ANALISIS UI/UX APLIKASI INARISK PERSONAL BERBASIS MOBILE DENGAN METODE DESIGN THINKING

research
  • 06 Mar
  • 2025

ANALISIS UI/UX APLIKASI INARISK PERSONAL BERBASIS MOBILE DENGAN METODE DESIGN THINKING

Indonesia adalah negara yang rawan bencana, sehingga aplikasi InaRISK Personal dikembangkan oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) untuk memberikan informasi risiko bencana. Namun, aplikasi ini menghadapi berbagai masalah UI/UX yang mempengaruhi pengalaman pengguna seperti masalah responsivitas, kinerja lambat, dan kesulitan akses menu, yang berkontribusi pada rating rendah (3,6) di Google Play Store. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan desain UI/UX aplikasi InaRISK Personal agar lebih responsif dan user-friendly menggunakan metode Design Thinking. Metode ini melibatkan lima tahapan: empathize, define, ideate, prototype, dan test. Penelitian dilakukan melalui wawancara, observasi, dan penyebaran kuesioner kepada pengguna dan stakeholder aplikasi. Desain yang dihasilkan diuji dengan usability testing menggunakan metode Single Ease Question (SEQ). Hasil penelitian menunjukkan bahwa prototipe aplikasi yang dikembangkan berhasil meningkatkan pengalaman pengguna, dengan skor rata-rata usability testing sebesar 5,7 (kategori “mudah”). Fitur seperti pemilihan mode basic dan advance, serta rute evakuasi yang ditambahkan, memberikan solusi terhadap kendala pengguna. Penelitian ini berkontribusi dalam pengembangan aplikasi kebencanaan berbasis mobile yang efektif dan mudah digunakan.

Unduhan

 

  • Cover-dan-lain-lain.pdf

    File_1

    •   diunduh 20x | Ukuran 7,173,800
  • Lampiran.pdf

    File_7

    •   diunduh 3x | Ukuran 14,568,124
  • BAB V.pdf

    File_6

    •   diunduh 4x | Ukuran 388,933
  • BAB II.pdf

    File_3

    •   diunduh 6x | Ukuran 1,064,461

REFERENSI

[1]      S. Heryati, “Peran Pemerintah Daerah Dalam Penanggulangan Bencana,” J. Pemerintah. Dan Keamanan Publik (JP dan KP), vol. 2, no. 2, pp. 139–146, 2020, doi: 10.33701/jpkp.v2i2.1088.

[2]      B. Sudrajad, D. Napitupulu, and A. Rhofiq, “Sosialisasi Penggunaan Aplikasi InaRISK Personal Kepada Siswa Sekolah Menengah Atas Dalam Upaya Mewujudkan Satuan Pendidikan Aman Bencana (SPAB) di Kota Jayapura,” J. Altifani Penelit. dan Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 3, no. 3, pp. 440–449, 2023, doi: 10.59395/altifani.v3i3.423.

[3]      D. Ariska and S. Nurlela, “Analisis Dan Perancangan UI/UX Aplikasi Lazada Menggunakan Metode Design Thinking,” J. Infortech, vol. 4, no. 2, pp. 86–91, 2022.

[4]      N. S. Wardana and E. P. Mandyartha, “Pengembangan Aplikasi Ina-Rsik Personal Menggunakan Metode Design Thinking Dengan Figma,” Scan  J. Teknol. Inf. dan Komun., vol. 17, no. 3, 2023, doi: 10.33005/scan.v17i3.3598.

[5]      Y. W. S. Putra et al., Pengantar Aplikasi Mobile. Sukabumi: Haura Utama, 2023.

[6]      H. Tolle, A. Pinandito, A. P. Kharisma, and R. K. Dewi, Pengembangan Aplikasi Perangkat Bergerak. Malang: Universitas Brawijaya Press, 2017.

[7]      H. Himawan and M. Yanu F., Buku Ajar Interface User Experience. Yogyakarta: LPPM UPN Veteran Yogyakarta, 2020.

[8]      R. F. A. Aziza, A. Nurmasani, and M. Azizah, Teori dan Praktik Desain UI/UX Studi Kasus Implementasi dengan Metode Design Thinking. Yogyakarta: Penerbit ANDI, 2024.

[9]      D. W. Darmalaksana, M.Ag, Metode Design Thinking Hadis Pembelajaran, Riset & Partisipasi Masyarakat. Bandung: Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati Bandung, 2020.

