ANALISIS DESAIN UI/UX PADA APLIKASI BIMA MOBILE BANK JATENG DALAM MENINGKATKAN LOYALITAS NASABAH MENGGUNAKAN METODE DESIGN THINKING

research
  • 10 Mar
  • 2025

ANALISIS DESAIN UI/UX PADA APLIKASI BIMA MOBILE BANK JATENG DALAM MENINGKATKAN LOYALITAS NASABAH MENGGUNAKAN METODE DESIGN THINKING

Persaingan pasar di era digital mendorong Bank Jateng untuk meningkatkan loyalitas nasabah melalui peningkatan kualitas aplikasi mobile banking mereka, yaitu Bima Mobile. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi UI/UX pada aplikasi Bima Mobile dengan menerapkan metode Design Thinking, yang terdiri dari lima langkah utama: Empathize, Define, Ideate, Prototype, dan Test. Penelitian dilakukan dengan pendekatan sistematis untuk mengidentifikasi kebutuhan pengguna dan mengembangkan solusi inovatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aplikasi Bima Mobile memperoleh skor System Usability Scale (SUS) sebesar 76, yang masuk dalam kategori "Acceptability" dan Grade B (70-84). Skor ini mencerminkan kualitas aplikasi yang baik dari segi kemudahan penggunaan, efektivitas, dan efisiensi, meskipun masih terdapat ruang untuk perbaikan. Penelitian ini mengungkapkan kurangnya beberapa fitur penting dan tampilan yang lebih sederhana serta user-friendly, yang jika diperbaiki, dapat meningkatkan kepuasan pengguna dan loyalitas nasabah. Meskipun penelitian telah memenuhi sebagian besar kebutuhan pengguna, cakupan responden dapat diperluas untuk mendapatkan lebih banyak umpan balik terkait tampilan dan kepuasan pengguna. Dengan pendekatan Design Thinking, solusi yang dihasilkan lebih relevan dengan kebutuhan pengguna, memberikan dampak positif bagi kualitas layanan Bima Mobile, dan mendorong peningkatan loyalitas nasabah Bank Jateng.

Unduhan

  • File_1.pdf

    ANALISIS DESAIN UI/UX PADA APLIKASI BIMA MOBILE BANK JATENG DALAM MENINGKATKAN LOYALITAS NASABAH MENGGUNAKAN METODE DESIGN THINKING

    •   diunduh 8x | Ukuran 510 KB
  • File_7.pdf

    LAMPIRAN

    •   diunduh 3x | Ukuran 740 KB
  • File_8.pdf

    DRAFT JURNAL

    •   diunduh 2x | Ukuran 673 KB
  • File_4.pdf

    BAB 3

    •   diunduh 4x | Ukuran 296 KB

 

  • File_3.pdf

    BAB 2

    •   diunduh 4x | Ukuran 460,271
  • File_5.pdf

    BAB 4

    •   diunduh 3x | Ukuran 1,110,496
  • File_2.pdf

    BAB 1

    •   diunduh 4x | Ukuran 322,266
  • File_6.pdf

    BAB 5

    •   diunduh 4x | Ukuran 213,662

REFERENSI

T. W. S. Pambudi and E. Soliha, “PENGARUH KUALITAS LAYANAN, CITRA BANK, DAN KEPERCAYAAN TERHADAP KEPUASAN NASABAH BANK,” Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Keuangan, vol. 4, Jan. 2022.

H. Damayanti, A. Sunindyo, and M. Wahyuni, “ANALISIS KEBUTUHAN NASABAH ATAS FITUR APLIKASI BIMA MOBILE PADA PT BANK PEMBANGUNAN DAERAH JAWA TENGAH,” KEUNIS, vol. 11, no. 1, p. 51, Jan. 2023, doi: 10.32497/keunis.v11i1.3750.

N. F. Tsakila, M. A. Wirahadi, A. A. Fadilah, and H. Simanjuntak, “Analisis Dampak Fintech terhadap Kinerja dan Inovasi Perbankan di Era Ekonomi Digital,” Indonesian Journal of Law and Justice, vol. 1, no. 4, p. 11, Jun. 2024, doi: 10.47134/ijlj.v1i4.2787.

