Analisis UI/UX Pada Aplikasi Exit Checklist dengan metode User Centered Design PT Robert Bosch Indonesia

research
  • 06 Feb
  • 2025

Analisis UI/UX Pada Aplikasi Exit Checklist dengan metode User Centered Design PT Robert Bosch Indonesia

Abraham Christopher (11190335), Analisis UI/UX Pada Aplikasi Exit Checklist dengan metode User Centered Design PT Robert Bosch Indonesia

Di era globalisasi saat ini, perusahaan industri multinasional di sektor mesin dan teknologi, seperti Robert Bosch Indonesia, mengalami kemajuan pesat. Persaingan dalam mengembangkan sistem Teknologi Informasi semakin ketat, mendorong perusahaan untuk mencari cara inovatif dalam meningkatkan efisiensi operasional. Salah satu metode yang diterapkan adalah Otomatisasi Proses Robotik (RPA), yang menawarkan sejumlah keuntungan signifikan. Dengan RPA, tugas-tugas berulang dan berbasis aturan dapat dikelola oleh bot, memungkinkan karyawan untuk fokus pada pekerjaan yang lebih strategis. Robert Bosch Indonesia mengembangkan aplikasi Exit Checklist berbasis RPA untuk mengotomatiskan tugas rutin yang sebelumnya memakan banyak waktu dan sumber daya manusia. Aplikasi ini tidak hanya meningkatkan efisiensi operasional, tetapi juga mengurangi risiko kesalahan dan meningkatkan akurasi data. Namun, untuk memastikan aplikasi ini benar-benar efektif dan memenuhi harapan pengguna, Robert Bosch Indonesia menggunakan pendekatan User Centered Design (UCD). Pendekatan UCD menempatkan pengguna sebagai pusat dari seluruh proses desain, dengan tujuan memahami dan memenuhi kebutuhan pengguna secara optimal. Melalui analisis dan perancangan ulang UI (User Interface) dan UX (User Experience) berdasarkan umpan balik pengguna, perusahaan dapat mengidentifikasi masalah dan peluang untuk perbaikan. Dengan memprioritaskan pengalaman pengguna yang unggul, Robert Bosch Indonesia dapat menghasilkan aplikasi yang lebih intuitif, mudah digunakan, dan efektif. Pendekatan ini tidak hanya meningkatkan kepuasan pengguna tetapi juga memastikan bahwa aplikasi dapat beradaptasi dengan kebutuhan yang berkembang di masa depan.

Kata Kunci: User Centered Design (UCD), User Interface, User Experience, dan Analisa Aplikasi

Unduhan

 

REFERENSI

[1] J. Siderska, “Robotic Process Automation-a driver of digital transformation?,” Engineering Management in Production and Services, vol. 12, no. 2, 2020, doi: 10.2478/emj-2020-0009.

[2] C. Vijai, S. M. Suriyalakshmi, and M. Elayaraja, “The Future of Robotic Process Automation (RPA) in the Banking Sector for Better Customer Experience,” Shanlax International Journal of Commerce, vol. 8, no. 2, 2020, doi: 10.34293/commerce.v8i2.1709.

[3] J. Siderska, L. Aunimo, T. Süße, J. von Stamm, D. Kedziora, and S. N. B. M. Aini, “Towards Intelligent Automation (IA): literature review on the evolution of Robotic Process Automation (RPA), its challenges, and future trends,” Engineering Management in Production and Services, vol. 15, no. 4, 2023, doi: 10.2478/emj-2023-0030.

[4] M. Sohail, M. Talha, and M. Ali, “The impact of human-computer interaction on innovations and sports psychology,” Acute Medicine, vol. 21, no. 2, 2022, doi: 10.52964/AMJA.0906.

[5] J. Joosten, F. Halim, D. Evawani Sihombing, and Y. Lamtumiar Hutahaean, “Penerapan Metode meCUE 2.0 Dalam Mengukur Pengalaman Pengguna Pada Aplikasi ”inDriver”,” JITSI : Jurnal Ilmiah Teknologi Sistem Informasi, vol. 4, no. 2, 2023, doi: 10.30630/jitsi.4.2.133.

[6] A. Syahrina and T. F. Kusumasari, “Designing User Experience and User Interface of a B2B Textile e-Commerce using Five Planes Framework,” International Journal of Innovation in Enterprise System, vol. 4, no. 01, 2020, doi: 10.25124/ijies.v4i01.47.

