Munjin, and I. Purnamasari, “Kualitas Pelayanan Publik Dalam Pembuatan Izin Trayek Oleh Dllaj Kabupaten Bogor,” J. Governansi, vol. 2, no. 1, p. 51, 2017, doi: 10.30997/jgs.v2i1.209.
[11] T. Wahyono, Analisis Statistik Mudah dengan SPSS 20. Jakarta: Elek Media Komputindo, 2014.
[12] R. Oktofiyani, Nurmalasari, and W. Anggraeni, “Penerimaan Sistem E-Learning Menggunakan Technology Acceptance Model (TAM) Study Kasus Siswa/I Kelas X Di SMU Negeri 92 Jakarta,” J. Pilar Nusa MandiriNone, vol. 12, no. 1, pp. 46–53, 2016.
[13] I. Mahendra, “Penggunaan Technology Acceptance Model (TAM) Dalam Mengevaluasi Penerimaan Pengguna Terhadap Sistem Informasi Pada PT . Ari Jakarta,” Sist. Inf. STMIK Antar Bangsa, vol. 5, no. 2, pp. 183–195, 2016.
[14] M. Wicaksono, “Pengaruh Kompetensi dan Independensi Terhadap Kualitas Audit Dengan Etika Auditor Sebagai Variabel Pemoderasi pada BAWASADA Pemerintah Daerah Di Ex-Karesidenan Surakarta Provinsi Jawa Tengah,” J. Akunt. Dan Pajak, vol. 15, no. 02, pp. 14–36, 2015.
[15] K. Y. Adnyani and I. G. P. B. Astawa, “Analisis Penggunaan Sistem Aplikasi Rencana Kegiatan Dan Anggaran Sekolah (ARKAS) Terhadap Pengelolaan Dana Bos Sekolah Dasar Di Kabupaten Buleleng,” J. Ilm. Akunt. dan Humanika, vol. 13, no. 3, pp. 359–367, 2023, doi: 10.23887/jiah.v13i3.62815.
[16] A. Puspita, “Perencanaan Rencana Kegiatan Dan Anggaran Sekolah (RKAS) Di SMA Negeri 13 Surabaya,” J. Bintang Pendidik. Indones., vol. 1, no. 2, pp. 177–186, 2023, doi: 10.55606/jubpi.v1i2.1396.