ANALISIS KETERTARIKAN PENGGUNA DALAM PEMESANAN TIKET MOBILE ONLINE BIOSKOP MENGGUNAKAN METODE USER EXPERIENCE QUESTIONNAIRE

research
  • 16 Dec
  • 2024

ANALISIS KETERTARIKAN PENGGUNA DALAM PEMESANAN TIKET MOBILE ONLINE BIOSKOP MENGGUNAKAN METODE USER EXPERIENCE QUESTIONNAIRE

ABSTRAK


Tiar Permana (11230074) - Analisis Ketertarikan Pengguna Dalam Pemesanan Tiket Mobile Online Bioskop Menggunakan Metode User Experience Questionnaire

Hiburan merupakan hal yang penting bagi masyarakat untuk melepas penat dalam rutinitas keseharian, salah satunya yaitu adalah dengan menonton film di bioskop. Dengan teknologi yang semakin canggih itu, saat ini para pencinta film tidak perlu lagi mengantre untuk memesan tiket bioskop dan menunggu iklan di televisi terkait film yang ingin ditonton, melainkan saat ini bisa melalui dengan aplikasi yang sudah dibuat, yaitu saat ini terdapat tiga aplikasi seperti yang ada pada aplikasi mobile online CGV Cinemas Indonesia, Cinepolis Cinemas Indonesia dan M-TIX, Penelitian ini bertujuan untuk melakukan perbandingan antara ketiga aplikasi tersebut dengan menggunakan metode User Experience Questionnaire (UEQ). Dalam hasil penelitian didapatkan bahwa, dari kuesioner google Form yang sudah diberikan kepada pengguna dengan jumlah koresponden di Aplikasi CGV Cinemas Indonesia sebanyak 52 Koresponden, Cinepolis Cinemas Indonesia sebanyak 28 koresponden dan M-TIX sebanyak 70 koresponden. Dengan total 150 koresponden dan masing-masing penelitian didapatkan para pengguna aplikasi tersebut, masih menunjukan kesan yang positif yaitu dengan hasil evaluasi rata-rata (mean > 0,8) dengan hasil peringkat pertama yaitu aplikasi Aplikasi CGV Cinemas Indonesia.

REFERENSI

DAFTAR PUSTAKA


[1] N. Fadhilah and S. H. Quranisari, “Efektivitas Penggunaan Aplikasi M-Tix Dan Tix Id Dalam Pembelian Tiket Bioskop Di Kalangan Mahasiswa,” Transekonomika Akuntansi, Bisnis dan Keuang., vol. 2, no. 5, pp. 153–162, 2022, doi: 10.55047/transekonomika.v2i5.178.

[2] L. A. Kusuma Ningrum, M. Y. Fathoni, and R. H. Setyodewi, “Usability Evaluation of The Cinemas Indonesia CGV Application Using Heuristic Evaluation and Pieces Framework,” Sistemasi, vol. 12, no. 3, p. 689, 2023, doi: 10.32520/stmsi.v12i3.2769.

[3] A. B. Wijaya, T. Lathif, M. Suryanto, and E. M. Safitri, “Analisis Faktor Keberhasilan E-Commerce (B2C) pada Pengguna M-Tix di Surabaya Menggunakan Pendekatan Model ISSM Delone Mclean,” Inf. Syst. Artif. Intell., pp. 1–7, 2021.

[4] M. P. Berlianto, “Faktor-Faktor yang Memengaruhi Pengalaman dan Kepuasan
Pelanggan Perkotaan dalam Pembelian Melalui M-commerce,” Widyakala J. Pembang. Jaya Univ., vol. 7, no. 2, p. 78, 2020, doi:
10.36262/widyakala.v7i2.347.

[5] A. Noor and E. L. Hadisaputro, “Analisis Pengalaman Pengguna Pada Aplikasi TIX ID Menggunakan Metode User Experience Questionnaire,” J. Inf. Syst. Res., vol. 3, no. 4, pp. 672–677, 2022, doi: 10.47065/josh.v3i4.1881.

