Perancangan Design UI/UX Sistem Helpdesk Pada Pusat Data Informasi Keuangan Provinsi DKI Jakarta

research
  • 05 Mar
  • 2025

Perancangan Design UI/UX Sistem Helpdesk Pada Pusat Data Informasi Keuangan Provinsi DKI Jakarta

Abdul Kholik (11230285), Perancangan Design UI/UX Sistem Helpdesk Pada Pusat data Informasi Keuangan Provinsi DKI Jakarta Dengan Metode Human Centered Design

 

Perkembangan teknologi informasi mendorong pemerintah daerah untuk mengoptimalkan pengelolaan keuangan melalui sistem informasi. Pemerintah Provinsi DKI Jakarta telah mengimplementasikan berbagai sistem informasi, namun belum memiliki sarana khusus yang terstruktur untuk melaporkan permasalahan sistem yang dikelola oleh pusat data dan informasi keuangan provinsi DKI Jakarta. Kemudian laporan permasalahan aplikasi masih konvensional yaitu menghubungi nomor pribadi pegawai beresiko hilang dan tidak tertangani. Penelitian ini bertujuan merancang desain UI/UX sistem helpdesk yang efektif menggunakan pendekatan metode Human Centered Design (HCD). Karena metode Human-Centered Design (HCD) berfokus pada kebutuhan, keinginan, dan keterbatasan pengguna dalam setiap tahap pengembangan sistem. Sehingga membantu mengidentifikasi potensi hambatan dalam pengalaman pengguna dan memperbaikinya sebelum implementasi final. Hasil dari penelitian ini yaitu menggunakan metode Human-Centered Design (HCD) serta hasil pengujian kegunaan (usability testing) menggunakan skala System Usability Scale (SUS), dapat disimpulkan bahwa perancangan sistem ini telah berhasil. Yang dimana prototype sistem informasi helpdesk yang dikembangkan telah mengintegrasikan sejumlah fitur yang disesuaikan dengan kebutuhan user, sehingga dapat meningkatkan efisiensi kerja mereka. Hal ini dibuktikan oleh hasil survei yang melibatkan 72 responden, di mana skor rata-rata SUS yang diperoleh sebesar 73,06 menunjukkan tingkat kegunaan yang baik (kategori B atau Good). Uji validitas mendapatkan hasil Valid untuk setiap item pernyataan karena semua nilai R hitung atau corelation diatas R tabel yaitu > 0.32 yang artinya semua pernyataan dianggap akurat. Berikutnya untuk uji reliabilitas mendapatkan skor 0,654 > 0.6 maka dikatakan nilai tersebut masuk Reliabilitas Cukup.

 

 

Kata Kunci : Desain UI/UX, Sistem Helpdesk, HCD, Pemerintah Daerah, Sistem Informasi Keuangan

Unduhan

  • Bab 1.pdf

    File_2

    •   diunduh 1x | Ukuran 817 KB
  • File_1.pdf

    File_1

    •   diunduh 15x | Ukuran 2,994 KB
  • Bab 4.pdf

    File_5

    •   diunduh 1x | Ukuran 3,632 KB
  • File_7.pdf

    File_7

    •   diunduh 0x | Ukuran 2,328 KB

 

  • Bab 3.pdf

    File_4

    •   diunduh 1x | Ukuran 996,903
  • 11230285_Abdul Kholik Draft.pdf

    File_8

    •   diunduh 3x | Ukuran 6,603,730
  • Bab 2.pdf

    File_3

    •   diunduh 2x | Ukuran 1,055,488
  • Bab 5.pdf

    File_6

    •   diunduh 1x | Ukuran 827,260

REFERENSI

[1]      J. Digital, Desain UI/UX dengan Figma dari Nol (Update 2023). in Desain Grafis. Jubilee Digital, 2023.

[2]      W. Muslimin and E. Zuraidah, “Desain UI/UX Prototype SPP Metode Human Centered Design,” Kajian Ilmiah INformatika dan Komputer, vol. 4, no. 2, pp. 746–756, 2023, doi: 10.30865/klik.v4i2.1081.

