Rendik Juhan Lestiawan (11220867), Analisa Kualitas Aplikasi WTR Application Vendor Excellence (TRACE) PT Waskita Toll Road Dengan Metode Heuristic Evaluation.
Pengadaan Barang dan Jasa adalah proses untuk memenuhi kebutuhan barang dan jasa sesuai peraturan. Di PT Waskita Toll Road, proses Pengadaan Barang dan Jasa melibatkan manajemen rekanan dan evaluasi kinerja penyedia. Salah satu komponen penting digitalisasi adalah Vendor Management System (VMS). WTR Application Vendor Excellence (TRACE) adalah aplikasi yang memfasilitasi pengelolaan penyedia barang dan jasa di PT Waskita Toll Road. Namun, aplikasi ini menghadapi masalah terkait antarmuka yang tidak menarik dan mengurangi minat pengguna. Penilitian ini sekaligus menilai kepuasan pengguna TRACE, digunakan Metode Heuristic Evaluation untuk mengidentifikasi masalah antarmuka. Tujuannya adalah mendapatkan identifikasi serta saran rekomendasi dari aplikasi agar lebih nyaman dan mudah digunakan. Pengumpulan data utama menggunakan media kuesioner terhadap 80 responden pengguna aplikasi TRACE dan pengolahan data dilakukan dengan menggunakan SPSS serta perhitungan menggunakan skala likert. Berdasarkan hasil pengolahan data dapat diketahui bahwa hasil persepsi pengguna terhadap kemudahan, kualitas informasi dan kualitas interaksi termasuk dalam kategori rentang nilai interval baik. Dari hasil penelitian dengan 10 aspek heuristic evaluation untuk aspek Bantuan dan Dokumentasi mendapatkan skor rata-rata terendah, sehingga perlu peningkatan meskipun saat ini tidak terlalu mengganggu pengguna.
Kata Kunci : Analisa Kualitas, Aplikasi TRACE PT Waskita Toll Road, Metode Heuristic Evaluation, SPSS, Skala Likert
50. 11220867_RENDIK JUHAN LESTIAWAN
[1] Siti Maysarah, “Efektivitas Penerapan Pengadaan Barang Dan Jasa Dalam Meningkakan Pelaksanaan Kegiatan Operasional Di Pt. Inl”, vol 21, no 9, hal 748-756, 2023, doi:doi.org/10.5281/zenodo.10089082.
[2] Brennen. J. S dan Kreiss. D, “Digitalization.” The International Encyclopedia of Communication Theory and Philosophy, 2016.
[3] I Kadek Hendra Sumerta Dana dan Nenden Kostini, “Optimalisasi VMS pada Pengadaan Kendaraan Khusus di PT Pindad”, vol 1, no 2, hal 219-227, 2023, doi:10.26623/slsi.v20i2.5056.
[4] Muhamad Subhan dan Aries Dwi Indriyanti, “Penggunaan Metode Heuristic Evaluation sebagai Analisis Evaluasi User Interface dan User Experience pada Aplikasi BCA Mobile”, vol 2, no 3, hal 30-37, 2021, https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/JEISBI/article/view/41203.
[5] Amalia Oktafina, Febiyanti Arifatul Jannah, Muchammad Fahur Rizky, Muhammad Verrel Ferly, Yansen Dharma Tangtobing dan Sri Rahayu Natasia, “EVALUASI USABILITY WEBSITE MENGGUNAKAN METODE HEURISTIC EVALUATION STUDI KASUS: (WEBSITE DINAS PEKERJAAN UMUM KOTA XYZ” , vol 15, no 2, hal 136-137, 2021, doi:doi.org/10.35457/antivirus.v15i2.1553.
[6] Derina Yolanovia dan Aries Dwi Indriyanti, “Evaluasi User Experience Aplikasi TIX ID Menggunakan Metode Heuristic Evaluation”, vol 2, no 3, 2021, https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/JEISBI/article/view/41004.
[7] Kaderi, Alwi, “Pendidikan Pancasila untuk Perguruan Tinggi.” Antasari Press, 2015.
[8] Mumtaz Haya Waralalo, “Bentuk visual atau tampilan pada website atau software yang ditujukan pada penggunanya agar ada interaksi didalamnya. Penamaan user interface ini juga berlaku pada,” UIN, 2019.
[9] Riyanto, Slamet dan Aglis Andhita Hatmawan, “Metode Riset Penelitian Kuantitatif.” Deepublish, 2020.
[10] J. Preece, Y. Rogers, & H. Sharp. “Interaction Design: Beyond Human- Computer Interaction, Wiley, 2015.
[11] Rahmadita Indah Rosita dan Jefree Fahana, “Analisis dan Desain User Interface (UI) dan User Experience (UX) Aplikasi Borneojek Menggunakan Metode Evaluasi Heuristik”, vol 10, no 1, hal 88-97, 2022, doi :10.12928/jstie.v10i2.23545.
