Perancangan Sistem Informasi Pengelolaan Pesanan Pelanggan Berbasis Web Pada CV. Cahaya Mentari

research
  • 21 Feb
  • 2025

Perancangan Sistem Informasi Pengelolaan Pesanan Pelanggan Berbasis Web Pada CV. Cahaya Mentari

Adiansyah Putra (11200232), Perancangan Sistem Informasi Pengelolaan Pesanan Pelanggan Berbasis Web Pada CV. Cahaya Mentari

Sistem pengelolaan pesanan pelanggan pada CV. Cahaya Mentari yang belum terkomputerisasi membuat karyawan harus melakukan pencatatan secara manual, hal tersebut sangat tidak efektif karena dapat memakan waktu dan meningkatkan risiko kesalahan. Terlebih lagi tanpa adanya database untuk menyimpan bukti pengemasan barang membuat karyawan kesulitan melacak informasi mengenai barang apa saja yang telah dikemas sebelumnya jika terjadi kesalahan barang yang dipesan berbeda dengan yang diterima oleh pelanggan. Hal tersebut tentu saja dapat menyebabkan kurangnya kepercayaan dan kepuasan dari pelanggan yang dapat menyebabkan rusaknya reputasi perusahaan. Oleh karena itu penelitian bertujuan merancang sistem informasi pengelolaan pesanan pelanggan berbasis web diperlukan untuk mengatasi permasalahan tersebut dan meningkatkan kinerja perusahaan. Metode penelitian menggunakan teknik observasi, wawancara, dan studi pustaka untuk memperoleh informasi yang diperlukan dari CV. Cahaya Mentari. Menggunakan model pengembangan sistem waterfall, penelitian ini mencakup tahapan analisa kebutuhan, desain, code generation, testing, dan support. Hasil penelitian menunjukkan dengan adanya sistem informasi pengelolaan pesanan pelanggan berbasis web ini dapat membantu dan mempermudah proses pengelolaan pesanan pelanggan serta pembuatan laporannya sehingga kesalahan seperti ketidaksesuaian barang yang diterima oleh pelanggan dengan barang yang dipesan dapat dihindari.

Kata Kunci : Sistem Informasi, Pengelolaan Pesanan, Web, Waterfall

Unduhan

 

REFERENSI

[1] N. L. Rane, A. Achari, and S. P. Choudhary, “Enhancing customer loyalty through quality of service: Effective strategies to improve customer satisfaction, experience, relationship, and engagement,” International Research Journal of Modernization in Engineering Technology and Science, vol. 5, no. 5, pp. 427– 452, 2023.

[2] M. Syahwi and S. Pantawis, “Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Layanan, Citra Perusahaan dan Nilai Pelanggan Terhadap Kepuasan Pelanggan Indihome,” ECONBANK: Journal of Economics and Banking, vol. 3, no. 2, pp. 150–163, 2021.

[3] R. R. M. Salim, “Rancang Bangun Sistem Informasi Administrasi Untuk Panti Asuhan,” Jurnal Ilmiah Matrik, vol. 22, no. 2, pp. 195–200, 2020.

[4] M. I. P. Nasution, “Konsep dan Peran Penerapan Sistem Database Dalam Dunia Bisnis dan Informasi Manajemen Perusahaan,” IJM: Indonesian Journal of Multidisciplinary, vol. 1, no. 3, pp. 903–909, 2023.

[5] D. M. Mansur and A. H. P. K. Putra, “Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Bengkel Mobil Honda Dealer-Pluit,” YUME: Journal of Management, vol. 6, no. 2, 2023.

[6] H. Widyanto, N. Astriawati, S. Suyanti, and F. Fikri, “Aktivitas Port Clearance Pengurusan Dokumen PT. Pelayaran Sumatra Timur Indonesia,” Jurnal Maritim Polimarin, vol. 9, no. 1, pp. 7–13, 2023.

[7] A. Triwijayati, Y. P. Luciany, Y. Novita, N. Sintesa, and A. Zahruddin, “Strategi Inovasi Bisnis untuk Meningkatkan Daya Saing dan Pertumbuhan Organisasi di Era Digital,” Jurnal Bisnis Dan Manajemen West Science, vol. 2, no. 03, pp. 306–314, 2023.

[8] F. Soufitri, Konsep Sistem Informasi. Padang Sidempuan: PT Inovasi Pratama Internasional, 2023.

[9] E. Alimin et al., MANAJEMEN PEMASARAN (Kajian Pengantar di Era Bisnis Modern). Lombok Barat: Seval Literindo Kreasi (Penerbit SEVAL), 2022.

[10] F. N. Hasanah and R. S. Untari, BUKU AJAR REKAYASA PERANGKAT LUNAK. Sidoarjo: UMSIDA Press, 2020.

[11] I. R. Mukhlis et al., BUKU AJAR PEMROGRAMAN WEB 1. Jambi: PT. Sonpedia Publishing Indonesia, 2023.

[12] A. O. Sari, A. Abdilah, and Sunarti, WEB PROGRAMMING, Edisi Pertama. Yogyakarta: GRAHA ILMU, 2019.

[13] J. Prayoga et al., Sistem Basis Data. Deli Serdang: CV. Graha Mitra Edukasi, 2023.

[14] M. Andriana, R. Panjaitan, and T. Sumarlin, SISTEM INFORMASI ANGGARAN. Semarang: Yayasan Prima Agus Teknik, 2021.

[15] J. Jamaludin and M. Kadafi, “PERANCANGAN APLIKASI PENGELOLAAN PEMESANAN JASA PERCETAKAN ADIL GRAFIKA BERBASIS WEB,” Biner: Jurnal Ilmiah Informatika dan Komputer, vol. 1, no. 2, pp. 132–138, 2022.

[16] S. Khaerunisabillah, Y. Z. Zakaria, D. H. Baihaqi, L. A. Chandra, and T. Haryanto, “Pengelolaan Pesanan Berbasis Website Pada Penjualan Kewirausahaan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Purwokerto,” Jukeshum: Jurnal Pengabdian Masyarakat, vol. 4, no. 1, pp. 184– 197, 2024.

[17] N. Azzahra, R. Sukawati, and M. Rahmatuloh, “Aplikasi Berbasis Web Untuk Pengelolaan Pesanan, Perhitungan Harga Pokok Penjualan Dan Laporan Laba Rugi (studi Kasus: Cv Anami Cake, Bogor),” eProceedings of Applied Science, vol. 7, no. 6, 2021.

[18] R. R. Waliyansyah, E. D. Supratiyan, and A. T. J. Harjanta, “Sistem Pengelolaan Data Pesanan dan Servis Jok Berbasis Web Menggunakan Metode RAD,” Journal of Information Technology, vol. 1, no. 2, pp. 7–16, 2021.

[19] A. Muharam, I. Jaelani, and M. Defriani, “PENGEMBANGAN APLIKASI PENGELOLAAN PESANAN KONSUMEN BERBASIS WEB DENGAN PENDEKATAN FIRST IN FIRST OUT (FIFO) MENGGUNAKAN METODE AGILE,” Jurnal Informatika Teknologi dan Sains (Jinteks), vol. 5, no. 3, pp. 340–345, 2023.

[20] O. Sasmiana, R. B. Kotjoprayodi, and K. Kastaman, “Aplikasi Berbasis Web untuk Pengelolaan Pesanan Layanan Fasilitas Hotel Berbasis Layanan Satuan,” eProceedings of Applied Science, vol. 9, no. 2, 2023