Kairul Anwariah (11220770): “Analisis Pengalaman Pengguna Aplikasi Zsahir ERP V2 Dengan Metode User Experience Questionnaire (UEQ) Studi Kasus Pada PT Humpuss Trading".
Tujuan penelitian ini adalah Analisis penggunaan aplikasi Zahir ERP V2 untuk meningkatkan kualitas layanan menggunakan User Experience Questionnaire (UEQ). Penelitian ini menggunakan metode penelitian User Experience Questionnaire (UEQ) dan dalam penelitian ini juga mengumpulkan data kuesioner dan jumlah sampel sebanyak 50 orang. Sumber data dalam penelitian ini adalah data primer dan sekunder. Dengan tahapan penelitian yang dimulai dari menentukan rumusan masalah, anaslisis kebutuhan, menetukan pertanyaan, menentukan responden, mengukur UEQ, dan yang terakhir adalah penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas layanan dari aplikasi Zahir ERP V2 masih banyak yang harus diperbaiki. Hal ini didukung oleh hasil diagram benchmark yang rata-rata berada di area yang berwarna kuning yang artinya dibawah rata-rata dan bahkan berwarna merah yang artinya buruk. Dari 6 aspek atau skala yang ada, 3 aspek yang disarankan untuk diperbarui atau diperbaiki adalah daya tarik, ketepatan, dan kebaruan.
11220770_Kairul Anwariah
[1] 1. Kurnia, M. ER, and A. H. N. Ali, "Model Konseptual Keberhasilan ERP sebagai Pendekatan Multidimensi Motivasi Bisnis dan Teknologi, Manfaat, Resiko serta Faktor Kunci Kesuksesan," J. Sist. Inf., vol. 4, no. 3, pp. 157-168, 2012.
[2] F. D. N. Annisa, J. N. U. Jaya, and S. Surmiati, "Evaluasi Pengalaman Pengguna Pada Aplikasi EWallet OVO dan GOPAY Dengan Metode User Experience Questionnaire," josh, vol. 3, no. 3, pp. 242-251, Apr. 2022, doi: 10.47065/josh.v313.1527.
[3] A. Subiyakto et al., "Investigating User Experience to Redesign User Interface Using UserCentered Design Approach." ICIC International, 2022. doi: 10.24507/icicelb.13.08.861.
[4] S. Hidayatulloh, R. H. Kusumaningtyas, and Y. Aziati, "Analisis Pengaruh User Experience Terhadap Kepuasan Pengguna Mobile Application E-Commerce Shopee Menggunakan Model Delone & Mclean," Appl. Inf. Syst. Manage., vol. 2, no. 2, Mar. 2021, doi: 10.15408/aism.v2i2.20159.
[5] Kotler, P. & G Armstrong. (2004). Principle of marketing: 10thn Edition. New Jersey: Prentice Hall.
[6] Usability.gov, User Experience basics. [online]
[7] Barrimi, M., Aalouane, R., Aarab, C., Hafidi, H., Baybay, H., Soughi, M., Tachfouti, N., Nejjari, C., Mernissi, F. Z., Rammouz, I., & McKenzie, R. B. (2013). Analisis. Encephale, 53(1), Konsep http://dx.doi.org/10.1016/j.encep.2012.03.001
59-65.
[8] Muhammad, A. (2016). Analisis Nilai Pendidikan Karakter Yang Dikembangkan Di Sma Negeri 2 Kendari Kelurahan Rahandouna Kecamatan Poasia Kota Kendari. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.
[9] A. Prakash and U. Kumar, "User Interface Design Issues For Easy And Efficient Human Computer Interaction: An Explanatory Approach Debasmita," Int. J. Comput. Sci. Eng., vol. Volume-3, no. March, pp. 127-135, 2019, doi: 10.26438/ijcse/v6i6.10141020
[10] L. Hardiansyah, K. Iskandar, and H. Harliana, "Perancangan User Experience Website Profil Dengan Metode The Five Planes," J. Ilm. Intech Inf. Technol. J. UMUS, vol. 1, no. 01, pp. 11-21, 2019, doi: 10.46772/intech.v1i01.34.
[11] Schrepp, M., Hinderks, A., & Thomaschewski, J. (2017). Construction of a Benchmark for the User
Experience Questionnaire (UEQ) in Different Evaluation Scenarios. International Journal of Interactive Multimedia and Artificial Intelligence, Volume 4., 40-44.
[12] Siti, R., Putri, N., Tolle, H., & Wijoyo, S. H. (2020). Analisis Pengalaman Pengguna Aplikasi Pemesanan Tiket Bioskop Menggunakan User Experience Questionnaire (UEQ) dan Heuristic Evaluation (HE).
[13] I. K. Dewi, Y. T. Mursityo, and R. R. P. Mardi, "Analisis Usability Aplikasi Mobile Pemesanan Layanan Taksi Perdana Menggunakan Metode Webuse Dan Heuristic Evaluation," J. Pengemb. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput. Univ. Brawijaya, vol. 2, no. 8, pp. 2909-2918, 2018.
[14] Schrepp, M. (2015). User Experience Questionnaire Handbook
[15] Schrepp, M. (2019). User Experience Questionnaire Handbook - All you need to know how to apply the UEQ successfully in your projects
[16] Ursachi, G., Horodnic, I. A., & Zait, A. (2015). How Reliable Are Measurement Scales? External Factors with Indirect Influence on Reliability Estimators. Procedia Economics and Finance, 20, 679-686
[17] Schrepp, M. (2020). On the usage of Cronbach's Alpha to measure reliability of UX scales. Journal of Usability Studies, Vol. 15, Issue 4