ABSTRAK
Romlih (11211785), Analisis Kualitas Website Rumah Sakit Umum Pusat Persahabatan Dengan Metode Webqual 4.0 dan Importance Performance Analysis (IPA).
Perkembangan teknologi, informasi dan komunikasi (TIK) berkembang sangat pesat dan dinamis. Www.rsuppersahabatan.co.id, merupakan salah satu website milik pemerintah dalam bidang kesehatan yang disediakan oleh RSUP Persahabatan sebagai bentuk pelayanan ke masyarakat dalam memberikan informasi dan layanan kesehatan secara online. Sebagai rumah sakit pusat rujukan respirasi nasional serta mempunyai visi sebagai Rumah Sakit level dunia yang memiliki layanan unggulan respirasi. Tentunya banyak sekali pengguna yang mengakses website tersebut untuk mencari informasi terkait kebutuhan layanan kesehatan, pelatihan, pendidikan dan penelitian di dalam bidang kesehatan serta kedokteran. Tentu hal ini menjadi sebuah tantangan
RSUP Persahabatan untuk meningkatkan kualitas website agar dapat bersaing bukan lagi tingkat nasional melainkan dunia. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengukur kepuasan pengguna terhadap kualitas layanan website RSUP Persahabatan. Instrument yang digunakan pada penelitian ini adalah kuesioner dengan teknik simple
random sampling. Pada penelitian ini, metode yang digunakan adalah metode webqual dan IPA. Pada metode webqual terdiri dari aspek usability, information quality dan interaction quality. Pada metode IPA digunakan untuk menganalisis tingkat kesesuaian dan kesenjangan berdasarkan tingkat kepuasan dan harapan para pengguna. Hasil dari penghitungan metode IPA dapat digambarkan dengan matrix IPA yang terdiri dari empat kuadran. Dari hasil analisa pada penelitian ini, nilai kesenjangan (gap) terbesar yaitu pada aspek information quality dengan nilai rata-rata 0,41%
DAFTAR PUSTAKA
[1] “APJII: Pengguna Internet Indonesia Tembus 210 Juta pada 2022.”https://dataindonesia.id/digital/detail/apjii-pengguna-internet-indonesiatembus-210-juta-pada-2022 (accessed Nov. 01, 2022).
[2] “Jumlah Pengguna Internet Dunia Tembus 5 Miliar, Online Hampir 7 Jam Sehari.” https://tekno.kompas.com/read/2022/04/27/18320087/jumlahpengguna-internet-dunia-tembus-5-miliar-online-hampir-7-jam-sehari
(accessed Nov. 01, 2022).
[3] D. B. Napitupulu, “Evaluasi Kualitas Website Universitas XYZ Dengan Pendekata Webqual [Evaluation of XYZ University Website Quality Based on Webqual Approach],” Bul. Pos dan Telekomun., vol. 14, no. 1, p. 51, 2016, doi: 10.17933/bpostel.2016.140105.
[4] Candrianto, Kepuasan Pelanggan Suatu Pengantar, Pertama. Literasi Nusantara, 2021.
[5] C. Budihartanti, S. Rusiyati, and M. Badrul, “Evaluasi Kualitas Website Bpjs Kesehatan Menggunakan Metode Webqual Dan Importance Performance Analysis,” J. Inf. Syst. Applied, Manag. Account. Researh, vol. 3, no. 4, pp. 63–69, 2019, [Online]. Available: http://journal.stmikjayakarta.ac.id/index.php/jisamarTelp.+62-21-3905050
[6] A. A. Ihsan, U. Hidayati, and M. Mardinawati, “Analisis Kualitas Website Dengan Metode Webqual 4.0 Dan Importance Performance Analysis,” Keunis, vol. 10, no. 2, p. 29, 2022, doi: 10.32497/keunis.v10i2.3519.
[7] “Analisis,” Universitas Raharja. https://raharja.ac.id/2020/11/14/analisis/ (accessed Nov. 20, 2022).
[8] Apriyanti Widiansyah, “Pengendalian Mutu : Implementasi Manajemen Sumber Daya Manusia, Optimalisasi Fungsi Pengendalian Dalam Dunia Pendidikan,” Cakrawala-Jurnal Hum., vol. 19, no. 1, pp. 21–26, 2019.
[9] M. N. Fishendra, “Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Tamu Kliri Coffee And Space,” 2022.
[10] A. S. Lubis and N. R. Andayani, “Pengaruh Kualitas Pelayanan (Service Quality) Terhadap Kepuasan Pelanggan Pt. Sucofindo Batam,” J. Appl. Bus. Adm., vol. 1, no. 2, pp. 232–243, 2018, doi: 10.30871/jaba.v1i2.619.
[11] A. Bismo, A., Sarjono, H., & Ferian, “The Effect of Service Quality and Customer Satisfaction on Customer Loyalty: A Study of Grabcar Services in Jakarta.,” Pertanika J. Soc. Sci., 2018.
[12] A. S. Nugroho, Digital Marketing Teori dan Implementasi (Tinjauan Praktisi Digital Marketing), Pertama. Guepedia The First On Publisher In Indonesia.
[13] muh. arif, “Pengaruh Kualitas Pelayanan Menggunakan E-Commerce Terhadap K,eputusan Pembelian Studi Kasus Mahasiswa Lamaddukelleng),” JEMA Adpertisi, vol. 1, no. 2, pp. 59–77, 2020. 92
[14] M. J. Roche, A. L. Pincus, M. R. Lukowitsky, K. S. Ménard, and D. E. Conroy, “An integrative approach to the assessment of narcissism,” J. Pers. Assess., vol. 95, no. 3, pp. 237–248, 2013, doi:
10.1080/00223891.2013.770400.
[15] J. A. Martilla, And, and J. C. James, “Importance-Per Analysis,” J. Mark., vol. 41, no. 1, pp. 77–79, 2010.
[16] M. A. Athallah and K. Kraugusteeliana, “Analisis Kualitas Website Telkomsel Menggunakan Metode Webqual 4.0 dan Importance Performance Analysis,” CogITo Smart J., vol. 8, no. 1, pp. 171–182, 2022, doi: 10.31154/cogito.v8i1.374.171-182.
[17] D. Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Tindakan. 2013.
[18] “Menghitung besar sampel penelitian.” https://www.statistikian.com/2012/08/menghitung-besar-sampelpenelitian.html
[19] Suparyanto dan Rosad (2015, “Analisis Kualitas Website Laku6.com Menggunakan Metode Webqual dan Importance Performance Analysis (IPA),” Suparyanto dan Rosad (2015, vol. 5, no. 3, pp. 248–253, 2020.
[20] B. S. Santoso, M. F. Anwar, and S. Hermawati, “Analisis Kualitas Website Tribunnews.com Menggunakan Metode Webqual dan Importance Performance Analysis,” J. Pengemb. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 2, no. 4, pp. 1483–1491, 2018.
[21] “website rsup persahabatan,” 2022. https://rsuppersahabatan.co.id/beranda
[22] “Gap Analysis,” Binus University, 2014. https://qmc.binus.ac.id/2014/09/28/ga-p-a-n-a-l-y-s-i-s/ (accessed Jan. 01, 2023)