[3]      Z. N. Muhammad, A. Meiriza, P. Putra, N. R. Oktadini, and P. E. Sevtiyuni, “Perancangan Sistem Informasi Manajemen Aset Laboratorium Berdasarkan Pendekatan Human Centered Design ( HCD ),” Kajian Ilmiah INformatika dan Komputer, vol. 3, no. 6, pp. 1272–1284, 2023, doi: 10.30865/klik.v3i6.797.

[4]      A. S. Yahya and S. Setiyono, “Efektivitas Pelayanan Publik Melalui Sistem Pengelolaan Pengaduan Aplikasi SP4N-LAPOR,” J. Media Birokrasi, pp. 1–22, 2022, doi: 10.33701/jmb.v4i1.2432.

[5]      . N., A. Ibrahim, and A. Ambarita, “Sistem Informasi Pengaduan Pelanggan Air Berbasis Website Pada Pdam Kota Ternate,” IJIS - Indonesian Journal On Information System, vol. 3, no. 1, p. 10, 2020, doi: 10.36549/ijis.v3i1.37.

[6]      D. I. Muchamad Iqbal, Sutarman, “Perancangan Sistem Informasi PT Visionet Data Internasional,” Ajcsr, vol. 1, no. 1, pp. 29–35, 2019.

[7]      S. K. M. K. Dedy Rahman Prehanto, S. T. M. K. I Kadek Dwi Nuryana, and S. M. Pustaka, BUKU AJAR KONSEP SISTEM INFORMASI. SCOPINDO MEDIA PUSTAKA, 2020.

[8]      N. Ramadhan and M. H. K. Saputra, Buku teknis pengantar aplikasi helpdesk internal berbasis website dan mobile. Kreatif, 2020.

[9]      S. K. M. K. Dr. Siti Rohajawati, KNOWLEDGE MANAGEMENT SYSTEMS (KMS) FUNDAMENTAL DAN PENERAPAN PADA KESEHATAN MENTAL. AE Publishing, 2023.

[10]    S. E. M. M. Dr. H. Abdul Karim et al., Manajemen Transportasi. Cendikia Mulia Mandiri, 2023.

[11]    I. G. I. Sudipa, B. Harto, W. Sahusilawane, H. Afriyadi, and D. Handayani, TEKNOLOGI INFORMASI & SDGs. PT. Sonpedia Publishing Indonesia, 2023.

[12]    Nurhadi and M. Ridwan, “Sistem Informasi Inventaris Berbasis Web Menggunakan Metode Prototype,” Jurnal Multidisiplin Madani (MUDIMA), vol. 2, no. 9, pp. 3543–3550, 2022.

[13]    M. T. Dr. Wahyudin, M. D. Andini Setya Arianti, M. I. T. Prof. Dr. Munir, and M. T. Prof. Dr. Lala Septem Riza, Interaksi Manusia Komputer (User Interface Design). Indonesia Emas Group, 2024.

[14]    H. Hadiwijaya and D. T. Octafian, PENGUKURAN USER INTERFACE (UI) DAN USER EXPERIENCE (UX): E-School Filial LPKA Kelas I Palembang. Penerbit NEM, 2021.

[15]    S. T. M. K. Indah Purnama Sari, Buku Ajar Rekayasa Perangkat Lunak. in 1. umsu press, 2021.

[16]    B. Huda, T. Paryono, A. Fauzi, A. Pranadani, A. Ismail, and P. A. L. Teknologi, UI/UX design : bagi para perancang dan pengembang produk atau layanan digital. Asadel Liamsindo Teknologi, 2023.

[17]    R. Putri, R. Widya, and Y. Yusman, “Prototype Sistem Informasi Bimbingan Dan Konseling Menggunakan Figma,” Jurnal Indonesia : Manajemen Informatika dan Komunikasi, vol. 4, no. 2, pp. 540–551, 2023, doi: 10.35870/jimik.v4i2.246.

