Perancangan Desain UI/UX Sistem Absensi Peserta Magang PT. ASDP Indonesia Dengan Menerapkan Metode Design Thinking

research
  • 24 Jan
  • 2025

Perancangan Desain UI/UX Sistem Absensi Peserta Magang PT. ASDP Indonesia Dengan Menerapkan Metode Design Thinking

Adam Nazwawijaya Sadikin (11200191), Perancangan Desain UI/UX Sistem Absensi Peserta Magang PT. ASDP Indonesia Dengan Menerapkan Metode Design Thinking.

PT. ASDP Ferry Indonesia menghadapi tantangan dalam pengelolaan absensi peserta magang, baik di darat maupun di laut, yang seringkali sulit dikontrol secara akurat. Untuk mengatasi masalah ini, Divisi Pengembangan Sumber Daya Manusia (PSDM) mengusulkan perancangan desain UI/UX berbasis sistem yang dirancang khusus untuk mengelola absensi peserta magang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk merancang desain sistem absensi yang mudah digunakan dan lebih efisien, dengan menempatkan kebutuhan dan empati pengguna sebagai fokus utama dalam proses desain. Penelitian ini menerapkan metode Design Thinking, yang terdiri dari lima tahapan: menempatkan diri dalam posisi pengguna (empathize), mendefinisikan permasalahan (define), menghasilkan ide kreatif (ideate), membuat prototipe solusi (prototype), dan mengujinya kepada pengguna (test). Evaluasi sistem dilakukan menggunakan System Usability Scale (SUS) untuk mengukur tingkat kegunaan dari desain yang telah dikembangkan dan untuk memastikan bahwa sistem yang dihasilkan memenuhi kebutuhan pengguna. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode Design Thinking dalam perancangan desain UI/UX berbasis sistem absensi peserta magang dapat meningkatkan pengalaman pengguna dan efisiensi pengelolaan absensi. Evaluasi dengan SUS menunjukkan peningkatan signifikan dalam Tingkat kegunaan sistem, yang berimplikasi pada kemudahan penggunaan dan kepuasan pengguna.

Kata Kunci: UI/UX Design, Design Thinking Method, System Usability Scale, Peserta Magang

Unduhan

 

REFERENSI

[1] N. Sugiyarti and R. Abul Hasani, “Re-Design UI/UX IBS Core dengan Metode Design Thinking Untuk Meningkatkan Pengalaman Pengguna,” Media Online), vol. 4, no. 1, pp. 93–102, 2023, doi: 10.30865/klik.v4i1.1028.

[2] D. Haryuda Putra, M. Asfi, and R. Fahrudin, “Perancangan UI/UX Menggunakan Metode Design Thinking Berbasis Web pada Laportea Company,” 2021.

[3] F. Aziz, D. Uki, E. Saputri, N. Khasanah, and T. Hidayat, “Penerapan UI/UX dengan Metode Design Thinking (Studi Kasus: Warung Makan).” [Online]. Available: http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/infortech

[4] M. F. Ardiansyah and P. Rosyani, “Perancangan UI/UX Aplikasi Pengolahan Limbah Anorganik Menggunakan Metode Design Thinking”, [Online]. Available: https://journal.mediapublikasi.id/index.php/logic

[5] A. Fatmawati, “Evaluasi Usability pada Learning Management System OpenLearning Menggunakan System Usability Scale,” vol. 6, no. 1, p. 2021, [Online]. Available: https://ums.ucm.ac.id/.

[6] M. Riyan Maulana and D. Nurdiana, “Pengukuran Kebergunaan dan Pengalaman Pengguna Website Sistem Informasi Akademik Universitas Terbuka (SIA UT) Menggunakan Metode System Usability Scale (SUS) dan User Experience Questionnaire (UEQ),” Journal of Informatics and Communications Technology, vol. 1, no. 17, pp. 1–017, 2024, doi: 10.52661.

[7] “Buku_InterfaceUSERExperience_MangarasYanuF”.

