ANALISA KUALITAS APLIKASI ONLINE TRAVEL AGENT TERHADAP PENGALAMAN PENGGUNA MENGGUNAKAN METODE USER EXPERIENCE QUESTIONNAIRE

research
  • 16 Dec
  • 2024

ANALISA KUALITAS APLIKASI ONLINE TRAVEL AGENT TERHADAP PENGALAMAN PENGGUNA MENGGUNAKAN METODE USER EXPERIENCE QUESTIONNAIRE

ABSTRAK

Hary Juni Kurniawan (11230155) - Analisa Kualitas Aplikasi Online Travel Agent Terhadap Pengalaman Pengguna Menggunakan Metode User Experience Questionnaire.

Perkembangan teknologi yang semakin maju di Indonesia saat ini memungkinkan berbagai aktivitas dilakukan secara digital, termasuk pada sektor pariwisata dan perjalanan. Saat ini, terdapat banyak aplikasi Online Travel Agent (OTA), namun yang paling umum digunakan adalah Traveloka, Tiket.com, dan Agoda. Aplikasi-aplikasi ini memiliki karakteristik yang sama, yaitu menyediakan layanan pemesanan tiket, reservasi, dan akomodasi secara online. Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan ketiga aplikasi OTA tersebut dengan menggunakan metode User Experience Questionnaire (UEQ) untuk mengukur kualitas aplikasi berdasarkan pengalaman pengguna yang dinilai melalui enam skala. Pengumpulan data dilakukan menggunakan Google Form yang dibagikan kepada pengguna aplikasi Traveloka, Tiket.com, dan Agoda, dan mendapatkan 214 responden, terdiri dari 105 responden pengguna Traveloka, 66 pengguna Tiket.com, dan 43 pengguna Agoda. Hasil analisis pengalaman pengguna dari Kuesioner UEQ menunjukkan kesan positif karena semua aplikasi mendapatkan evaluasi dengan nilai rata-rata di atas > 0,8 pada enam skala UEQ. Dari hasil perbandingan ketiga aplikasi, Agoda lebih unggul pada skala efisiensi dibandingkan dengan Traveloka dan Tiket.com walaupun mendapat responden yang lebih sedikit. Penelitian ini memberikan gambaran tentang kualitas pengalaman pengguna pada ketiga aplikasi OTA dan dapat menjadi acuan bagi pengembang aplikasi untuk meningkatkan kualitas layanannya.

Unduhan

 

REFERENSI

DAFTAR PUSTAKA

[1] H. W. Aripradono and M. Ardiansyah, “Analisa Pengaruh Kualitas Desain Website Terhadap Minat Beli Online Travel Agent,” J. Inf. Syst. Technol., vol. 4, no. 1, pp. 333–345, 2023, doi: 10.37253/joint.v4i1.6331.

[2] L. S. Saragih, “Dampak Online Travel Agent (OTA) Dalam Meningkatkan Minat Pengunjung Di Pardede Internasional Hotel Medan,” J. Online Nas., vol. 3, no. 1, p. 48, 2019, [Online]. Available: @article%7Bsaragih2019dampak,%0A title=%7BDampak Online Travel Agent (OTA) dalam Meningkatkan Pengunjung di Pardede Internasional Hotel Medan%7D,%0A author=%7BSaragih, Lenti%7D,%0A journal=%7BJournal for Business and Entrepreneurship%7D,%0A volume=%7B

[3] M. A. Kresnanto, B. T. Hanggara, and B. S. Prakoso, “Analisis Pengalaman Pengguna pada Aplikasi Mobile Booking Hotel dengan menggunakan Metode User Experience Questionnaire (UEQ) (Studi pada RedDoorz dan Airy),” J. Pengemb. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 4, no. 10, pp. 3637–3646, 2020, [Online]. Available: http://j-ptiik.ub.ac.id

[4] R. Satria, I. Ahmad, and R. D. Gunawan, “Rancang Bangun E-Marketplace Berbasis Mobile Untuk Meningkatkan Pelayanan Penjualan,” J. Inform. dan Rekayasa Perangkat Lunak, vol. 4, no. 1, pp. 89–95, 2023, doi: 10.33365/jatika.v4i1.2457.

[5] M. Jasmin, F. Ulum, and M. Fadly, “ANALISIS SISTEM INFORMASI PEMASARAN PADA KOMUNITAS BARBERSHOPS MENGGUNAKAN FRAMEWORK COBIT 5 DOMAIN DELIVER SERVICE AND SUPPORT (DSS) (Studi Kasus : Kec, Tanjung Bintang),” J. Teknol. dan Sist. Inf., vol. 2, no. 3, pp. 66–80, 2021, [Online]. Available: http://jim.teknokrat.ac.id/index.php/JTSI

[6] Indah Hartami Santi, Analisa Perancangan Sistem. Pekalongan, 2020. [Online]. Available: https://www.google.co.id/books/edition/ANALISA_PERANCANGAN_SIST EM/PHYJEAAAQBAJ?hl=id&gbpv=0

[7] H. Wasiati and Sudarmanto, “Analisis Usability Menggunakan Metode Heuristic Evaluation Pada Aplikasi Toko Online,” Upajiwa Dewantara, vol. 6, no. 1, pp. 11–30, 2022, doi: 10.26460/mmud.v6i1.12603.

