ABSTRAK
Fery Alamsyah Husin (11230150), Perancangan UI/UX Sistem Quality Assurance KB Bank menggunakan metode design thinking
Dalam era digital yang terus berkembang, penerapan teknologi informasi telah menjadi pemandangan umum di berbagai sektor, pengembangan sistem Quality Assurance (QA) yang memadai menjadi sangat penting bagi bank untuk memastikan bahwa produk dan layanan yang mereka tawarkan tidak hanya memenuhi standar kualitas yang tinggi, tetapi juga mempersembahkan pengalaman pengguna yang memikat. Dalam konteks ini, sistem QA memainkan peran sentral dalam memastikan bahwa layanan perbankan yang disediakan oleh KB Bank memenuhi standar yang tinggi, baik dari segi keandalan teknis maupun kualitas pengalaman pengguna. Oleh
karena itu, bank perlu memperhatikan tidak hanya aspek teknis dari sistem QA, tetapi juga desain antarmuka pengguna (UI/UX) yang memikat agar dapat menciptakan pengalaman pengguna yang positif dan mengoptimalkan produktivitas internal. Maksud dari penelitian ini adalah untuk menjelajahi dan menerapkan pendekatan Design Thinking dalam merancang antarmuka pengguna (UI/UX) sistem QA di KB Bank. Hasil analisis kebutuhan ini memberikan dasar yang kuat untuk merancang dan mengembangkan UI/UX sistem QA yang tidak hanya memenuhi harapan pengguna tetapi juga meningkatkan efisiensi dan kualitas proses QA di KB Bank. Dengan memahami secara mendalam kebutuhan dan preferensi pengguna, desain UI/UX yang diusulkan akan lebih tepat sasaran dan efektif dalam meningkatkan pengalaman pengguna.
11230150_FERY ALAMSYAH HUSIN
DAFTAR PUSTAKA
[1] D. Haryuda, M. Asfi, and R. Fahrudin, “Perancangan UI/UX Menggunakan Metode Design Thinking Berbasis Web Pada Laportea Company,” J. Ilm. Teknol. Infomasi Terap., vol. 8, no. 1, pp. 111–117, 2021, doi: 10.33197/jitter.vol8.iss1.2021.730.
[2] M. Hamdandi, R. Chandra, F. Bachtiar, N. Lais, D. A. Sastika, and M. R. Pribadi, “Perancangan UI / UX Pada Aplikasi Bapakkost dengan
Menggunakan Metode Design Thinking,” MDP Student Conf. 2022, vol. 1, no. 1, pp. 504–511, 2022.
[3] S. Soedewi, “Penerapan Metode Design Thinking Pada Perancangan Website Umkm Kirihuci,” Vis. J. Online Desain Komun. Vis., vol. 10, no. 02, p. 17, 2022, doi: 10.34010/visualita.v10i02.5378.
[4] F. Kesuma Bhakti, I. Ahmad, and Q. J. Adrian, “Perancangan User Experience Aplikasi Pesan Antar Dalam Kota Menggunakan Metode Design Thinking (Studi Kasus: Kota Bandar Lampung),” J. Teknol. dan Sist. Inf., vol. 3, no. 2, pp. 45–54, 2022, [Online]. Available:http://jim.teknokrat.ac.id/index.php/JTSI
[5] E. A. Risti, “Implementasi Pengolahan Sistem Penjualan Furniture
Menggunakan Metode Design Thinking (Studi Kasus : Furniture Jati Sungu Bandar Lampung),” J. Inform. dan Rekayasa Perangkat Lunak, vol. 3, no. 4, pp. 435–445, 2023, doi: 10.33365/jatika.v3i4.2448.
[6] I. P. Sari, A. H. Kartina, A. M. Pratiwi, F. Oktariana, M. F. Nasrulloh, and S. A. Zain, “Implementasi Metode Pendekatan Design Thinking dalam Pembuatan Aplikasi HapSari, I. P., Kartina, A. H., Pratiwi, A. M., Oktariana, F., Nasrulloh, M. F., & Zain, S. A. (2020). Implementasi Metode Pendekatan Design Thinking dalam Pembuatan Aplikasi Happy Cl,” Edsence J. Pendidik. Multimed., vol. 2, no. 1, pp. 45–55, 2020.