[8] F. Kesuma Bhakti, I. Ahmad, and Q. J. Adrian, “Perancangan User Experience Aplikasi Pesan Antar Dalam Kota menggunakan Metode Design Thinking (Studi Kasus: Kota Bandar Lampung) Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi (JTSI), vol. 3, no. 2, pp. 45–54, 2022, [Online]. Available: http://jim.teknokrat.ac.id/index.php/JTSI

[9] R. Basatha et al., UI/UX Design: Panduan, Teori dan Aplikasi Penulis. IKADO Press, 2022. [Online]. Available: www.ikado.ac.id

[10] N. Febyla et al., “Analisis dan Perbaikan Tampilan Sistem Informasi Dewan PErwakilan Rakyat Daerah Provinsi Nusa Tenggara Barat BErbasis Website menggunakan (Analysis and Improvement of Information System Display of the Regional People’s Representative Council of Nusa Tenggara Barat Website using Figma).” [Online]. Available: http://begawe.unram.ac.id/index.php/JBTI/

[11] R. Bagus Bambang Sumantri, R. Suryani, and R. Agus Setiawan, “Pelatihan Desain Prototipe Sistem Informasi Siswa SMK Menggunakan FIGMA,” Jurnal Pengabdian Masyarakat, vol. 2, no. 3, p. 2023.

[12] W. Widodo, M. Huda, and A. Santoso, “Implementasi Metode Design Thinking pada Perancangan Antarmuka Aplikasi Mobile,” vol. 7, no. 1, pp. 76–89, 2023.

[13] A. Zalukhu et al., “Perangkat Lunak Aplikasi Pembelajaran Flowchart,”Jurnal Teknologi Informasi dan Industri, vol. 4, no. 1, 2023.

[14] R. Amanda Putri, Monograf Evaluasi Usability Microsoft Teams Menggunakan System Usability Scale. [Online]. Available: www.medsan.co.id 

[15] I. A. Karim, “Perancangan dan Implementasi Aplikasi Muslim Multiplatform Muslim.in Berbasis Fitur Psychological Chatbot”.

[16] Jeff Sauro, “5 Ways to Interpret a SUS Score,” Measuring U. Accessed: Jul. 23, 2024. [Online]. Available: https://measuringu.com/interpret-sus-score/

[17] P. Insap Santosa and dan Wing Wahyu Winarno, Evaluasi Usability pada Sistem Informasi Pasar Kerja… Evaluasi Usability pada Sistem Informasi Pasar Kerja menggunakan System Usability Scale.

[18] M. J. Nugroho and D. H. Zulfikar, “Analisa Perancangan UI/UX Aplikasi Absensi dengan Metode Design Thinking pada PT. Pertamina Patra Niaga Sumbagsel,” Seminar Nasional AMIKOM Surakarta (SEMNASA), pp. 226– 239, 2023.

[19] R. Wijayanti, T. Sutabri, I. Irwansyah, and I. Effendy, “Implementasi Metode Design Thinking pada Perancangan UI/UX Aplikasi Logbook Magang dalam Perspektif Sosiologi,” Jurnal Teknologi Informatika dan Komputer, vol. 9, no. 2, pp. 1020–1034, Sep. 2023, doi: 10.37012/jtik.v9i2.1735.

[20] W. Sakinah, H. Tolle, D. Cahya, and A. Nugraha, “Perancangan User Experience Sistem Pemesanan Asrama Pelatihan Berbasis Responsive Website Pada Balai Diklat Keagamaan Medan Menggunakan Metode Design Thinking,” 2017. [Online]. Available: http://j-ptiik.ub.ac.id

[21] Suradi, H. Tehuayo, Suharni, and Z. Muhajir, “Perancangan Aplikasi Absensi Peserta Magang Berbasis Android Menggunakan Jaringan Intranet (Studi Kasus Disnaker Provinsi Sulawesi Selatan),” Jurnal Teknologi Komputer, vol. 03, pp. 252–258, 2023.

[22] S. Ufairoh Azzahra, S. Hadi, and J. Rejito, “Penerapan Design Thinking pada Perancangan UI/UX Website Spectrum Fitness Purwakarta,” 2022. [Online]. Available: http://jurnal-itsi.org

[23] K. Harlim and N. Setiyawati, “Perancangan User Experience Aplikasi Mobile Majuli Menggunakan Metode Design Thinking,” 2022. [Online]. Available: https://journal-computing.org/index.php/journal-ita/index

[24] Admin, “Sekilas ASDP Indonesia Ferry.” Accessed: Jul. 31, 2024. [Online]. Available: https://asdp.id/sekilas-asdp