[7] A. Pitale and A. Bhumgara, “Human Computer Interaction Strategies- Designing the User Interface,” in Proceedings of the 2nd International Conference on Smart Systems and Inventive Technology, ICSSIT 2019, 2019. doi: 10.1109/ICSSIT46314.2019.8987819.

[8] J. C. Campos, C. Fayollas, M. D. Harrison, C. Martinie, P. Masci, and P. Palanque, “Supporting the analysis of safety critical user interfaces: An Exploration of Three Formal Tools,” ACM Transactions on Computer-Human Interaction, vol. 27, no. 5, 2020, doi: 10.1145/3404199.

[9] A. Canny, C. Martinie, D. Navarre, P. Palanque, E. Barboni, and C. Gris, “Engineering Model-Based Software Testing of WIMP Interactive Applications,” Proc ACM Hum Comput Interact, vol. 5, no. EICS, 2021, doi: 10.1145/3461729.

[10] V. Haldane et al., “User preferences and persona design for an mhealth intervention to support adherence to cardiovascular disease medication in 68 singapore: A multi-method study,” JMIR Mhealth Uhealth, vol. 7, no. 5, 2019, doi: 10.2196/10465.

[11] Q. Deng, S. Wellsandt, K. Hribernik, and K. D. Thoben, “Understanding users and products in product development: The application of product usage information and its challenges,” in Proceedings of the Design Society, 2021. doi: 10.1017/pds.2021.591.

[12] R. H. Maharrani, A. R. Supriyono, L. Syafirullah, and R. Purwanto, “Usability Test for User Centered Design-Based Industrial Internship Management System,” Jurnal Teknologi Informasi dan Pendidikan, vol. 15, no. 1, 2022, doi: 10.24036/jtip.v15i1.555.

[13] S. D. Purnamasari and F. Syakti, “Implementasi Usability Testing dalam Evaluasi Website Sekolah,” Jurnal Sisfokom (Sistem Informasi dan Komputer), vol. 9, no. 3, 2020, doi: 10.32736/sisfokom.v9i3.1000.

[14] U. K. Zakaria, S. F. Abdul Aziz, M. N. Selamat, and N. H. Omar, “New Measurement of Employee’s Strategic Job Performance Appraisal: Construction using the Malaysian Sample,” International Journal of Academic Research in Economics and Management Sciences, vol. 9, no. 4, 2020, doi: 10.6007/ijarems/v9-i4/8561.

[15] N. I. Fisher, “A comprehensive approach to problems of performance measurement,” J R Stat Soc Ser A Stat Soc, vol. 182, no. 3, 2019, doi: 10.1111/rssa.12424.

[16] J. M. Ferreira, F. D. Rodriguez, A. Santos, O. Dieste, S. T. Acuna, and N. Juristo, “Impact of Usability Mechanisms: A Family of Experiments on Efficiency, Effectiveness and User Satisfaction,” IEEE Transactions on Software Engineering, vol. 49, no. 1, 2023, doi: 10.1109/TSE.2022.3149586.

[17] J. E. De León-Ruiz and I. Carvajal-Mariscal, “Thermal capacity: Additional relative efficiency to assess the overall performance of heat pump-based heating systems,” Appl Therm Eng, vol. 159, 2019, doi: 10.1016/j.applthermaleng.2019.113841.

[18] I. Máñez, E. Vidal-Abarca, and J. P. Magliano, “Comprehension processes on questionanswering activities: A think-aloud study,” Electronic Journal of Research in Educational Psychology, vol. 20, no. 56, 2022, doi: 10.25115/ejrep.v20i56.3776.

[19] H. Cho, D. Powell, A. Pichon, L. M. Kuhns, R. Garofalo, and R. Schnall, “Eye-tracking retrospective think-aloud as a novel approach for a usability evaluation,” Int J Med Inform, vol. 129, 2019, doi: 10.1016/j.ijmedinf.2019.07.010.

[20] J. M. Munoz-Guijosa, R. Martínez, A. M. Cendrero, and A. D. Lantada, “Rapid prototyping of personalized articular orthoses by lamination of 69 composite fibers upon 3D-printed molds,” Materials, vol. 13, no. 4, 2020, doi: 10.3390/ma13040939.

[21] K. T. Lee, J. Bin Im, S. J. Park, and J. H. Kim, “Conceptual Framework to Support Personalized Indoor Space Design Decision-Making: A Systematic Literature Review,” 2022. doi: 10.3390/buildings12060716.

[22] A. García S et al., “CitrusGenome: Applying User Centered Design for Evaluating the Usability of Genomic User Interfaces,” in Communications in Computer and Information Science, 2022. doi: 10.1007/978-3-030-96648- 5_10.