ABSTRAK
Sekar Dyah Utami (11220998), Analisis Tingkat Kepuasan Penggunaan Sistem PPDB Online MTs Ma’arif NU 1 Wangon Menggunakan PIECES Framework.
Kemajuan teknologi yang mengalami perkembangan telah muncul sebagai potensi yang signifikan dalam berbagai aspek kehidupan manusia. Mts Ma’arif NU 1 Wangon merupakan Lembaga Pendidikan yang menggunakan sistem Online dalam Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB). Dari latar belakang yang telah dijelaskan, penelitian memiliki kendala yang dapat diidentifikasi, yaitu: 1. Metode untuk menentukan tingkat kepuasan pengguna terahadap Sistem Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) online menggunakan e-ujian.com. 2. Apa faktor yang secara signifikan mempengaruhi pengguna website Sistem Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) online menggunakan e-ujian.com. Penelitian dengan menggunakan PIECES FRAMEWORK yang terdiri dari enam variable yaitu :Performance, Information and Data, Economics, Control and Security, Efficiency, dan Service. Hasil dari analisi menunjukkan bahwa angka rata tingkat kepuasan pada setiap variabel adalah sebagai berikut: 1. Performance dengan nilai 3,973 termasuk dalam kategori PUAS 2. Information dengan nilai 3,88 termasuk dalam kategori PUAS 3. Economics dengan nilai 3,73 termasuk dalam kategori PUAS 4. Control dengan nilai 3,56 termasuk dalam kategori
PUAS 5. Efficiency dengan nilai 4,27 termasuk dalam kategori PUAS 6. Service dengan nilai 4,25 termasuk dalam kategori PUAS. Dapat disimpulakan bahwa semua variabel menunjukkan tingkat kepuasan yang tidak berada pada kategori tidak puas atau sangat tidak puas. Hal ini dapat diartikan pengguna sistem PPDB online menggunakan e-ujian.com merasa puas terphadap penggunaan sistem tersebut
11220998_Sekar Dyah Utami
DAFTAR PUSTAKA
[1] M. Mukhsin, “Peranan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Menerapkan Sistem Informasi Desa Dalam Publikasi Informasi Desa Di Era Globalisasi,” Teknokom, vol. 3, no. 1, pp. 7–15, 2020, doi: 10.31943/teknokom.v3i1.43.
[2] R. Fernando, “Universitas Katolik Parahyangan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Program Studi Ilmu Administrasi Publik,” Univ. Katolik Parahyangan, pp. 38–41, 2017, [Online]. Available: http://repository.unpar.ac.id/bitstream/handle/123456789/2025/Cover - Bab 1 - 3111061sc-p.pdf?sequence=1&isAllowed=y
[3] P. Sulistyorini, C. Y. Rusli, and F. Kurniawan, “Analisis Kepuasan Pengguna Sistem Informasi Ppdb Online Tingkat Smp Di Kota Pekalongan,” IC-Tech, 2020, [Online]. Available: https://ejournal.stmikwp.ac.id/index.php/ictech/article/view/120
[4] L. Belakang, M. Pada, P. Online, P. Penerimaan, P. Didik, and S. M. K. Negeri, “BAB I”.
[5] H. D. Permana, A. A. Hapsari, D. Nugraha, and A. Jaenul, “Evaluasi Kinerja Sistem Aplikasi E-commerce Shopee menggunakan Metode PIECES Framework,” J. ICT Inf. Commun. Technol., vol. 20, no. 2, pp. 202–209, 2021, doi: 10.36054/jict-ikmi.v20i2.358.
[6] W. Gunawan, A. U. Usman, and R. Febriyanto, “Perancangan Sistem Informasi Penerimaan Peserta Didik Baru (Ppdb) Berbasis Web Di Smk Banten Jaya,” J. Innov. Futur. Technol., vol. 3, no. 2, pp. 1–11, 2021, doi: 10.47080/iftech.v3i2.1525.
[7] R. Prayogi, K. Ramanda, C. Budihartanti, and A. Rusman, “Penerapan Metode PIECES Framework Dalam Analisis dan Evaluasi Aplikasi M-BCA,” J. Infortech, vol. 3, no. 1, pp. 7–12, 2021, doi: 10.31294/infortech.v3i1.10122.
[8] M. Pangri, S. Sunardi, and R. Umar, “Metode Pieces Framework Pada Tingkat Kepuasan Pengguna Sistem Informasi Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Sorong,” Bina Insa. Ict J., vol. 8, no. 1, p. 63, 2021, doi: 10.51211/biict.v8i1.1499.
[9] A. G. Prawiyogi, T. L. Sadiah, A. Purwanugraha, and P. N. Elisa,
“Penggunaan Media Big Book untuk Menumbuhkan Minat Membaca di Sekolah Dasar,” J. Basicedu, vol. 5, no. 1, pp. 446–452, 2021, doi:
50 10.31004/basicedu.v5i1.787.
[10] Ardiansyah, Risnita, and M. S. Jailani, “Teknik Pengumpulan Data Dan Instrumen Penelitian Ilmiah Pendidikan Pada Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif,” J. IHSAN J. Pendidik. Islam, vol. 1, no. 2, pp. 1–9, 2023, doi: 10.61104/ihsan.v1i2.57.
