SMA Islam Assyafiiyah 02 memiliki website sekolah resmi untuk memudahkan dalam membagikan informasi sekolah melalui internet. Website ini terdiri dari beberapa informasi penting sekolah seperti berita sekolah, informasi pengajar, visi misi, sejarah sekolah, dan sebagainya. Walaupun website tersebut sudah memiliki informasi dasar yang dibutuhkan, desain website tidak terlihat menarik. Halaman-halaman website terlihat monoton dan seperti template design web biasa. Design thinking merupakan suatu pendekatan yang memiliki basis solusi kreatif beralur disiplin. Metode ini menggabungkan pemikiran yang analitis dan kemampuan yang praktis serta kreatif dalam berpikir. Terdapat 5 tahapan dalam menggunakan metode ini yaitu emphatize, define, idiate, prototype, dan test. Penelitian ini menggunakan figma untuk melakukan rancangan ulang prototype website dan mendapatkan hasil bahwa rancangan ulang website tersebut berhasil membuat para responden puas dan sangat setuju sisdengan semua pernyataan yang penulis berikan dalam kuesioner. Sebelum dilakukan perbaikan, hampir semua masalah memiliki hubungan dengan tampilan website yang tidak menarik, kurang penjelasan, dan sebagainya. Setelah dilakukan perbaikan, seluruh masalah teratasi dengan baik dengan mendapatkan nilai 69.
11220646 - Abd. Mutalip
[1] N. Izzah, “Pelatihan Membuat Dan Mengelola Website Sekolah,” J. Abdimas Bina Bangsa, vol. 1, no. 2, hal. 247–256, 2020, doi: 10.46306/jabb.v1i2.40.
[2] M. A. D. Pratama, Y. R. Ramadhan, dan T. I. Hermanto, “Rancangan UI/UX Design Aplikasi Pembelajaran Bahasa Jepang Pada Sekolah Menengah Atas Menggunakan Metode Design Thinking,” JURIKOM (Jurnal Ris. Komputer), vol. 9, no. 4, hal. 980, 2022, doi: 10.30865/jurikom.v9i4.4442.
[3] A. Hidayat dan H. M. Fauziyyah, “Perancangan Desain Antarmuka Aplikasi Pembelajaran Online Berbasis Mobile Menggunakan Metode Design Thinking,” J. Tek. Inform., vol. 10, no. 1, hal. 1–10, 2022.
[4] Y. Yulius dan E. Pratama, “Metode Design Thinking Dalam Perancangan Media Promosi Kesehatan Berbasis Keilmuan Desain Komunikasi Visual,” Besaung J. Seni Desain dan Budaya, vol. 6, no. 2, hal. 111–116, 2021, doi: 10.36982/jsdb.v6i2.1720.
[5] A. thyo Priandika, D. Pasha, dan Y. Indonesian, “Analisis Tata Kelola It Dengan Domain DSS Pada Instansi Xyz Menggunakan COBIT 5,” J. Ilm. Infrastruktur Teknol. Inf., vol. 1, no. 1, hal. 7–12, 2020, doi: 10.33365/jiiti.v1i1.268.
[6] J. P. Nugraha et al., Teori Perilaku Konsumen. Pekalongan: Penerbit NEM, 2021.
[7] W. G. E. Bratha, “Literature Review Komponen Sistem Informasi Manajemen: Software, Database Dan Brainware,” J. Ekon. Manaj. Sist. Inf., vol. 3, no. 3, hal. 344–360, 2022, doi: 10.31933/jemsi.v3i3.824.
[8] N. Y. Arifin et al., Analisa Perancangan Sistem Informasi. Batam, 2021.
[9] I. H. Santi, ANALISA PERANCANGAN SISTEM. Pekalongan: Penerbit NEM, 2020.
[10] A. F. Sallaby dan I. Kanedi, “Perancangan Sistem Informasi Jadwal Dokter Menggunakan Framework Codeigniter,” J. Media Infotama, vol. 16, no. 1, hal. 48–53, 2020, doi: 10.37676/jmi.v16i1.1121.
