SUSI RATNASARI (11230274), Analisa UI/UX Sistem Poin Pelanggaran Siswa Pada SMK Negeri Pancatengah Menggunakan Metode Design Thinking.
Sekolah merupakan sarana pendidikan yang bertujuan untuk membentuk watak dan kepribadian peserta didik, serta memperoleh ilmu pengetahuan guna melatih peserta didik berbudaya luhur SMK Negeri Pancatengah adalah sebuah Lembaga Pendidikan menengah kejuruan yang menggunakan system poin pelanggaran siswa. Dari observasi awal dan wawancara dengan guru BK, terdapat informasi yang menunjukkan bahwa pengelolaan nilai disiplin siswa saat ini sulit dilakukan karena masih dilakukan secara manual. Oleh karena itu perlu dibuatkan sebuah sistem untuk memudahkan manajemen data poin pelanggaran siswa dan memudahkan guru BK memberikan sanksi bagi siswa yang melanggar. Dengan dibangunnya sebuah sistem poin pelanggran siswa adalah untuk membuat sebuah tampilan dari sistem poin pelanggaran siswa yang tentu saja sangat mudah untuk mengolah dan menangani pelanggaran siswa. Dengan metode design thingking dalam menganalisa aplikasi ini, pembuatan tampilan desain akan lebih terlihat menarik dan efesiensi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa motif yang mendasari pengguna dalam menggunakan sistem poin pelanggaran siswa ini adalah motif informasi dan kepuasan informasi yang banyak diperoleh. Pada tahapan akhir metode ini untuk melihat hasil dari total nilai skornya. Dari pengolahan data pada skor akhir memperoleh nilai 71,3, dan disimpulkan bahwa rancangan tersebut sudah acceptable, grade C, dan good.
11230274 - SUSI RATNASARI
[1] M. Solihuddin Guru, S. Negeri, and K. K. Madiun, “Dampak Kebijakan Sekolah Tentang Poin Pelanggaran Tata Tertib Siswa dalam Membentuk Perilaku Siswa yang Berkarakter,” J. Kebijak. dan Pengemb. Pendidik., vol. 1, no. 2010, pp.62–70, 2023.
[2] E. Susanto, “Dalam Membina Kedisiplinan Siswa”.
[3] C. Fitriwati and P. Sulistyarini, “Penerapan Sistem Poin Dalam Menanggulangi Siswa Yang Melanggar Aturan Di Sma N 2 Pontianak.”
[4] I. Wulandari, “Penerapan Program Sistem Poin Di Smk Negeri 2 Yogyakarta Application Of Point Sistem Program At Smk Negeri 2,” vol. 9, no. 4, pp. 120–127, 2020.
[5] H. Judul, F. T. Industri, and U. I. Indonesia, “Perancangan Ulang Ui / Ux Situs E-Learning Amikom ( Studi Kasus : Amikom Center ) Perancangan Ulang Ui / Ux Situs E-Learning Amikom Center Dengan Metode Design Thinking ( StudiKasus : Amikom Center ),” 2021.
[6] R. N. dan M. A. Suyuti, Ed., Perancangan Mesin-Mesin Industri. Deepublish, 2018. [Online]. Available: https://www.google.co.id/books/edition/Perancangan_Mesin_Mesin_Industri/SJ1LDwAAQBAJ?hl=id&gbpv=0
[7] I. D. U. M. Adhi Prasnowo, Weny Findiastuti, Ergonomi Dalam Perancangan Dan Pengembangan Produk Alat Potong Sol Sandal. Surabaya: Scopindo Media Pustaka, 2020. [Online]. Available: https://www.google.co.id/books/edition/Ergonomi_Dalam_Perancangan_Dan_Pengemban/E3UCEAAAQBAJ?hl=id&gbpv=0
[8] M. D. Dr. Wahyudin, M.T., Andini Setya Arianti, Interaksi Manusia Komputer(User Interface Design). Bandung: :Indonesia Emas Group, 2024. [Online]. Available: https://www.google.co.id/books/edition/Interaksi_Manusia_Komputer_User_I
nterfac/T80MEQAAQBAJ?hl=id&gbpv=0
[9] D. J. P. Drs. Siwi Widi Asmoro, M.Pd., Desain Media Interaktif SMK/MAK Kelas XII. Kompetensi Keahlian Multimedia. Program Keahlian Teknik Komputer dan Informatika. Yogyakarta: Penerbit Andi, 2021. [Online]. Available: https://www.google.co.id/books/edition/Desain_Media_Interaktif_SMK_MAK_Kelas_XI/i4MqEAAAQBAJ?hl=id&gbpv=0
[10] M. R. F. Rio Andika Malik, Pemahaman dan Penerapan Metodologi Desain UI yang Efektif. Banguntapan bantul Yogyakarta: Jejak Pustaka, 2021. [Online]. Available: https://www.google.co.id/books/edition/Lean_UX_Pemahaman_dan_Penerapan_Metodolo/kbGzEAAAQBAJ?hl=id&gbpv=1
