Dalam era teknologi saat ini, informasi harus bisa dengan cepat didapatkan
dengan cara yang efisien. Jika pencarian informasi yang dibutuhkan, seperti
daftar nilai mahasiswa dan sebagainya di sebuah lembaga pendidikan dilakukan
dengan cara manual melalui kertas, maka cara ini tidak akan cukup efisien. Seiring
dengan kemajuan Teknologi Informasi dan Komputer dan untuk menjamin
tercapainya mutu lembaga pendidikan yang baik, saat ini Sistem Informasi
Akademik merupakan sarana yang mendasar bagi sebuah Lembaga Pendidikan.
Sistem Informasi Akademik secara khusus dirancang untuk memenuhi kebutuhan
sebuah Lembaga Pendidikan, seperti halnya Sistem Informasi Akademik berbasis
Web pada Akademi di sebuah Sekolah Menengah Pertama. Pada sistem ini, segala informasi yang berkaitan dengan proses akademik seperti daftar nilai, jadwal mata pelajaran, dan sebagainya, dapat di akses dengan mudah dan cepat sehingga mampu mengefektifkan waktu dan mengefisienkan biaya terutama sangat memudahkan orang tua mengetahui nilai siswa secara cepat dan akurat tanpa mengharuskan datang ke sekolah. Sistem Informasi Akademik adalah sebuah perangkat lunak berbasis web yang digunakan untuk membantu proses akademik. Dengan adanya sistem ini, diharapkan proses akademik lembaga pendidikan menjadi jauh lebih efektif dan efisien karena dipercepat oleh suatu sistem terkomputerisasi dan diharapkan dapat menunjang program lembaga pendidikan dalam upaya mencetak Sumber Daya Manusia yang berkualitas.
[1] S. Adam and Y. Pernando, “KLIK: Kajian Ilmiah Informatika dan Komputer Analisis Usability dan Aksesibilitas Desain UI/UX Aplikasi HIMAKOM Universitas Universal Menggunakan System Usability Scale,” Media Online, vol. 4, no. 5, pp. 2389–2397, 2024, doi: 10.30865/klik.v4i5.1479.
[2] Bulan Suci Cahayawati, Naufal Azmi Verdikha, and Muhamad Wahyu Tirta, “Perancangan UX (User Experience) Sistem Informasi Lifeskill Menggunakan Metode UCD di Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur (UMKT),” Pandawa Pus. Publ. Has. Pengabdi. Masy., vol. 2, no. 1, pp. 122–130, 2023, doi: 10.61132/pandawa.v2i1.458.
[3] B. B. Wahyujati, T. A. H. M, and S. D. U. Press, Metode Perancangan: Rangkuman Teori Dan Aplikasi. Sanata Dharma University Press, 2022. [Online]. Available: https://books.google.co.id/books?id=9WlnEAAAQBAJ
[4] S. T. M. T. Dr. Eng. Herry Santosa, PENCITRAAN VISUAL KAWASAN URBAN : TEORI, STRATEGI DAN PERENCANAAN LANDSCAPE VISUAL PLANNING SYSTEM. Media Nusa Creative (MNC Publishing), 2021. [Online]. Available: https://books.google.co.id/books?id=FnRMEAAAQBAJ
[5] D. Schatilow, Enhancing User Experience in Dating Apps through Gamification. GRIN Verlag, 2024. [Online]. Available: https://books.google.co.id/books?id=zGMNEQAAQBAJ
[6] A. Marcus and E. Rosenzweig, Design, User Experience, and Usability. Interaction Design: 9th International Conference, DUXU 2020, Held as Part of the 22nd HCI International Conference, HCII 2020, Copenhagen, Denmark, July 19--24, 2020, Proceedings, Part I. in Lecture Notes in Computer Science. Springer International Publishing, 2020. [Online]. Available: https://books.google.co.id/books?id=dlvwDwAAQBAJ
[7] Mastering User Experience (UX) and Interaction Design. Cybellium Ltd. [Online]. Available: https://books.google.co.id/books?id=r7XnEAAAQBAJ
[8] L. M. Hasani, D. I. Sensuse, Kautsarina, and R. R. Suryono, “User-Centered Design of e-Learning User Interfaces: A Survey of the Practices,” in 2020 3rd International Conference on Computer and Informatics Engineering (IC2IE), 2020, pp. 1–7. doi: 10.1109/IC2IE50715.2020.9274623.
[9] D. A. Editya, Membuat Website Keren Dalam 1 Jam: Develop Website dengan Mudah dan Gratis. in How-To. Lectura Publishing, 2020. [Online]. Available: https://books.google.co.id/books?id=7yP_DwAAQBAJ
[10] H. S. Wibowo, Desain Interaktif dengan Figma Panduan Praktis untuk Pemula dan Profesional. Tiram Media, 2023. [Online]. Available: https://books.google.co.id/books?id=NeatEAAAQBAJ
[11] A. Haidar Luthfi and I. Arfiani, “Perancangan UI/UX Aplikasi Sampahocity Menggunakan Pendekatan UCD (User Centered Design),” J. Ilmu Komput. dan Sist. Inf., vol. 7, no. 1, pp. 24–36, 2024, doi: 10.55338/jikomsi.v7i1.2175.
[12] C. Ravelino and Y. A. Susetyo, “Perancangan UI/UX untuk Aplikasi Bank Jago menggunakan Metode User Centered Design,” J. JTIK (Jurnal Teknol. Inf. dan Komunikasi), vol. 7, no. 1, pp. 121–129, 2023, doi: 10.35870/jtik.v7i1.697.
[13] I. G. Ardikayana, A. Mailangkay, and I. Pendahuluan, “SNAP _ 2021 _ FULL PAPER _ 43 Perancangan Aplikasi Pendidikan Lingkungan Dan Budaya Jakarta Menggunakan UI dan UX Untuk Anak Usia 5-13 Tahun,” file:///C:/Users/LENOVO/Downloads/171-290-1-PB.pdf, pp. 190–199, 2020, [Online]. Available: https://journal.perbanas.id/index.php/psn/article/view/407
[14] A. Aziz and S. Zakir, “Indonesian Research Journal on Education : Jurnal Ilmu Pendidikan,” vol. 2, no. 3, pp. 1030–1037, 2022.
[15] Khadijah, “Studi Perbandingan Metodologi UI/UX,” J. Inov. Has. Penelit. dan Pengemb., vol. 2, no. 4, pp. 292–301, 2022, [Online]. Available: https://doi.org/10.51878/knowledge.v2i4.1808