[11] A. Wijaya, N. Hendrastuty, dan M. Ghufroni An, “Rancang Bangun Sistem Informasi Manajemen Kepegawaian (Simpeg) Berbasis Web (Studi Kasus: Pt Sembilan Hakim Nusantara),” J. Teknol. dan Sist. Inf., vol. 3, no. 1, hal. 77, 2022, [Daring]. Tersedia pada: http://jim.teknokrat.ac.id/index.php/JTSI
[12] C. Y. Setyawati et al., Sistem Informasi Manajemen: Mengelola Perusahaan Digital. Bandung: Media Sains Indonesia, 2022.
[13] S. Y. Ningsih dan N. Mahyuddin, “Desain E-Module Tematik Berbasis Kesantunan Berbahasa Anak Usia Dini di Taman Kanak-Kanak,” J. Obs. J. Pendidik. Anak Usia Dini, vol. 6, no. 1, hal. 137–149, 2021, doi: 10.31004/obsesi.v6i1.1217.
[14] R. Agustina, Y. S. Dwanoko, dan D. Suprianto, “Pelatihan Desain Logo Dan Kemasan Produk UMKM di Wilayah Sekarpuro Kecamatan Pakis Kabupaten Malang,” J. Apl. Dan Inov. Ipteks “Soliditas,” vol. 4, no. 1, hal. 69, 2021, doi: 10.31328/js.v4i1.1732.
[15] R. F. Susanto, Gen Z: Menghidupi Tantangan Transformasi (Kotak Puntung Rokok). Semarang: Universitas Katolik Soegijapranata, 2022.
[16] H. Yasin, B. Warsito, dan A. R. Hakim, Modifikasi Model Regresi Spasial. BuatBuku.com, 2021.
[17] A. Rozaq, Konsep Perancangan Sistem Informasi Bisnis Digital. Banjarmasin: Poliban Press, 2020.
[18] P. I. Permana dan A. N. Purnomo, Pemrograman Web dan Perangkat Bergerak SMK/MAK Kelas XII. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia, 2021.
[19] A. Tutu, Konfigurasi Dasar Mikrotik Menggunakan Metode GUI & CLI. Yogyakarta: Deepublish, 2020.
[20] Y. I. Putra, M. Hakiki, A. Ridoh, Fauziah, R. Fadli, dan Sundahry, KONSEP INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER. Klaten: Penerbit Lakeisha, 2022.
[21] I. H. Santi dan B. Erdani, TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL (TAM). Pekalongan: Penerbit NEM, 2021.
[22] D. E. Fitriana dan A. F. Yanto, “Analisis User Experience ( UX ) Fitur Marketplace Facebook,” J. Ekon. dan Tek. Inform., vol. 8, no. 2, hal. 47–66, 2020, [Daring]. Tersedia pada: http://ejournal.polsa.ac.id/index.php/jneti/article/view/151
[23] D. Saputra dan R. Kania, “Implementasi Design Thinking untuk User Experience Pada Penggunaan Aplikasi Digital,” Ind. Reasearch Work. Natl. Semin., vol. 13, hal. 1174–1178, 2022.
[24] N. Made Mila Rosa Desmayani, N. Wayan Wardani, P. Gede Surya Cipta Nugraha, dan G. Surya Mahendra, “Sistem Informasi Laporan Keuangan pada Salon Berbasis Website Dengan Metode SDLC,” J. Sist. Inf. dan Komput. Terap. Indones., vol. 4, no. 2, hal. 68–77, 2021, doi: 10.22146/jsikti.xxxx.
[25] M. Ronaldo dan D. Pasha, “Sistem Informasi Pengelolaan Data Santri Pondok Pesantren an-Ahl Berbasis Website,” Telefortech, vol. 2, no. 1, hal. 17–20, 2021.
