Perancangan Desain UI/UX Aplikasi Absensi Pegawai (SIAP) Menggunakan Metode Design Thinking di BKPSDM Karawang

research
  • 22 Jan
  • 2025

Perancangan Desain UI/UX Aplikasi Absensi Pegawai (SIAP) Menggunakan Metode Design Thinking di BKPSDM Karawang

Andrew Alfaret (11230080), Perancangan Desain UI/UX Aplikasi Absensi Pegawai (SIAP) Menggunakan Metode Design Thinking di BKPSDM Karawang

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan merancang desain UI/UX aplikasi absen SIAP menggunakan metode Design Thinking di BKPSDM Kabupaten Karawang. Metode design thinking merupakan serangkaian proses kognitif, strategis, dan praktis yang dilakukan secara berulang guna menciptakan solusi inovatif yang tidak terpikirkan sebelumnya (out of the box). Hasil dari penelitian ini adalah ide-ide Solusi yang dapat mengatasi permasalahan dalam penggunaan absensi pegawai (SIAP) Manfaat penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi nyata dalam peningkatan sistem absensi digital di BKPSDM Kabupaten Karawang, sehingga misi BKPSDM Kabupaten Karawang Terwujudnya tata kelola pemerintahan yang baik dan pelayanan publik yang berkualitas, dapat terwujud dengan baik.

Kata kunci: absen siap, Design Thinking, Inovatif

Unduhan

 

REFERENSI

[1] C. Mueller-Roterberg, “Handbook of design thinking,” Indep. Publ., 2018.

[2] bkpsdm.karawangkab.go.id, “Visi dan Misi Pemerintah Kabupaten Karawang 2021-2026,” bkpsdm.karawangkab.go.id. Accessed: Jul. 20, 2024. [Online]. Available: https://bkpsdm.karawangkab.go.id/profil/visi-dan-misi/

[3] T. Schlatter and D. Levinson, Visual usability: Principles and practices for designing digital applications. Newnes, 2013.

[4] M. M. Haekal, “User Experience (UX): Pengertian dan Tips Penerapannya untuk Pemula [Terlengkap],” niagahoster.co.id. [Online]. Available: https://www.niagahoster.co.id/blog/user-experience-adalah/

[5] S. Minhas, “User Experience Design Process,” uxplanet.org. Accessed: Jul. 20, 2024. [Online]. Available: https://uxplanet.org/user-experience-design-process-d91df1a45916

[6] S. Nurmaharani and Heriyanto, “Analisa Dan Perancangan Ui/Ux Aplikasi Penjualan Menggunakan Metode Design Thinking Pada Cv. Multi Ban Oto Servis Bekasi,” INFOTECH J., vol. 9, no. 1, pp. 46–53, 2023, doi: 10.31949/infotech.v9i1.4393.

[7] D. Ariska and S. Nurlela, “Analisis Dan Perancangan UI/UX Aplikasi Lazada Menggunakan Metode Design Thinking,” J. Infortech, vol. 4, no. 2, pp. 86–91, 2022.

[8] S. Purbaningrum and W. P. Mustika, “Analisa Desain UI/UX Aplikasi Pemesanan Gas Elpiji (APALJI) Berbasis Android Menggunakan Metode Design Thinking,” J. Sos. Teknol., vol. 3, no. 10, pp. 862–870, 2023, [Online]. Available: https://sostech.greenvest.co.id/index.php/sostech/article/view/921%0Ahttps://sostech.greenvest.co.id/index.php/sostech/article/download/921/1208

[9] I. Rochmawati, “Iwearup.Com User Interface Analysis,” Visualita, vol. 7, no. 2, pp. 31–44, 2019, doi: 10.33375/vslt.v7i2.1459.

[10] R. F. Dewa, T. Suratno, P. Eko, and P. Utomo, “Analisis Dan Perancangan Ui/ Ux Sistem Recall Dengan Metode Design Thinking Dan Remote Usability Testing Analysis and Design Ui / Ux Recall System Using Design Thinking and Remote Usability Testing,” vol. 12, no. 2, pp. 277–286, 2024, doi:10.26418/justin.v12i2.74013.

[11] Priyo Raharjo, Wisnu Ananta Kusuma, and Heru Sukoco, “Uji usability dengan metode cognitive walkthrough pada situs web perpustakaan Universitas Mercu Buana Jakarta,” J. Pustak. Indones., vol. 15, no. 1, p. 1, 2016.

[12] A. Z. Reyhan, “PERANCANGAN USER INTERFACE DAN USER EXPERIENCE E-LEARNING" LEARNGO" UNTUK SEKOLAH DASAR,”Universitas Pendidikan Indonesia, 2023.

[13] Munchamimnna, Nuzulul, and E. Krismawati, “Perancangan Dan
Implementasi Aplikasi Edukasi Mental Health Menggunakan Metode Design Thinking,” MSJ Major. Sci. J., vol. 1, no. 2, pp. 103–113, 2023, doi:10.61942/msj.v1i2.19.

[14] G. Tambunan and L. Malem Ginting, “Comparison of Heuristic Evaluation and Cognitive Walkthrough Methods in Doing Usability Evaluation of Mobile-Based Del Egov Centre Hospital Information System,” Seminastika, vol. 3, no. 1, pp. 99–106, 2021, doi: 10.47002/seminastika.v3i1.244.

[15] J. Nielsen, “Why You Only Need to Test with 5 Users,” nngroup.com. Accessed: Jul. 20, 2024. [Online]. Available:
https://www.nngroup.com/articles/why-you-only-need-to-test-with-5-users/

[16] T. Y. S. Rikke Friis, “Empathy Map – Why and How to Use It,” https://www.interaction-design.org/. Accessed: Jul. 26, 2024. [Online]. Available: https://www.interaction-design.org/literature/article/empathy-map-why-and-how-to-use-it