[6] I. N. S. W. Wijaya, P. P. Santika, I. B. A. I. Iswara, and I. N. A. Arsana, “Analisis dan Evaluasi Pengalaman Pengguna PaTik Bali dengan Metode User Experience Questionnaire (UEQ),” J. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 8, no. 2, pp. 217–226, 2021, doi: 10.25126/jtiik.2020762763.

[7] Diana Khuntari, “Analisis Pengalaman Pengguna Aplikasi Gojek dDiana Khuntari. (2022). Analisis Pengalaman Pengguna Aplikasi Gojek dan Grab dengan Pendekatan User Experience Questionnaire. Jurnal Teknik Informatika Dan Sistem Informasi, 8(April), 275–286.an Grab dengan Pen,” J. Tek. Inform. dan Sist. Inf., vol. 8, no. April, pp. 275–286, 2022.

[8] I. D. G. A. Pandawana, M. L. Radhitya, I. M. S. Sandhiyasa, and B. T. Bramstya, “Aplikasi E-Sewa Barang Berbasis Mobile,” J. Krisnadana, vol. 1, no. 3, pp. 26–36, 2022, doi: 10.58982/krisnadana.v1i3.190.

[9] I. Magdalena, T. Sundari, S. Nurkamilah, D. Ayu Amalia, and U. Muhammadiyah Tangerang, “Analisis Bahan Ajar,” J. Pendidik. dan Ilmu Sos., vol. 2, no. 2, pp. 311–326, 2020, [Online]. Available: https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/nusantara

[10] A. Samara and S. Metta, “Pengaruh Kemudahan Penggunaan, Pengalaman Pengguna Dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Penggunaan Aplikasi Dompet Digital (E-Wallet) di Kalangan Mahasiswa Universitas Buddhi Dharma,” Jura J. Ris. Akunt., vol. 1, no. 2, pp. 249–260, 2023, [Online]. Available: https://jurnal.itbsemarang.ac.id/index.php/JURA/article/download/700/659

[11] Rusandi and Muhammad Rusli, “Merancang Penelitian Kualitatif Dasar/Deskriptif dan Studi Kasus,” Al-Ubudiyah J. Pendidik. dan Stud. Islam, vol. 2, no. 1, pp. 48–60, 2021, doi: 10.55623/au.v2i1.18.

[12] I. N. T. A. Putra, K. S. Kartini, P. W. Aditama, and S. P. Tahalea, “Analisis Sistem Informasi Eksekutif Menggunakan User Experience Questionnaire (UEQ),” Int. J. Nat. Sci. Eng., vol. 5, no. 1, pp. 25–29, 2021, doi: 10.23887/ijnse.v5i1.29289.

[13] R. Fasabuma, H. Tolle, and S. H. Wijoyo, “Analisis Pengalaman Pengguna Aplikasi Pemesanan Tiket Bioskop menggunakan User Experience Questionnaire ( UEQ ) dan Heuristic Evaluation ( HE ),” J. Pengemb. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 4, no. 4, pp. 1324–1332, 2020.

[14] S. C. Singal, R. A. M. Koleangan, and J. L. Sepang, “Pengaruh Gaya Hidup, Harga Dan Lokasi Terhadap Minat Menonton Di Bioskop Cgv Blitz Cinemas Manado,” J. EMBA , vol. 7, no. 3, pp. 3009–3018, 2019.

[15] N. Ameniar, H. Prastawa, and Z. F. Rosyada, “Evaluasi User Experience Menggunakan Metode User Experience Questionnaire (Ueq) Dan Penerapan Kansei Engineering Pada Aplikasi Cinepolis Cinemas Indonesia,” Ind. Eng. Online J., vol. 11, no. 4, pp. 1–8, 2022, [Online]. Available: https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/ieoj/article/view/35951