[12] Rifda Faticha Alfa Aziza dan Yahya Taufiq Hidayat, “ANALISA USABILITY DESAIN USER INTERFACE PADA WEBSITE TOKOPEDIA MENGGUNAKAN METODE HEURISTICS EVALUATION”, vol 13, no 1, hal 7-11, 2019, DOI: 10.33365/jtk.v13i1.265.
[13] Sugiyono, “Metode Penelitian Kuantitatif, kualitatif, dan R&D”, Alfabeta, 2017.
[14] Nur Fadilah Amin, Sabaruddin Garancang, dan Kamaluddin Abunawas, “KONSEP UMUM POPULASI DAN SAMPEL DALAM PENELITIAN”, vol 14, no 1, hal 15-31, 2023, https://journal.unismuh.ac.id/index.php/pilar/article/view/10624.
[15] Diandara Tresya Haniva, Arip Solehudin, Dadang Yusup dan Eko Haryadi, “ANALISIS USER EXPERIENCE PADA WEBSITE UPT-TIK UNIVERSITAS SINGAPERBANGSA KARAWANG MENGGUNAKAN METODE HEURISTIC EVALUATION”, vol 7, No 1, hal 1-14, 2023, DOI: https://doi.org/10.36294/jurti.v7i1.3449.
[16] Sella Rabila, Sirojul Munir, Tifanny Nabarian dan Davied Wismanindra, “ANALISIS USER INTERFACE DESIGN UNTUK USABILITY A MENGGUNAKAN METODE HEURISTIC EVALUATION PADA WEB PERUSAHAAN BIOTEKNOLOGI”, vol 2, no 8, hal 68-77, 2022. DOI: https://doi.org/10.54914/jit.v8i2.420.
[17] Galih, Aang Muhammad dan Imadudin, “ANALISIS USER INTERFACE DAN USER EXPERIENCE PADA WEBSITE COFFE SUFI MENGGUNAKAN METODE HEURISTIC EVALUATION”, vol 11, no 2, hal 681-693, 2024, DOI:10.47668/edusaintek.v11i2.1069.
[18] Muhamad Sidqih Arhinza Juliantara, Didi Juardi dan Agung Susilo Yuda Irawan, “ANALISIS USER INTERFACE DAN USER EXPERIENCE PADA WEBSITE BEM FASILKOM UNIVERSITAS SINGAPERBANGSA KARAWANG MENGGUNAKAN HEURISTIC EVALUATION”, vol 8, no 3, hal 3668-3677, 2024, DOI:10.26798/jiko.v7i1.757.
[19] Ledy Armyoktora dan Ari Muzakir, “Evaluasi User Experience Menggunakan Pendekatan Heuristic Pada Sistem Informasi Akademik Universitas Bina Darma Palembang, vo; 2, no 3, hal 155-165, 2021, DOI: 10.51519/journalsea.v2i3.122.
[20] Melisa dan Fatmasari, “Analisis User Experience Situs Website Menggunakan Metode Heuristic Evaluation (Studi Kasus BPPD Kota Palembang)”, vol 15, no 1, hal 197-204, 2023. DOI: https://doi.org/10.5281./5241/15.jupiter.2023.04.
[21] Fransiscus Baran dan Sri Muryani, “Metode Heuristic Untuk Analisa UI/UX Website SMP Cahaya Harapan”, vol 8, no 2, hal 655-668, 2024, DOI: https://doi.org/10.33395/remik.v8i2.
[22] Atmaja, J. “Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Nasabah Terhadap Loyalitas Bank BJB.” Ecodemica, 2018.
[23] Sekaran, U. dan Bougie, R. Metode Penelitian untuk Bisnis: Pendekatan Pengembangan Keterampilan. Edisi ke-7, Wiley & Sons, 2016.
[24] Bungin, B. “Metodologi Penelitian Kuantitatif, Komunikasi, Ekonomi dan Kebijakan Publik serta Ilmu-Ilmu Sosial Lainnya.” Kencana, 2014.
[25] Sugiyono. “Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.” Alfabeta, 2019.
[26] Tedi Priatna, “Prosedur Penelitian Pendidikan.” Insan Mandiri, 2017.
[27] Zulki Zulkifli Noor, “Metodologi Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif.” Deepublish, 2015.
[28] Nurdewi, “Implementasi Personal Branding Smart ASN Perwujudan Bangga Melayani di Provinsi Maluku Utara”, vol 1, no 2, hal 297-303, 2022, DOI:10.55681/sentri.v1i2.235.
[29] Rini Mayasari dan Nono Heryana, “ Konsep dan Teori Desain User Experience Perangkat Lunak”, Neo Santara Indonesia, 2023.
[30] J. Nielsen, 10 Usability Heuristics for User Interface Design. Nielsen Norman Group. https://www.nngroup.com/articles/ten-usability-heuristics/, 2020.
[31] Ghozali, “Aplikasi Analisis Multivariat (edisi ke-10).” Badan Penerbit Universitas Diponegoro, 2021.
[32] Engkus, “Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien di Puskesmas Cibitung Kabupaten Sukabumi.” Vol 5, no 2, hal 99-109, 2019. doi.org/10.30997/jgs.v5i2.1956