ABSTRAK
Irham Alhafifi (11211637), Perancangan Sistem Survey Berbasis Web Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Pelanggan Pada PT.Erajaya
Persaingan bisnis di era sekarang ini dalam sistem penjualan semakin pesat begitu juga pelayanan yang makin berlomba lomba menjadi yang terbaik. Dalam penjualan terutama dunia retail pasti tidak asing lagi dengan namanya penjualan, dalam dunia retail apapun masalahnya pasti kembali lagi ke yang namanya sales atau penjualan dan bagaimanapun kondisi serta masalah apapun itu pasti kembali dan kembali ke sales atau penjualan karna pada hakikatnya retail adalah pasar yg pasti niat awal adalah penjualan, tapi dalam penjualan tidak selalu mulus ada keadaan penjualan naik atau turun apapun sebabnya itu bisa jadi dalam hal pelayanan atau keadaan toko bahkan masalah dari luar yg menjadi penyebab penjualan turun, seperti halnya kenyamanan konsumen saaat belanja bisa mengakibatkan penjualan turun dalam hal ini kepuasan pelanggan sangat diperlukan, dan berbagai masalah seperti review toko yang masih bergantung pada pihak ketiga yaitu google review sehingga tidak maksimal untuk kebutuhan toko apakah semua pelanggan akan review dan buka google review maka dari itu kita perlu membuat web untuk kepuasan pelanggan sendiri tanpa harus pelanggan buka google review dan berbenah untuk menjadikan pelanggan loyal dengan kepuasan, Survey berbasis web ini merupakan sistem yg memudahkan untuk pihak toko melihat data konsumen pada saat datang dan berbelanja puas atau tidak, serta melihat kekurangan pada toko dari masukan yg konsumen yang disampaikan melalui web survey ini.
DAFTAR PUSTAKA
Hidayatullah, Priyanto, Kawistara dan Jauhari Khairul. 2014. Pemograman Web. Bandung: Penerbit Informatika
IAstuti, D., dan Salisah, F. N. (2016). Analisis kualitas layanan e-commerce terhadap kepuasan pelanggan menggunakan metode e-servqual (studi kasus: Lejel home shopping pekanbaru). Jurnal Ilmiah Rekayasa dan Manajemen Sistem Informasi, 2(1), 44–49.
Deo, P. G., Sanjaya, R., dan Gandajaya, L. (2016). Analisis kualitas layanan lazada dengan menggunakan metode e-servqual dan ipa. JOURNAL OF ACCOUNT & ING AND BUSINESS STUDIES, 2(11).
Diana, D. (2015). Penerapan metode e-servqual untuk evaluasi kualitas layanan sistem informasi. Jurnal Ilmiah Matrik, 17(1), 43–52. Indriyani, M. (2017). Perlindungan privasi dan data pribadi konsumen daring pada online marketplace system. Justitia Jurnal Hukum, 1(2).
Tjiptono, F., dan Chandra, G. (2016). Service, quality dan satisfaction edisi 4. Yogyakarta: CV ANDI OFFSET.
Tobagus, A. (2018). Pengaruh e-service quality terhadap e-satisfaction pada pengguna di situs tokopedia. Agora, 6(1)
Widyanita, F. A., dkk. (2018). Analisis pengaruh kualitas pelayanan e-commerce shopee terhadap kepuasan konsumen shopee indonesia pada mahasiswa fe uii pengguna shopee.