[26] G. Nabila, Stephanie, dan S. Wahyuni, “Penerapan UI/UX Dengan Metode Design Thinking Pada Aplikasi Jaya Indah Perkas,” MDP Student Conf., hal. 231–238, 2022.
[27] I. P. Sari, A. H. Kartina, A. M. Pratiwi, F. Oktariana, M. F. Nasrulloh, dan S. A. Zain, “Implementasi Metode Pendekatan Design Thinking dalam Pembuatan Aplikasi HapSari, I. P., Kartina, A. H., Pratiwi, A. M., Oktariana, F., Nasrulloh, M. F., & Zain, S. A. (2020). Implementasi Metode Pendekatan Design Thinking dalam Pembuatan Aplikasi Happy Cl,” Edsence J. Pendidik. Multimed., vol. 2, no. 1, hal. 45–55, 2020.
[28] S. Maharani, D. P. Kynta, B. A. Fernando, M. Naufal, B. Putra, dan M. R. Pribadi, “Perancangan Antarmuka Pengguna Pada Aplikasi Nimblespace Dengan Menggunakan Metode Design Thinking,” Msc, hal. 313–320, 2022.
[29] R. F. Sunartama, P. Sukmasetya, dan M. Maimunah, “Implementasi Design Thinking pada UI/UX Bank Sampah Digital Banjarejo Berbasis Android,” JURIKOM (Jurnal Ris. Komputer), vol. 10, no. 2, hal. 590, 2023, doi: 10.30865/jurikom.v10i2.6078.
[30] H. Kurniawan, Pengantar Praktis Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Deepublish, 2021. [Daring]. Tersedia pada: https://www.google.co.id/books/edition/Pengantar_Praktis_Penyusunan_Instrumen_P/fLBYEAAAQBAJ?hl=id&gbpv=1
[31] M. S. Sofiyana et al., Metodologi Penelitian Pendidikan. Padang: PT. Global Eksekutif Teknologi, 2022. [Daring]. Tersedia pada: https://www.google.co.id/books/edition/Metodologi_Penelitian_Pendidikan/apZnEAAAQBAJ?hl=id&gbpv=0
[32] I. K. Sukendra dan I. K. S. Atmaja, Instrumen Penelitian. 2020.
[33] E. Masinambow, N. Solung, dan D. Polii, “Mengukur Skala Psychological Well-Being Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Para Pengusaha Online Di Masa Pandemi,” Psikopedia, vol. 2, no. 4, 2021.
[34] F. P. Sari, A. M. H. Pardede, dan Y. Maulita, “Pengelompkan populasi hewan ternak menggunakan metode (clustering),” Pros. Senat., hal. 38–46, 2021.
[35] “SMA ISLAM ASSYAFIIYAH 02,” 2023. https://smaislamassyafiiyah02.sch.id/
[36] A. A. Hidayat, Cara Mudah Menghitung Besar Sampel. Surabaya: Health Books Publishing, 2021. [Daring]. Tersedia pada: https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=qqMaEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA23&dq=sampel+adalah+merupakan&ots=9IgPR8Q0Al&sig=lzue0kfR9pt04q5Kx7MG055l15c&redir_esc=y#v=onepage&q=sampel adalahmerupakan&f=false
[37] I. T. J. Ratuanak et al., “Analisis Efektivitas Aplikasi RRI Play Go Dengan Pendekatan Metode System Usability Scale Terhadap Masyarakat Di Kota Malang,” no. September, hal. 3942–3952, 2023.
[38] A. Cesar Lanjar Utomo dan A. Sujarwadi, “Pengujian Usability Interface Sistem Informasi Bersih Pada Desa Piyungan Yogyakarta Metode System Usability Scale (SUS),” J. Sist. Informasi, Manaj. dan Teknol. Inf., vol. 1, no. 2, hal. 152–162, 2023, doi: 10.33020/jsimtek.v1i2.438.