[11] S. D. M. · Virdyra Tasril, S.Kom., M.Kom, Ade Rizka, S.Kom., M.Kom, Munisa, S.Psi., M.Psi, Kecanduan Gadget Dengan Pendekatan Lean Ux. CV. AZKA PUSTAKA, 2023. [Online]. Available: https://www.google.co.id/books/edition/Kecanduan_Gadget_Dengan_Pendekatan_Lean/Q1LAEAAAQBAJ?hl=id&gbpv=0
[12] M. A. Dr. Juriono, S.Th.I., Panduan Praktis Penggunaan Aplikasi Hadis, Cara Mudah Mencari Dan Meneliti Hadis Versi Digital. Sleman Yogyakarta: Deepublish, 2023. [Online]. Available: https://www.google.co.id/books/edition/Panduan_Praktis_Penggunaan_Aplikasi_Hadi/hDjeEAAAQBAJ?hl=id&gbpv=0
[13] Wahyudin Darmalaksana, Metode Design Thinking Hadis Pembelajaran, Riset & Partisipasi Masyarakat. Bandung: Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati Bandung, 2020. [Online]. Available: https://www.google.co.id/books/edition/Metode_Design_Thinking_Hadis_Pembelajara/w3sGEAAAQBAJ?hl=id&gbpv=0
[14] P. Eddy Roflin, Iche Andriyani Liberty, Populasi, Sampel, Variabel DalamPenelitian Kedokteran. Pekalongan: Penerbit NEM, 2021. [Online]. Available: https://www.google.co.id/books/edition/POPULASI_SAMPEL_VARIABEL_DALAM_PENELITIA/ISYrEAAAQBAJ?hl=id&gbpv=0
[15] S. T. Wahyudi, Statistika Ekonomi. Malang: Universitas Brawijaya Press, 2017. [Online]. Available: https://www.google.co.id/books/edition/Statistika_Ekonomi/ReRVDwAAQB
AJ?hl=id&gbpv=0
[16] Antonius Fran Setiawan, Desain grafis untuk sosial media. Yogyakarta: CreativeThinking indiebooks, 2023. [Online]. Available: https://www.google.co.id/books/edition/Desain_grafis_untuk_sosial_media/yLq0EAAAQBAJ?hl=id&gbpv=0
[17] P. . Eddy Tungadi, S.T., M.T., Muhammad Nur Yasir Utomo, S.ST., M.Eng., Irfan Syamsuddin, S.T., PG.Dipl.BEC, M.Com. ISM, Desain dan Pemrograman Web. Yogyakarta: Nas Media Pustaka, 2022. [Online]. Available: https://www.google.co.id/books/edition/Desain_dan_Pemrograman_Web/VLeeEAAAQBAJ?hl=id&gbpv=0
[18] R. K. D. Herman Tolle, Aryo Pinandito, Agi Putra Kharisma, Pengembangan Aplikasi Perangkat Bergerak. Malang: Universitas Brawijaya Press, 217AD. [Online]. Available:
https://www.google.co.id/books/edition/Pengembangan_Aplikasi_Perangkat_Bergerak/ZrJVDwAAQBAJ?hl=id&gbpv=0
[19] F. Y. W. Najirah Umar, Hermawan Setiawan, Hariadi Yutanto, Sujarwo Sujarwo, Kadek Oky Sanjaya, Prilian Ayu Minarni, Marcello Singadji, Semuel Yacobus Padang, Buku Ajar Rekayasa Perangkat Lunak. Jambi: PT. Sonpedia Publishing Indonesia, 2024. [Online]. Available: https://www.google.co.id/books/edition/Buku_Ajar_Rekayasa_Perangkat_Lun
ak/poEKEQAAQBAJ?hl=id&gbpv=0
[20] H. S. Wibowo, Desain Interaktif dengan Figma Panduan Praktis untuk Pemula dan Profesional. semarang: Tiram Media, 2023. [Online]. Available: https://www.google.co.id/books/edition/Desain_Interaktif_dengan_Figma_Pan
duan_P/NeatEAAAQBAJ?hl=id&gbpv=0
[21] P. P. R. C. Naomi Handayani, Aning Kariasih, Fransisca Rosarini, Siti Yulaeha, Sus Triyati, Rina Dewi Septanti, Putranto, Aniek Soesilowati, Hadi Agus Sulistyono, Tatiek Setiyati, Purwoko, Tentrem Lestari, Nur Latifah, Budi Hastuti, Wiwiek Susiyaningrum, Pengembangan Model Pembelajaran. Penerbit Pustaka Rumah C1nta, 2020. [Online]. Available: https://www.google.co.id/books/edition/Pengembangan_Model_Pembelajaran/
9fB5EAAAQBAJ?hl=id&gbpv=0
[22] M. Dr. Rufman Iman Akbar, Denny Ganjar Purnama., S.Si., M.T.I., Slamet Riyanto., S.T., Importance - Performance Analysis Matrix Penerapan untuk Penilaian Situs Pembelajaran SIAkad dan LMS. Yogyakarta: Nas Media Pustaka, 2022. [Online]. Available: https://www.google.co.id/books/edition/Importance_Performance_Analysis_Matrix/boOeEAAAQBAJ?hl=id&gbpv=0
[23] T. Toraja, “Aditya Kristian 1743041009 Administrasi Pendidikan,” 2022.
[24] S. K. Hasanudin, “Struktur organisasi SMKN Pancatengah,” H. S.Kom, Ed., Tasikmalaya: SMK Negeri Pancatengah, 2024.
[25] A. M. Susi Ratnasari, “Gambar Tahapan penelitian,” S. Ratnasari, Ed., Tasikmalaya: Susi Ratnasari,A.Md, 2024.