Analisa UI/UX Pada Web Pemesanan Zhu Zhu Coffee Dengan Metode User Centered Design

research
  • 30 May
  • 2024

Analisa UI/UX Pada Web Pemesanan Zhu Zhu Coffee Dengan Metode User Centered Design

ABSTRAK

Bayu Septiyanto (11220862), Analisa UI/UX Pada Web Pemesanan Zhu Zhu Coffee Dengan Metode User Centered Design

Zhu Zhu Coffee merupakan bisnis yang bergerak di bidang food and beverage. Zhu Zhu Coffee selama ini memasarkan usahanya menggunakan media social. Permasalahan yang terdapat pada kafe adalah pelanggan yang akan reservasi melalui kontak media social saat ini, meresa kesulitan untuk mengetahui dan menenntukan pemesanan tempat yang sedang tersedia atau tidak. User interface merupakan salah satu hal yang perlu diperhatikan sebelum membuat suatu sistem. Perancangan user interface yang baik dan sesuai dengan kebutuhan user akan membuat user nyaman dalam menggunakan sistem. Kemudahan dalam melakukan pemesanan produk memiliki peran sentral dalam kesuksesan pengelolaan bisnis, seiring dengan pengaruh positif terhadap profit Zhu Zhu Coffee, sebagai salah satu kafe yang diminati di Jakarta, mengejar peningkatan layanan pelanggan dengan memanfaatkan aplikasi/website. Penelitian ini berfokus pada perancangan User Experience (UX) untuk mencapai tingkat kepuasan pelanggan yang optimal melalui implementasi aplikasi/website. Metode User Centered Design (UCD) digunakan dalam pengembangan website, diharapkan dapat memberikan solusi yang dapat digunakan dengan baik oleh pengguna. Dengan adanya sistem ini, diharapkan pelayanan terhadap masyarakat dapat ditingkatkan, mendukung kesuksesan operasional Zhu Zhu Coffee, dan meningkatkan kepuasan pelanggan secara signifikan.

Unduhan

 

REFERENSI

DAFTAR PUSTAKA

[1] A. R. Setiadi and H. Setiaji, “Perancangan UI/UX menggunakan pendekatan HCD (Human-Centered design) pada website Thriftdoor,” Automata, vol. 1, no. 2, pp. 228–233, 2020.

[2] P. A. Sari, P. Widiatmaka, M. F. Y. Gafallo, A. Adiansyah, H. Supiandi, and T. Akbar, “Coffee Shop Sebagai Ruang Diskusi Bagi Masyarakat Digital Untuk Meminimalisir Berkembangnya Berita Hoax Di Kota Pontianak,” AlI’lam J. Komun. dan Penyiaran Islam, vol. 6, no. 1, p. 11, 2022, doi: 10.31764/jail.v6i1.11139.

[3] A. Y. Chandra, D. Kurniawan, and R. Musa, “Perancangan Chatbot Menggunakan Dialogflow Natural Language Processing (Studi Kasus: Sistem Pemesanan pada Coffee Shop),” J. Media Inform. Budidarma, vol. 4, no. 1, p. 208, 2020, doi: 10.30865/mib.v4i1.1505.

[4] W. Sanjaya and Fariyono, “Penerapan Metode System Usability Scale untuk Analisis UI / UX Website UMKM Lancar Jaya Food,” J. Inform. Technol. Commun., vol. 7, no. 1, pp. 59–71, 2023.

[5] P. S. Tinur, “Perancangan User Interface (UI) Berdasarkan User Experience (UX) pada Aplikasi iPusnas Menggunakan Metode User-Centered Design,” Angew. Chemie Int. Ed. 6(11), 951–952., 2021.

[6] M. P. Prabowo, “Implementasi Metode User-Centered Design Dan HumanCentered Design Pada Aplikasi Di Pt Smartfren Telecom, Tbk.,” 2022.

[7] “User Interface and User Experience (UI/UX) Design. The Geographic Information Science & Technology Body of Knowledge”, [Online]. Available: Roth, R. E. (2019). User Interface and User Experience (UI/UX) Design. The Geographic Information Science & Technology Body of Knowledge (2nd Quarter 2017 Edition), John P. Wilson (ed.). DOI: 10.22224/gistbok/2017.2.5.

[8] “Designing user experience”, [Online]. Available: Benyon, D. (2019). Designing user experience. Pearson UK.

[9] S. Setiawansyah, Q. J. Adrian, and R. N. Devija, “Penerapan Sistem Informasi Administrasi Perpustakaan Menggunakan Model Desain User Experience,” J. Manaj. Inform., vol. 11, no. 1, pp. 24–36, 2021, doi: 10.34010/jamika.v11i1.3710.

