Pemesanan makanan/minuman di kantin sekolah Tunas Bangsa Cikarang saat ini dilakukan secara manual dan dalam transaksi pembayaran sudah menggunakan tapping card. Namun, ternyata terdapat beberapa masalah yang membuat proses pemesanan makanan/minuman terkendala karena waktu istirahat siswa yang sangat terbatas dan tidak sebanding dengan jumlah siswa yang akan melakukan pemesanan makanan/minuman. Sehingga dengan permasalahan ini menyebabkan beberapa siswa tidak dapat melakukan transaksi di kantin atau tidak dapat membeli makanan/minuman saat waktu istirahat. Penggunaan aplikasi kantin sekolah memiliki fokus pada ekonomisnya pemesananan makanan/minuman di kantin sekolah berbasis mobile. Hal ini membuktikan bahwa aplikasi kantin sekolah dapat memberikan solusi yang inovatif bagi perkembangan pelayanan di kantin sekolah serta memberikan tingkat kepuasan kepada pengguna.
11220081 - Reny Octora Sianturi
[1] Dumalang, J. M., Montolalu, C. E. J, and Lapihu, D., “Jurnal Ilmiah Informatika Dan Ilmu Komputer,” JIMA-ILKOM , vol. 2, no. 2, pp. 41–52, 2023.
[2] Aziz F., and Saputri, D. U. E., “Penerapan UI/UX dengan Metode Design Thinking,” J. Infortech., vol. 5, no. 1, 2023.
[3] Surachman, C. S., Andriyanto, M. R., Rahmawati, C., and Sukmasetia, P., "Implementasi Metode Design Thingking Pada Perancangan UI/UX Design Aplikasi Dagang.in, "hlm.157-169, 2023.
[4] Prayoga, D., Hayati, F., Putra, H.A.Y., Rizki, I. N dan Fithroh., “Resiko Keamanan Data Pribadi Pelanggan dalam Penggunaan Big Data,” Journal Nasional Komputasi dan Teknologi Informasi, vol. 4, no. 2, pp. 459 - 463 , 2022, http://ojs.serambimekkah
[5] Fajriati, K., and Yoraeni, A., “Perancangan UI/UX Aplikasi Pemesanan Makanan Pada UMKM Family Cathering Menggunakan Metode Design Thinking,” J. Ilmu Komp dan Bisnis., vol. XIV, no. 2a, hal. 37-42, 2023.
[6] Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2022.
[7] Lim, K. H., and Setyawati, N., “Perancangan User Experience Aplikasi Mobile Majuli Menggunakan Metode Design Thinking,” J. Infortech, vol. 3, pp. 108-123, 2022.
[8] Lutfi, L., and Sukoco, I. "Design Thinking David Kelley & Tim Brown: Otak Dibalik Penciptaan Aplikasi Gojek. Organum Jurnal Saintifik Manajemen dan Akuntansi, 02 (01) 1-11
[9] Ramadhan, D. W., Soedijono, B., and Pramono, E., “Pengujian Usability Website Time Excelindo Menggunakan System Usability Scale (SUS) (Studi Kasus : Website Time Excelindo),” J. Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Informatika, vol. 4, no. 139-147, 2023.
[10] Arifin, A., Heriyantoro, R. D., & Safitri, F. I. (2022). Sistem E-order Makanan dan Minuman dengan Client Server Berbasis Web. Jurnal Tren Bisnis Global, 2 (1), 46. http://doi.org/1038101/jtbg.v2il.490.
[11] Basatha, R., Kristianto, A., Rahmawati, T., Adiwena, B., Sutjiadi, R., Hariyanti, N. T., Wirapraja, A.,(2022). "UI/UX Design: Panduan, Teori dan Aplikasi". Ikado Press.
[12] Syahalam, R. A., (2023). UI/UX Design with Figma - Panduan Belajar UI/UX menggunakan Figma. Sanber code : ebook Digital Skill.
[13] Budiastuti, D., Dr., & Bandur, A., Ph.D. (2018). Validitas dan Reliabilitas Penelitian Dilengkapi Analisis dengan NVIVO, SPSS dan AMOS. Jakarta: Mitra Wacana Media
[14] Teknologi, I., Angelina, K., Sutomo, E., & Nurcahyawati, V. (2023). Jurnal Desain UI UX Aplikasi Penjualan dengan Menyelaraskan Kebutuhan Bisnis menggunakan Pendekatan Design Thinking using Design Thinking Approach. 5, 70-78.
[15] Gozali, N., and Nasehudin, T. S., Metode Penlitian Kuantitatif. Bandung: PUSTAKA SETIA, 2015.