[7] M. A. D. Pratama, Y. R. Ramadhan, and T. I. Hermanto, “Rancangan UI/UX Design Aplikasi Pembelajaran Bahasa Jepang Pada Sekolah Menengah Atas Menggunakan Metode Design Thinking,” JURIKOM (Jurnal Ris. Komputer), vol. 9, no. 4, p. 980, 2022, doi: 10.30865/jurikom.v9i4.4442.
[8] M. R. Wibowo and H. Setiaji, “Perancangan Website Bisnis Thrifdoor Menggunakan Metode Pendekatan Design Thinking,” Kaos GL Derg., vol. 8, no. 75, pp. 147–154, 2020, [Online]. Available:
https://doi.org/10.1016/j.jnc.2020.125798%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.smr.20 20.02.002%0Ahttp://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/810049%0Ahttp://doi.wiley.com/10.1002/anie.197505391%0Ahttp://www.sciencedirect.com/science/article/pii/B9780857090409500205%0Ahttp:
[9] C. S. Surachman, M. R. Andriyanto, C. Rahmawati, and P. Sukmasetya,94 “Implementasi Metode Design Thinking Pada Perancangan UI/UX Design Aplikasi Dagang.in,” TeIKa, vol. 12, no. 02, pp. 157–169, 2022, doi: 10.36342/teika.v12i02.2922.
[10] A. A. Razi, I. R. Mutiaz, and P. Setiawan, “Penerapan Metode Design Thinking Pada Model Perancangan Ui/Ux Aplikasi Penanganan Laporan Kehilangan Dan Temuan Barang Tercecer,” Desain Komun. Vis. Manaj. Desain dan Periklanan, vol. 3, no. 02, p. 219, 2018, doi:
10.25124/demandia.v3i02.1549.
[11] L. A. Wasilah, Klinik Dengan Metode Task Centered System Design ( Tcsd ) ( Studi Kasus : Solusiklinik . Id ) Skripsi Perancangan Dan Evaluasi Ui / Ux Rekam Medis Klinik Dengan Metode Task Centered System. 2023.
[12] E. Poerbaningtyas, A. A. Kusumasari, A. Utami, and N. Rahman, “TheInterface Design Of Web-Based Interactive Catalog In Bandungrejosari Ward Malang City,” 3rdInternational Conf. Inf. Technol. Secur., pp. 106–126, 2022.
[13] I. Engineering et al., “Perancangan Ui / Ux Aplikasi Ogan Lopian
Diskominfo,” vol. 7, no. 1, pp. 55–70, 2023.
[14] T. Humaira Mufidah and N. Wachid Abdul Majid, “422 Perancangan Ui/Ux Website Dalam Management Aplikasi Gym Menggunakan Metode Design Thinking,” J. Media Infotama, vol. 19, no. 2, pp. 422–432, 2023.
[15] A. Al Ali, “The Impact of Information Sharing and Quality Assurance on Customer Service at UAE Banking Sector,” Int. J. Technol. Innov. Manag., vol. 1, no. 1, pp. 01–17, 2021, doi: 10.54489/ijtim.v1i1.10.
[16] M. J. Narizki, R. A. Widyanto, and N. A. Prabowo, “Perancangan UI/UX Sistem Penerimaan Mahasiswa Baru Berbasis Perangkat Mobile dengan Metode Design Thinking,” J. Inf. Syst. Res., vol. 4, no. 4, pp. 1127–1135, 2023, doi: 10.47065/josh.v4i4.3652.
[17] A. Candra, P. Sukmasetya, and P. Hendradi, “Perancangan UI/UX aplikasi berbasis mobile Menggunakan Metode Design Thinking study khasus SISFO SKPI UNIMMA,” TeIKa, vol. 13, no. 01, pp. 52–68, 2023, doi:
10.36342/teika.v13i01.3069.
[18] M. Alba, P. Parjito, and A. T. Priandika, “Media Game Edukasi Berbasis Android Untuk Pembelajaran Benda Hidup dan Tidak Hidup,” J. Inform. dan Rekayasa Perangkat Lunak, vol. 4, no. 1, pp. 29–40, 2023, doi: 10.33365/jatika.v4i1.2456.
[19] W. B. PRASETYO, “Pembuatan Desain Ui/Ux Chatbot Dashboard
Menggunakan Metode Design Thinking (Studi Kasus: Qiscus Robolabs),” 2022, [Online]. Available: https://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/43046%0Ahttps://dspace.uii.ac.id/bi tstream/handle/123456789/43046/18523191.pdf?sequence=1&isAllowed=y