[10] D. E. C. Na and C. Hipertensiva, aplikasi pembelajaran daring dengan management system.

[11] D. L. Kaligis and R. R. Fatri, “Pengembangan Tampilan Antarmuka Aplikasi Survei Berbasis Web Dengan Metode User Centered Design. JUST IT : Jurnal Sistem Informasi, Teknologi Informasi Dan Komputer, 10(2), 106. https://doi.org/10.24853/justit.10,” JUST IT J. Sist. Informasi, Teknol. Inf. dan Komput., vol. 10, no. 2, p. 106, 2020.

[12] M. A. Muhyidin, M. A. Sulhan, A. Sevtiana, U. Catur, I. Cendekia, and K. Cirebon, “PERANCANGAN UI / UX APLIKASI MY CIC LAYANAN INFORMASI AKADEMIK MAHASISWA,” vol. 10, no. 2, pp. 208–219, 2020.

[13] Y. F. Riti, “PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI WEBSITE DENGAN KONSEP UI / UX UNTUK MENGOPTIMALKAN MARKETING PERUSAHAAN,” vol. 11, no. 3, 2023.

[14] M. Naufal, M. A.- Faruq, M. H. Aufan, U. Islam, and N. Walisongo, “PERANCANGAN UI / UX SEMARANG VIRTUAL TOURISM,” vol. 4, no. 1, pp. 43–52, 2022.

[15] D. H. Putra, M. Asfi, and R. Fahrudin, “PERANCANGAN UI / UX MENGGUNAKAN METODE DESIGN THINKING BERBASIS WEB PADA LAPORTEA COMPANY,” vol. 8, no. 1, 2021.

[16] B. R. Grande, E. Krisnanik, and S. Afrizal, “Analisis UI / UX Website Visual Jalanan Dengan Metode User -Centered Design,” Semin. Nas. Mhs. Ilmu Komput. dan Apl., vol. 2, no. September, pp. 698–708, 2021, [Online]. Available: https://conference.upnvj.ac.id/index.php/senamika/article/view/16 1/1392

[17] B. L. Iverson and P. B. Dervan, PERANCANGAN APLIKASI PEMESANAN DAN PERCETAKAN PADA PT SANGKAKALA INDAH MENGGUNAKAN METODE UCD (USER CENTERED DESIGN) BERBASIS ANDROID. 2023, pp. 7823–7830.

[18] I. Civilization, TEMA 19, and E. Domenico, “ANALISIS DAN PERANCANGAN UI/UX DENGAN METODE USER CENTERED DESIGN PADA WEBSITE DLU FERRY,” p. 6, 2021.

[19] C. Ravelino and Y. A. Susetyo, “Perancangan UI/UX untuk Aplikasi Bank Jago menggunakan Metode User Centered Design,” J. JTIK (Jurnal Teknol. Inf. dan Komunikasi), vol. 7, no. 1, pp. 121–129, 2023, doi: 10.35870/jtik.v7i1.697.

[20] A. G. Pramesti, Q. J. Adrian, and Y. Fernando, “Perancangan Ui/Ux Pada Aplikasi Pemesanan Buket Menggunakan Metode User Centered Design (Studi Kasus: Bouquet Lampung),” J. Inform. dan Rekayasa Perangkat Lunak, vol. 3, no. 2, pp. 179–184, 2022, [Online]. Available: http://jim.teknokrat.ac.id/index.php/informatika

[21] F. K. Bhakti, I. Ahmad, Q. J. Adrian, S. Informasi, F. Teknik, and U. T. Indonesia, “PERANCANGAN USER EXPERIENCE APLIKASI PESAN ANTAR DALAM KOTA MENGGUNAKAN METODE DESIGN THINKING ( STUDI KASUS : KOTA BANDAR LAMPUNG ),” vol. 3, no. 2, pp. 45–54, 2022. [22] A. I-star, “Penerapan Metode User Centered Design Pada Perancangan Pengalaman Pengguna,” 2019.

[23] I. Civilization, TEMA 19, and E. Domenico, “PENERAPAN USER CENTERED DESIGN DALAM PROSES PENGGALIAN KEBUTUHAN DENGAN MENGGUNAKAN USER EXPERIENCE QUESTIONNAIRE
(UEQ),” p. 6, 2021.

[24] Lara, “analisa usability website stmik palangkaraya menggunakan metode system usability scale,” Sekol. tinggi Manaj. Inform. dan Komput. Palangkaraya, no. 8.5.2017, pp. 2003–2005, 2022, [Online]. Available: www.aging-us.com