[18]    R. Kurniawan and D. Prananda Putra, “Perancangan User Interface Sistem Kredit Aktivitas Mahasiswa STMIK ‘AMIKBANDUNG’ Berbasis Website Menggunakan Metode User Centered Design (UCD),” J. Inf. Technol., vol. 4, no. 1, pp. 23–30, 2022, doi: 10.47292/joint.v4i1.77.

[19]    A. Saputra, “Penerapan Usability pada Aplikasi PENTAS Dengan Menggunakan Metode System Usability Scale (SUS),” JTIM : Jurnal Teknologi Informasi dan Multimedia, vol. 1, no. 3, pp. 206–212, 2019, doi: 10.35746/jtim.v1i3.50.

[20]    R. N. Rahman, “Perancangan UI / UX untuk Aplikasi Tafsir Al-Quran Berbasis Mobile Menggunakan Metode HDC ( Human Centered Design ),” vol. 4, no. 3, pp. 1101–1111, 2024.

[21]    N. Handayani, Fandhilah, and H. Mayatopani, “Perancangan Ui/Ux Aplikasi Destinasi Wisata Berbasis Web Menggunakan Metode Human Centered Design,” JOISIE J. Inf. Syst. Informatics Eng., vol. 7, no. 1, pp. 35–43, 2023.

[22]    A. Ulwan, “Perancangan User Interface Aplikasi Absensi Berbasi Android Menggunakan Metode Human Centered Design Pada PT. Ofeq Inovasi,” Prosiding Seminar Nasional, vol. 1, no. 1, pp. 208–214, 2021.

[23]    D. R. Adiswara, “Perancangan User Interface dan User Experience Aplikasi Gomasjid Menggunakan Metode Human Centered Design,” UII, 2024.

[24]    U. I. Ux, P. Fitur, R. Helpdesk, and T. Sistem, “Inti Nusa Mandiri Penerapan Metode Design Thinking Pada Model Perancangan,” LPPM Universitas Nusa Mandiri, vol. 17, no. 1, pp. 24–31, 2022.

[25]    I. K. Wardani, P. Utomo, A. Budiman, and D. N. Amadi, “Pemanfaatan Metode Design Thinking dan Pengujian SUS untuk UI/UX Aplikasi Home Care Madiun Berbasis Android,” Journal of Computer and Information Systems Ampera, vol. 4, no. 2, pp. 106–125, 2023.

[26]    W. M. Ashari, H. R. Sunu Pamungkas, F. Asharudin, and H. Sismoro, “Perancangan dan Pengembangan UI/UX Pada Platform Tenderplus.id Menggunakan Metode Design Thinking,” Jurnal Aplikasi Teknologi Informasi dan Manajemen (JATIM), vol. 4, no. 2, pp. 157–166, 2023, doi: 10.31102/jatim.v4i2.2267.

[27]    A. Sanjaya et al., “ANALISA DESIGN UI / UX POINT OF SALES BERBASIS WEB PADA RAJA SAMUDRA POPOK MENGGUNAKAN METODE,” vol. 4, no. April, pp. 238–250, 2024.

[28]    M. Hariyanto, M. Kholiq, A. Yani, and Narti, “Inti nusa mandiri,” Inti Nusa Mandiri, vol. 14, no. 2, pp. 133–138, 2020.

[29]    J. H. Sitorus and W. Yusnaeni, “Perancangan User Interface Sistem Informasi Akademik Sekolah Dasar (Siakad) Menggunakan Metode Waterfall,” Simpatik: Jurnal Sistem Informasi dan Informatika, vol. 1, no. 2, pp. 98–107, 2021, doi: 10.31294/simpatik.v1i2.671.

 [30]    R. N. Wardhani et al., “SISTEM INFORMASI HELPDESK TICKETING PADA PT . BANK MEGA Tbk,” vol. 22, no. 2, pp. 201–207, 2020.