[8] Febrianty, H. Hadiwijaya, and D. tr. Octafian, Pengukuran User Interface (UI) Dan User Experience (UX). Pekalongan, 2021. [Online]. Available: https://www.google.co.id/books/edition/PENGUKURAN_USER_INTERFAC E_UI_DAN_USER_EX/C-c-EAAAQBAJ?hl=id&gbpv=0

[9] L. Hendriyati, “Pengaruh Online Travel Agent terhadap Pemesanan Kamar di Hotel Mutiara Malioboro Yogyakarta,” Media Wisata, vol. 17, no. 1, pp. 1–10, 2021, doi: 10.36276/mws.v17i1.145.

[10] R. Fasabuma, H. Tolle, and S. H. Wijoyo, “Analisis Pengalaman Pengguna Aplikasi Pemesanan Tiket Bioskop menggunakan User Experience Questionnaire ( UEQ ) dan Heuristic Evaluation ( HE ),” J. Pengemb. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 4, no. 4, pp. 1324–1332, 2020.

[11] S. R. Henim and R. P. Sari, “Evaluasi User Experience Sistem Informasi Akademik Mahasiswa pada Perguruan Tinggi Menggunakan User Experience Questionnaire,” J. Komput. Terap., vol. 6, no. 1, pp. 69–78, 2020, doi: 62 10.35143/jkt.v6i1.3582.

[12] H. Dina, M. Dewi, A. Faroqi, and A. Pratama, “KLIK: Kajian Ilmiah Informatika dan Komputer Evaluasi Perbandingan Pengalaman Pengguna Computer Based Test Pada Test.co.id dan Quizizz Menggunakan Metode UEQ,” Media Online), vol. 3, no. 6, pp. 985–995, 2023, doi: 10.30865/klik.v3i6.918.

[13] M. P. I. Dr. Yunus, S.Pd.I., SISTEM PENJAMINAN MUTU PENDIDIKAN : Pengertian, Lembaga, sistem, Proses. Indramayu, 2023. [Online]. Available: https://www.google.co.id/books/edition/SISTEM_PENJAMINAN_MUTU_P ENDIDIKAN_Penger/c1rcEAAAQBAJ?hl=id&gbpv=0

[14] Djoko Adi Walujo, Titiek Koesdijati dan Yitno Utomo, PENGENDALIAN KUALITAS. Surabaya, 2020. [Online]. Available: https://www.google.co.id/books/edition/PENGENDALIAN_KUALITAS/gov UDwAAQBAJ?hl=id&gbpv=0

[15] E. Nugroho, Prinsip-prinsip Menyusun Kuesioner. Surabaya, 2018. [Online]. Available: https://www.google.co.id/books/edition/Prinsip_prinsip_Menyusun_Kuesioner /YfNqDwAAQBAJ?hl=id&gbpv=0

[16] R. Islami, S. S. Hilabi, and A. Hananto, “Analisis User Experience Aplikasi Traveloka dan Tiket.Com Menggunakan Metode User Experience Quesionnaire,” Remik, vol. 7, no. 1, pp. 497–505, 2023, doi: 10.33395/remik.v7i1.12106.

[17] A. S. Oktavia, R. W. Lestari, and A. Nugroho, “Analisis Pengalaman Pengguna Aplikasi Transportasi Umum dengan Metode User Experience Questionnaire,” J. Teknol. Dan Sist. Inf. Bisnis, vol. 6, no. 1, pp. 76–83, 2024, doi: 10.47233/jteksis.v6i1.1094.

[18] F. D. N. Annisa, J. N. U. Jaya, and S. Surmiati, “Evaluasi Pengalaman Pengguna Pada Aplikasi E-Wallet OVO dan GOPAY Dengan Metode User Experience Questionnaire,” J. Inf. Syst. Res., vol. 3, no. 3, pp. 242–251, 2022, doi: 10.47065/josh.v3i3.1527.

[19] Traveloka, Traveloka Life Your Way. 2024. [Online]. Available: https://www.traveloka.com/id-id/about-us. [20] M. N. K. Sari and J. N. Utamajaya, “Pengaruh Kualitas Website Traveloka Menggunakan Webqual 4.0 Terhadap Kepuasan Pengguna,” J. Sos. Teknol., vol. 2, no. 4, pp. 342–351, 2022, doi: 10.59188/jurnalsostech.v2i4.324.

[21] F. Giovinda, H. Ridwan, and Pusporini, “Analisis Pengaruh Harga, Promosi dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Pada Tiket. com,” Bus. Manag. Econ. Account. Natl. Semin., vol. 1, no. 1, pp. 1059–1076, 2020.

[22] Abraham B. Nomleni, Maria M. Sakunab, Fransiskus Moda, Gaudensius Djuang, and Apryanus Fallo, “Pengaruh Harga, Promosi Dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Pada Tiket.Com,” Organ. J. Econ. Manag. Financ., vol. 2, no. 2, pp. 97–106, 2023, doi: 10.58355/organize.v2i2.20.

[23] I. C. Santoso, A. Erna, and V. Megawati, “Bisma : Jurnal Bisnis dan Manajemen Pendahuluan,” BISMA J. Bisnis dan Manaj., vol. 14, no. 2, pp. 133–139, 2020.

[24] O. Meybiani, G. Faustine, and H. Siaputra, “Pengaruh Ewom Dan Online Trust Terhadap Purchase Intention Di Agoda,” J. Hosp., vol. 7, no. 2, p. 486, 2019.