Pelayanan kesehatan yang berkualitas menjadi salah satu indikator penting dalam menilai kinerja Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tarakan Jakarta. Saat ini, sistem pengelolaan keluhan masih dilakukan secara manual, yang menyebabkan keterlambatan dalam penanganan serta kurangnya transparansi dan akuntabilitas dalam penyelesaian keluhan. Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan mengembangkan Aplikasi Komplain Online sebagai solusi digital yang memungkinkan pasien atau keluarga pasien melaporkan keluhan dengan lebih mudah dan cepat. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan prototyping, dengan tahapan analisis kebutuhan, desain, implementasi, dan evaluasi sistem. Pada pengujian performa dengan 5 pengguna yang terlibat waktu pengujian dilakukan 5 menit, waktu respon dari menit awal hingga menit akhir pengujian mendapatkan rata-rata waktu 0,20 detik dan rata-rata waktu membaca file data PDF adalah 0,41 detik sehingga penggunaan pada aplikasi bagi pengguna dapat mengefisiensi waktu penanganan manajemen keluhan. Aplikasi ini dikembangkan berbasis web dan mencakup fitur pelaporan keluhan, pemantauan status keluhan secara real-time, serta eskalasi ke pihak terkait. Hasil pengujian menunjukkan bahwa sistem ini dapat meningkatkan efisiensi dalam menangani keluhan pasien, mempercepat waktu respon, dan meningkatkan kepuasan pasien terhadap layanan RSUD Tarakan Jakarta.
Draft
[1] Menteri Kesehatan Republik Indonesia, “Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 30 Tahun 2022 Tentang Indikator Nasional Mutu Pelayanan Kesehatan Tempat Praktik Mandiri Dokter Dan Dokter Gigi, Klinik, Pusat Kesehatan Masyarakat, Rumah Sakit, Laboratorium Kesehatan, Dan Unit Transfu,” Menteri Kesehat. Republik Indones. Peratur. Menteri Kesehat. Republik Indones., no. 879, p. 60, 2022.
[2] Ombudsman For The Northern Territory, “Effective Complaint Management,” 2008, [Online]. Available: https://ombudsman.nt.gov.au/
[3] K. Ario Tri Wibowo and N. Rochman Naafian, “Perancangan Sistem Informasi Penananganan Komplain Mahasiswa Di Universitas Sebelas Maret Surakarta,” Indones. J. Inf. Technol. Comput., vol. 3, no. 1, pp. 2798–9216, 2023, [Online]. Available: https://journal.polhas.ac.id/index.php/imaging
[4] M. Bolung and H. Ronald Karunia Tampangel, “ANALISA PENGGUNAAN METODOLOGI PENGEMBANGAN PERANGKAT LUNAK,” vol. 1, 2017, [Online]. Available: https://eltikom.poliban.ac.id/index.php/eltikom/article/view/1/1
[5] A. Aghivirwiati , Gusti Ayu Juliawati, Poniah Lumbanraja, Thorman Qosim, Nanang Sofyanty, Devy Dewiningrat, Ayu Indira Kismanto, Joko Munim, Abdul Noviana and D. F. E. R. . Liow, MANAJEMEN KUALITAS. Cendikia Mulia Mandiri, 2022.
[6] H. Irawan, Prinsip Kepuasan Pelanggan. Jakarta: Elex Media Komputindo, 2002.
[7] F. Tjiptono, “Stategis Pemasaran,” in Edisi kedua, Cetakan Ketujuh, Kedua., Yogyakarta: Andi Offset, 2009.
[8] Y. L. Putri and H. Utomo, “Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Kepuasan Sebagai Variabel Intervening (Studi Persepsi Pada Pelanggan Dian Comp Ambarawa),” vol. 10, pp. 70–90, 2017, [Online]. Available: https://jurnal.stieama.ac.id/index.php/ama/article/view/147/137
[9] F. Tjiptono, Pemasaran Strategik. Yogyakarta: Penerbit Andi, 2017.