[11] N. Dian and L. Noersanti, “Pengaruh Komunikasi, Disiplin, Dan Motivasi Terhadap Kinerja Karyawan Bagian Produksi Pt. Extrupack Bekasi Barat,” Sekol. Tinggi Ilmu Ekon. Indones., no. 3, pp. 1–25, 2020, [Online]. Available: http://repository.stei.ac.id/1653/4/BAB 3.pdf
[12] F. Darwati, Lilis, “Analisis Pengukuran Tingkat Kepuasan Pengguna Aplikasi OVO Menggunakan Metode End User Computing Satisfaction (EUCS),” JUST IT J. Sist. Informasi, Teknol. Inf. dan Komput., vol. 12, no. 2, pp. 34– 42, 2022, [Online]. Available: https://jurnal.umj.ac.id/index.php/just-it/index
[13] B. P. dan L. miftahul Jannah, Metodologi Penelitian Kuantitatif, vol. 3, no. 2. 2016.
[14] M. S. Dr.Ir.Bagus Sumargo, TEKNIK SAMPLING. Jakarta: UNJ PRESS, 2020, 2020.
[15] N. Suriani, Risnita, and M. S. Jailani, “Konsep Populasi dan Sampling Serta Pemilihan Partisipan Ditinjau Dari Penelitian Ilmiah Pendidikan,” J. IHSAN J. Pendidik. Islam, vol. 1, no. 2, pp. 24–36, 2023, doi: 10.61104/ihsan.v1i2.55.
[16] A. Supriyatna and V. Maria, “Pengukuran Tingkat Kepuasan Pengguna Sistem Informasi DjpOnline Pelaporan Spt Pajak,” Pros. SNATIF, vol. 4, pp. 147– 154, 2017.
[17] S. R. Hartatik and C. Budihartanti, “Analisis Kepuasan Pengguna Terhadap Penerapan Aplikasi Go-jek Dengan Menggunakan Metode TAM,” PROSISKO J. Pengemb. Ris. dan Obs. Sist. Komput., vol. 7, no. 1, 2020, doi: 10.30656/prosisko.v7i1.1653.
[18] G. Bagus Prakoso, D. Lusiana, and Q. A’yun, “Analisis Tingkat Kepuasan Penerimaan Peserta Didik Baru Sistem Zonasi Dengan Menggunakan Metode Pieces Di Smp Negeri 1 Genteng Analysis Of The Satisfication Level Acceptance Of New Students With Zoning System Using Pieces Method At Smp Negeri 1 Genteng Sc,” J. Smart Teknol., vol. 3, no. 3, pp. 2774–1702, 2022, [Online]. Available: http://jurnal.unmuhjember.ac.id/index.php/JST 51
[19] K. Yuliana and D. Afriani, “Analisis Sistem Penerimaan Peserta Didik Baru ( PPDB ) Online SMP Negeri di Kota Banjarmasin dengan Menggunakan Model Kesuksesan Sistem Informasi Delone dan Mclean,” J. Infokam, vol. XVI, no. 1, pp. 1–12, 2020, [Online]. Available: https://amikjtc.com/jurnal/index.php/jurnal/article/view/187
[20] A. Afriyanto, E. Gernaria Sihombing, P. Studi Sistem Informasi, and S. Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Nusa Mandiri, “Inti Nusa Mandiri Deng,” vol. 14, no. 1, pp. 21–26, 2019.
[21] H. Faqih, R. Rousyati, H. Mubarok, A. T. Pangestu, and M. T. Akbar, “Implementasi Metode Pieces Framework Pada Tingkat Kepuasan Penggunaan Aplikasi Mypsb Mejasem,” J. Teknoinfo, vol. 18, no. 1, pp. 56– 62, 2024, [Online]. Available: https://ejurnal.teknokrat.ac.id/index.php/teknoinfo/article/view/33 9
[22] J. Amin, “Pengaruh Kualitas Produk, Harga, dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian Indomie di Kecamatan Tarumajaya,” Stie, vol. 1, no. 3, pp. 41–52, 2021, [Online]. Available: https://www.ejournal.stitpn.ac.id/index.php/bintang/article/view/7 6/476
[23] B. A. B. Iii and A. W. Penelitian, “Studi Pustaka Sugiyono 2019,” pp. 31–49, 2021.
[24] K. Pratama and I. K. Nuryana, “Implementasi PIECES Framework Terhadap Kepuasan Pengguna Aplikasi Investasi Reksa Dana Bibit,” JEISBI J. Emerg. Inf. Syst. Bus. Intell., vol. 04, no. 01, pp. 82–90, 2023.
[25] N. M. B. Aditya and J. N. U. Jaya, “Penerapan Metode PIECES Framework Pada Tingkat Kepuasan Sistem Informasi Layanan Aplikasi Myindihome,” J. Sist. Komput. dan Inform., vol. 3, no. 3, p. 325, 2022, doi: 10.30865/json.v3i3.3964.
[26] R. Slamet and S. Wahyuningsih, “Validitas Dan Reliabilitas Terhadap Instrumen Kepuasan Ker,” Aliansi J. Manaj. dan Bisnis, vol. 17, no. 2, pp. 51–58, 2022, doi: 10.46975/aliansi.v17i2.428.