Nazala Rahma Tri Kurniawan (12200037), Perancangan Design UI/UX Aplikasi Monitoring Alat Proyek Berbasis Web Di PT. Anugerah Cipta Selaras
Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan mengimplementasikan User Interface (UI) dan User Experience (UX) dari aplikasi monitoring alat proyek berbasis web di PT. Anugerah Cipta Selaras. Dalam era digital, efisiensi manajemen persediaan adalah kunci utama dalam bisnis. Karena PT. Anugerah Cipta Selaras masih bergantung pada pelaporan manual menggunakan Microsoft Excel, yang rentan terhadap kesalahan dan ketidakakuratan. Penelitian ini menggunakan metode Design Thinking untuk memahami kebutuhan pengguna dan merancang solusi yang relevan. Metode ini dibentuk dari lima tahap: Empathize,Define,Ideate,Prototype dan test. Sebagai tambahan desain UI/UX ini akan melibatkan pengujian usability untuk menilai keefektifan desain aplikasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa seluruh tugas berhasil melewati uji usability dengan skor di atas batas kelulusan minimal. Evaluasi oleh pengguna menunjukan bahwa aplikasi ini menyediakan user interface yang ramah pengguna dan meningkatkan efisiensi pemantauan alat proyek. Dengan merancang UI/UX aplikasi monitoring alat proyek dengan menggunakan metode Design Thinking, diharapkan dapat meningkatkan efektivitas dan efisiensi pada pengelolaan alat proyek dan memungkinkan tim proyek untuk mengakses informasi ketersediaan dan kondisi alat secara mudah dan akurat. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pendekatan ini dapat berguna bagi pengguna, serta membantu tim proyek dalam pengambilan keputusan yang lebih tepat.
Kata Kunci: UI/UX, Design Thinking, aplikasi monitoring, usability testing
08. 12200037_NAZALA RAHMA TRI KURNIAWAN
[1] R. R. Dhani and D. H. Zulfikar, “SEMINAR NASIONAL AMIKOM SURAKARTA (SEMNASA) 2023 Analisa Perancangan UI/UX Aplikasi Inventory Gudang Berbasis Web di PT. Pertamina Patra Niaga Sumbagsel,” no. November, pp. 447–459, 2023.
[2] I. B. Karo Sekali, C. E. J. . Montolalu, and S. A. Widiana, “Perancangan UI/UX Aplikasi Mobile Produk Fashion Pria pada Toko Celcius di Kota Manado Menggunakan Design Thinking,” J. Ilm. Inform. dan Ilmu Komput., vol. 2, no. 2, pp. 53–64, 2023, doi: 10.58602/jima-ilkom.v2i2.17.
[3] Ratna Nur Fadilah and Dhian Sweetania, “Perancangan Design Prototype Ui/Ux Aplikasi Reservasi Restoran Dengan Menggunakan Metode Design Thinking,” J. Ilm. Tek., vol. 2, no. 2, pp. 132–146, 2023, doi: 10.56127/juit.v2i2.826.
[4] R. Kurniawan and M. Budi, “Perancangan Ui/Ux Aplikasi Manajemen Penelitian Dan PengabdianKepada Masyarakat Menggunakan Aplikasi Figma,” J. Sist. Inf., vol. 5, no. 1, pp. 2–7, 2022.
[5] D. F. Aryansyah, P. Sokibi, and R. Fahrudin, “Perancangan Design UI/UX Aplikasi Penjualan Store Pakaian Design Thinking Berbasis Android,” Jumistik, vol. 2, no. 1, pp. 128–135, 2023, [Online]. Available: www.ojs.amiklps.ac.id
[6] M. A. Muhyidin, M. A. Sulhan, and A. Sevtiana, “Perancangan Ui/Ux Aplikasi My Cic Layanan Informasi Akademik Mahasiswa Menggunakan Aplikasi Figma,” J. Digit, vol. 10, no. 2, p. 208, 2020, doi: 10.51920/jd.v10i2.171.