[10]    R. Yulius, M. F. A. Nasrullah, D. K. Sari, and M. A. Alban, Design Thinking: Konsep dan Aplikasinya. Purbalingga: CV. Eureka Media Aksara, 2022.

[11]    A. Pramono and A. I. Setiawan, Eksplorasi Design Thinking dalam Pengembangan UI Prototyping. Indramayu: Penerbit Adab, 2024.

[12]    M. N. M. Al-Faruq, S. Nur’aini, and M. H. Aufan, “Perancangan UI/UX Semarang Virtual Tourism Dengan Figma,” Walisongo J. Inf. Technol., vol. 4, no. 1, pp. 43–52, 2022, doi: 10.21580/wjit.2022.4.1.12079.

[13]    F. Staiano, Designing and Prototyping Interfaces with Figma: Elevate your design craft with UX/UI principles and create interactive prototypes. Birmingham: Packt Publishing, 2023.

[14]    S. A. Nuswantoro, Interaksi Manusia dan Komputer: Pengantar dan Prinsip Dasar. Indramayu: Penerbit Adab, 2023.

[15]    R. Fitria, Usability Testing pada M-Commerce dengan Metode Heuristic Evaluation dan UX Test. Pekalongan: Penerbit NEM, 2023.

[16]    Asiva Noor Rachmayani, Monograf Aplikasi Pembelajaran Daring Dengan Learning Management System (Studi Kasus: Evaluasi Usability Testing Dan Webqual 4.0). Bandung: PT. Indonesia Emas Group, 2022.

[17]    I. B. Karo Sekali, C. E. J. . Montolalu, and S. A. Widiana, “Perancangan UI/UX Aplikasi Mobile Produk Fashion Pria pada Toko Celcius di Kota Manado Menggunakan Design Thinking,” J. Ilm. Inform. dan Ilmu Komput., vol. 2, no. 2, pp. 53–64, 2023, doi: 10.58602/jima-ilkom.v2i2.17.

[18]    E. Y. Mahhendra and A. S. Y. Irawan, “Perancangan UI/UX Menggunakan Metode Design Thinking Aplikasi Amartha (Studi Kasus: Amartha Gold Investment),” J. Pendidik. Tambusai, vol. 7, no. 3, pp. 20071–20079, 2023.

[19]    M. F. Ardiansyah and P. Rosyani, “Perancangan UI/UX Aplikasi Pengolahan Limbah Anorganik Menggunakan Metode Design Thinking,” Log. J. Ilmu Komput. dan Pendidik., vol. 1, no. 4, pp. 839–853, 2023.

[20]    A. Rayhaan Yusri, I. Faqihuddin Hanif, M. Daffa Al-farel, N. Zaandami, and M. Yasin, “Perancangan Desain UI/UX Berbasis Scan Barcode Dengan Metode Design Thinking Untuk Pemesanan Makanan,” Bull. Inf. Technol., vol. 5, no. 2, pp. 102–113, 2024, doi: 10.47065/bit.v5i2.1340.

[21]    S. Nurmaharani and Heriyanto, “Analisa Dan Perancangan UI/UX Aplikasi Penjualan Menggunakan Metode Design Thinking Pada Cv. Multi Ban Oto Servis Bekasi,” INFOTECH J., vol. 9, no. 1, pp. 46–53, 2023, doi: 10.31949/infotech.v9i1.4393.

[22]    Badan Nasional Penanggulangan Bencana, “Rencana Strategis Badan Nasional Penanggulangan Bencana Tahun 2020-2024 (Lampiran Peraturan Badan Nasional Penanggulangan Bencana Nomor 5 Tahun 2020).” Jakarta, 2020.

[23]    Badan Nasional Penanggulangan Bencana, “Peraturan Badan Nasional Penanggulangan Bencana Nomor 4 Tahun 2019 tentang Organisasi dan Tata Kerja Badan Nasional Penanggulangan Bencana.” Jakarta, 2019.

[24]    A. Y. Priyono, G. Aryotejo, and S. Adhy, “Penerapan Metode Design Thinking untuk Perancangan Prototype Lost and Found,” J. Masy. Inform., vol. 14, no. 2, pp. 96–107, 2023, doi: 10.14710/jmasif.14.2.52662.