Perkembangan teknologi informasi dan komputer telah membawa dampak yang signifikan dalam kehidupan sehari-hari, termasuk dalam interaksi manusia dengan komputer melalui internet. Website menjadi salah satu fasilitas internet yang paling banyak digunakan, menyajikan informasi secara interaktif kepada pengguna. Namun, pentingnya evaluasi usability website tidak boleh diabaikan untuk memastikan pengalaman pengguna yang optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi usability website Behandle Operation System Customer PT. Multi Terminal Indonesia Cabang Common Area menggunakan metode System Usability Scale (SUS). Studi ini mengidentifikasi penurunan jumlah pengguna website sejak tahun 2021-2023 dan permasalahan yang dihadapi, seperti ketiadaan fitur live chat, kendala dalam mengunggah dokumen, dan kurangnya petunjuk dalam melakukan pembayaran online. Metode SUS dipilih karena kemudahan penggunaannya dan kehandalannya dalam mengevaluasi usability website. Data dikumpulkan melalui kuesioner online dan dianalisis menggunakan perhitungan SUS. Hasil penelitian menunjukkan skor rata-rata SUS sebesar 65, mengindikasikan tingkat usability yang dapat diterima. Meskipun demikian, temuan dari evaluasi ini mengarah pada rekomendasi perbaikan antarmuka pengguna, minimalkan terjadinya error, dan peningkatan kualitas layanan. Rekomendasi ini diharapkan dapat meningkatkan pengalaman pengguna dan memperbaiki nilai SUS untuk mencapai standar yang lebih tinggi. Kesimpulannya, evaluasi usability website Behandle Operation System Customer menggunakan metode SUS memberikan gambaran yang solid tentang tingkat usabilitynya. Saransaran perbaikan yang diajukan diharapkan dapat membantu dalam meningkatkan kualitas website untuk memberikan pengalaman pengguna yang lebih baik. Penting untuk terus memperhatikan kebutuhan pengguna dan melakukan evaluasi secara berkala untuk memastikan website tetap relevan dan efektif dalam memenuhi kebutuhan pengguna. Dengan demikian, website ini dapat tetap menjadi alat yang efisien dalam mendukung proses kegiatan behandle di PT. Multi Terminal Indonesia Cabang Common Area.
11220774 - Rajiv Prayoga Ririmasse
[1] A. Farzah, S. R. Oktaviana, U. Nusa Mandiri Jl Kramat Raya No, K. Senen, and K. Jakarta Pusat -DKI Jakarta, “Analisa Usability Website BAKTIKemkominfo Menggunakan System Usability Scale.”
[2] A. Wibowo Soejono, A. Setyanto, and A. Fatah Sofyan, “Evaluasi Usability Website UNRIYO Menggunakan System Usability Scale (Studi Kasus: Website UNRIYO)”, [Online]. Available: www.respati.ac.id
[3] S. Aisyah et al., “Evaluasi Usability Website Dinas Pendidikan Provinsi Riau Menggunakan Metode System Usability Scale,” Jurnal Ilmiah Rekayasa dan Manajemen Sistem Informasi, vol. 7, no. 2, pp. 125–132, 2021, [Online]. Available: https://disdik.riau.go.id.
[4] F. Galuh Sembodo, G. Fadila Fitriana, and N. A. Prasetyo, “Evaluasi Usability Website Shopee Menggunakan System Usability Scale (SUS),” 2021. [Online]. Available: http://jurnal.polibatam.ac.id/index.php/JAIC
[5] I. Made, S. Mertha, P. Satwika, A. A. Istri, and I. Paramitha, “Analisa Usability pada Website Platform Marketplace Edukasi Menggunakan Metode Heuristic Evaluation System Usability Scale,” Jurnal Krisnadana, vol. 1, no. 1, 2021, [Online]. Available: https://ejournal.catuspata.com/index.php/jkdn/index
[6] Indra Griha Tofik Isa, KANSEI ENGINEERING Dalam Perancangan Tampilan Antarmuka E-Learning, Ke-1. jawa barat: PT. Nasya Expanding Management, 2022.
[7] Rio Andika Malik and Marta Riri Frimadani, Lean UX: pemahaman dan Penerapan Metodologi Desain UI yang Efektif, Ke-1. Yogyakarta: Jejak Pustaka, 2023. Accessed: Nov. 19, 2023. [Online]. Available: https://www.google.co.id/books/edition/Lean_UX_Pemahaman_dan_Penerapan_Metodolo/kbGzEAAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=system+usability+scale+adalah&pg=PA30&printsec=frontcover
[8] Kuncoro Harto Widodo et al., PERENCANAAN TERMINAL BARANG DALAM PERSPEKTIF LOGISTIK, Ke-1. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press, 2021.
[9] SE. , MM. Prof. Dr. Herban Budi Sasono, Manajemen Pelabuhan dan Realisasi Ekspor Impor, Ke-1. Yogyakarta: Penerbit Andi, 2021.
[10] Gatot Mudjiono, Pengelolaan Hama Terpadu, Ke 1. Malang: UB Press, 2013.
[11] Eddie Rinaldy, Denny Ikhlas, and Ardha Utama, PERDAGANGAN INTERNASIONAL, Ke-1. Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2018.
[12] Koko Srimulyo, Pemasaran Informasi. Surabaya: Airlangga University Press, 2023.
[13] M. H. Dr. Zahry Vandawati Chumaida S.H., S. H. , M. H. Dr. Bambang Sugeng Ariadi, and S. H. , M. H. Hilda Yunita Sabrie, Peran Perusahaan Freight Forwarding dan Trucking dalam Meningkatkan Ekspor Ikan di Indonesia. Sidoarjo: Zifatama Jawara, 2023.
[14] Wahono Diphayana, Perdagangan Internasional, Ke-1. Yogyakarta: Deepublish, 2018.
[15] Budi Darma, STATISTIKA PENELITIAN MENGGUNAKAN SPSS (Uji Validitas, Uji Reliabilitas, Regresi Linier Sederhana, Regresi Linier Berganda, Uji t, Uji F, R2). jakarta: Guepedia, 2021.
[16] B. Dharma, STATISTIKA PENELITIAN MENGGUNAKAN SPSS. guapedia, 2021.
[17] Amin dwi purwati and Jemakmun Jemakmun, “EVALUASI USABILITY WEBSITE MENGGUNAKAN SYSTEM USABILITY SCALE ,” vol. Vol 1 no 3, no. Vol 1 No 3 (2019): Bina Darma Conference on Computer Science (BDCCS), Jan. 2019.
[18] Kunaslimah Zainurrohmah, Daniel Yeri Kristiyanto, and Darmansah Darmansah, “Evaluasi Usability Website Sistem Informasi Pelayanan Perizinan Banyumas (SIPANJIMAS) Menggunakan Metode System Usability Scale (SUS),” vol. vol 3 no 4, Jun. 2022.
[19] Melinda Nopita, Susan Dian Purnamasari, and Helda Yudiastuti, “Evaluasi Usability Website SMA PGRI 2 Palembang Menggunakan System Usability Scale (SUS),” vol. vol.6 no 3, no. Vol. 6 No. 3 (2022): November: Manajemen, Teknologi Informatika dan Komunikasi (Mantik), Nov. 2022.
[20] Valian Yoga Pudya Ardhana, “Evaluasi Usability E-Learning Universitas Qamarul Huda Menggunakan System Usability Scale (SUS),” vol. vol 3 no.1, no. Vol. 3 No. 1 (2022): RESOLUSI September 2022, Sep. 2022.