[7] N. I. Assaufa and M. Arifin, “Perancangan UI/UX Aplikasi ‘BISA’ Dengan Pendekatan Design Thinking,” J. Ilm. IT CIDA, vol. 9, no. 2, p. 50, 2023, doi: 10.55635/jic.v9i2.174.
[8] R. P. Mccurdy, M. Nickels, and S. B. Bush, “Problem-Based Design Thinking Tasks: Engaging Student Empathy in STEM,” Electron. J. Res. Sci. Math. Educ., vol. 24, no. 2, pp. 22–55, 2020.
[9] H. P. Rapri, R. I. Rokhmawati, and B. T. Hanggara, “Perancangan dan Pengembangan User Experience Sistem Penilaian Karyawan 360 Derajat PT. Kaltim Daya Mandiri,” J. Pengemb. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 6, no. 4, p. 1924, 2022, [Online]. Available: http://j-ptiik.ub.ac.id
[10] S. Aulia and Y. Syahidin, “Perancangan UI/UX dengan Metode Design Thinking Pada Shoekuna Shoe Laundry Berbasis Mobile,” J. Sains Komput. Inform. (J-SAKTI, vol. 7, no. 1, pp. 211–219, 2023.
[11] A. Suryadana, D. Sasongko, and S. Nugroho, “Penerapan Metode Design Thinking dalam Website Waste4Change untuk Mengoptimalkan Fitur Pengiriman Sampah,” J. Inf. Syst. Res., vol. 4, no. 3, pp. 820–830, 2023, doi: 10.47065/josh.v4i3.3274.
[12] D. Haryuda, M. Asfi, and R. Fahrudin, “Perancangan UI/UX Menggunakan Metode Design Thinking Berbasis Web Pada Laportea Company,” J. Ilm. Teknol. Infomasi Terap., vol. 8, no. 1, pp. 111–117, 2021, doi: 10.33197/jitter.vol8.iss1.2021.730.
[13] I. Engineering et al., “Perancangan Ui / Ux Aplikasi Ogan Lopian
Diskominfo,” vol. 7, no. 1, pp. 55–70, 2023.
[14] A. Yulianeu and R. Oktamala, “Sistem Informasi Geografis Trayek Angkutan Umum Di Kota Tasikmalaya Berbasis Web,” JUTEKIN (Jurnal Tek. Inform., vol. 10, no. 2, 2022, doi: 10.51530/jutekin.v10i2.669.
[15] D. I. Fajriati and E. rosi Subhiyakto, “Perancangan Mockup User Interface (Ui) Berdasarkan User Experience (Ux) Aplikasi Belajar Bahasa Arab Menggunakan Metode User Centered Design,” J. Tek. Inform., vol. 14, no. 2, pp. 115–124, 2021.
[16] A. Rino, W. Putra, H. Muslimah Az-Zahra, and S. H. Wijoyo, “Evaluasi dan Perbaikan Antarmuka Aplikasi e-TPT KPP Pratama Malang Utara Menggunakan Pendekatan Human-Centered Design (HCD),” J. Pengemb. Teknol. Inf. Dan Ilmu Komput., vol. 3, no. 6, pp. 6052–6061, 2019.
[17] A. A. Jiwa Permana, “Usability Testing Pada Website E- Commerce Menggunakan Metode System Usability Scale (Sus) (Studi Kasus : Umkmbuleleng.Com),” JST (Jurnal Sains dan Teknol., vol. 8, no. 2, pp. 149–158, 2019, doi:10.23887/jstundiksha.v8i2.22858.
[18] K. N. P. E. S. K. Anak, “Eksploitasi Seksual Komersial Anak di Indonesia,” Medan, Restu Print. Indones. hal.57, vol. 21, no. 1, pp. 33–54, 2008, doi: 10.21831/hum.v21i1.
[19] I. Imron, “Analisa Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Menggunakan Metode Kuantitatif Pada CV. Meubele Berkah Tangerang,” Indones. J. Softw. Eng., vol. 5, no. 1, pp. 19–
28, 2019, doi: 10.31294/ijse.v5i1.5861.