J. Sosial Humaniora Terapan Jurnal Sosial Humaniora Terapan and K. PELANGGAN KEPUASAN PELANGGAN Ngurah Rangga Wiwesa, “USER INTERFACE DAN USER EXPERIENCE UNTUK MENGELOLA KEPUASAN PELANGGAN,” 2021.

D. Firmansyah, M. M. Hakim, D. Fajar, and A. Nugroho, “Analisis Faktor yang Mempengaruhi Pengguna pada Aplikasi Mobile Banking,” 2023.

Ryan and L. I. Prahartiwi, “DENGAN METODE DESIGN THINKING ANALYSIS AND DESIGN OF UI/UX WEBSITE FOR THE MINISTRY OF ENVIRONMENT AND FORESTRY’S EXTENSION AND HUMAN RESOURCES DEVELOPMENT AGENCY USING THE DESIGN THINKING METHOD,” IJIS Indonesian Journal on Information System, pp. 126–138, Sep. 2023.

A. Rachman and J. Sutopo, “PENERAPAN METODE DESIGN THINKING DALAM PENGEMBANGAN UI/UX: TINJAUAN LITERATUR,” SemanTIK : Teknik Informasi, vol. 9, no. 2, p. 139, Dec. 2023, doi: 10.55679/semantik.v9i2.45878.

D. Saputr, A. I. A. Sherill, and Anindya Qanitah Meiline, “View of User Interface (UI) dan User Experience (UX) Design serta Contohnya Melalui SLiMS (Senayan Library Management System),” Journal of Librarianship and Information Science, vol. 4 No 1, pp. 10–30, Jun. 2024.

Y. W. S. Putra et al., PENGANTAR APLIKASI MOBILE, Bukel., vol. viii. Sukabumi: Penerbit Widina, 2023.

H. Fransisko Paniroi et al., “M-banking: Layanan Jasa Bank dalam Mendapatkan Kepuasan Nasabah,” Jurnal Lentera BITEP, vol. 2, pp. 63–68, Apr. 2024, [Online]. Available: https://lenteranusa.id/

F. Rachim, Design Thinking with Design Process. DPP Harmoni Pendidik Pengajar Indonesia (HIPPER Indonesia), 2021. [Online]. Available: http://designthinkingforeducators.com/Web:https://www.hipper.or.id

A. Pramono and A. I. Setiawan, Eksplorasi Design Thinking dalam Pengembangan UI Prototyping, Digital. Indramayu : CV. Adanu Abimata, 2024. Accessed: Jan. 08, 2025. [Online]. Available: https://www.google.co.id/books/edition/Eksplorasi_Design_Thinking_dalam_Pengemb/Me8wEQAAQBAJ?hl=id&gbpv=1

K. Auliasari and M. Al Biruni, Desain User Interface Menggunakan Figma. Sidoarjo: Delta Pijar, 2022.

Suhendri and D. Susanfti, Desain UI/UX Menggunakan Figma, Digital. Indramayu: PT. Adab Indonesia , 2024. Accessed: Jan. 08, 2025. [Online]. Available: https://www.google.co.id/books/edition/Desain_User_Interface_UI_User_Experience/y6c4EQAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=apa+itu+wireframe&pg=PA176&printsec=frontcover

I. K. Wardani, P. Utomo, A. Budiman, and D. N. Amadi, “Pemanfaatan Metode Design Thinking dan Pengujian SUS untuk UI/UX Aplikasi Home Care Madiun Berbasis Android,” Journal of Computer and Information Systems Ampera, vol. 4, no. 2, 2023, doi: 10.51519/journalcisa.v4i2.399.

D. Puspa Aprilia, “KLIK: Kajian Ilmiah Informatika dan Komputer Implementasi Metode Design Thinking Pada Perancangan User Interface Aplikasi Rumah Baca Cerdas Library Mobile,” Media Online), vol. 4, no. 6, pp. 2850–2859, 2024, doi: 10.30865/klik.v4i6.1914.