[10] Yuhefizar, H. Mooduto, and R. Hidayat, Cara Mudah Membangun Website Interaksi Menggunakan Content Management System Joomia. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo, 2009.
[11] Y. Surpardi, Web My Profile dengan Joomla 1.5.x. PT. Elex Media Komputindo, 2010.
[12] D. Arifin, Pengenalan Web GIS Menggunakan Geoserver, Pertama. Bandung: CV Cendekia Press, 2019. [Online]. Available: https://www.google.co.id/books/edition/Pengenalan_WEB_GIS_Menggunakan_Geoserver/bt8MEAAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=definisi+web+server&pg=PA20&printsec=frontcover
[13] Anhar, Panduan Menguasai PHP & MySQL secara Otodidak, Pertama. Jakarta: PT. Transmedia, 2010. [Online]. Available: https://www.google.co.id/books/edition/PHP_MySql_Secara_Otodidak/J711efbP9LYC?hl=id&gbpv=1&dq=Definisi+MYSQL+adalah&pg=PA45&printsec=frontcover
[14] H. Sukri, A. David, F. Adiputra, and A. Bardadi, Pengembangan Aplikasi Berbasis WEB. Malang: Media Nusa Creative, 2023. [Online]. Available: https://www.google.co.id/books/edition/Pengembangan_Aplikasi_Berbasis_Web/7rruEAAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=framework+adalah&pg=PA19&printsec=frontcover
[15] I. P. Sari, Buku Ajar Pemrograman Internet Dasar (Pemrograman WEB). Medan: UMSU PRESS, 2022. [Online]. Available: https://www.google.co.id/books/edition/Buku_Ajar_Pemrograman_Internet_Dasar_Pem/ruM3EQAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=PHP+(Hypertext+Preprocessor)+adalah&pg=PA161&printsec=frontcover
[16] Jubilee, Mengenal PHP Menggunakan Framework Laravel. PT. Elex Media Komputindo, 2016. [Online]. Available: https://www.google.co.id/books/edition/Mengenal_PHP_Menggunakan_Framework_Larav/-4lKDwAAQBAJ?hl=id&gbpv=0
[17] M. Muslihudin and Oktafianto, Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Menggunakan Model Terstruktur dan UML. Yogyakarta: CV. Andi Offset, 2016. [Online]. Available: https://www.google.co.id/books/edition/Analisis_dan_Perancangan_Sistem_Informas/2SU3DgAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=UML+(Unified+Modeling+Language)&printsec=frontcover
[18] Suhendri and D. Susanti, Desain User Interface (UI)/User Experience (UX) Menggunakan Figma. PT. Adab Indonesia, 2024. [Online]. Available: https://www.google.co.id/books/edition/Desain_User_Interface_UI_User_Experience/y6c4EQAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=user+interface+adalah&pg=PA97&printsec=frontcover
[19] S. Mulyani, Metode Analisis dan Perencanaan Sistem, Kedua. Bandung: Abdi Sistematika, 2016. [Online]. Available: https://www.google.co.id/books/edition/Metode_Analisis_dan_Perancangan_Sistem/SbrPDgAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=metode+prototyping+analisis+kebutuhan,+desain+cepat,+membangun+prototype,+evaluasi+pengguna+dan+perbaikan+prototype&printsec=frontcover
[20] F. Abdussalaam and S. A. Saputra, “Perancangan Sistem Informasi Complaint Management Dengan Metode Rad Menggunakan Framework Laravel,” J. E-Komtek, vol. 2, no. 2, pp. 54–68, 2018, doi: 10.37339/e-komtek.v2i2.94.
[21] N. Anggraini and M. A. Senubekti, “Pengujian Kinerja dan Tingkat Stress Website dengan WAPT ( Studi Kasus Universitas Bina darma dan Universitas Selangor ),” pp. 290–295, 2024.