MTsS Irsyadul Athfal merupakan sekolah lanjutan dari setelah lulus sekolah dasar, sekolah yang menerapkan kurikulum agamis dalam pembelajarnya, akan tetapi penulis menemukan permasalah sekolah yang sudah memiliki Website tetapi kurang dimanfaatkan dalam menunjang proses pembelajaran, websitenya hanya sebagai media promosi saja. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan rekomendasi sebagai bahan referensi berupa perancangan UI/UX aplikasi E-learning berupa prototype website agar dapat dikembangkan di masa yang akan datang. Pada penelitian ini penulis menggunakan pendekatan metode Design Thinking untuk dapat menghasilkan perancangan UI/UX aplikasi E-learning yang sesuai dengan kebutuhan pengguna. Terdapat beberapa proses dalam metode penelitian yaitu empathize, define, ideate, prototype, dan testing. Tahapan Analisa dan perancangan UI/UX apliaksi E-learning melalui beberapa tahap yaitu memahami suatu masalah kebutuhan pengguna, Analisa kebutuhan, Analisa solusi, pembuatan prototype kemudian dilakukan pengujian terhadap beberapa pengguna. Hasil Prototype yang telah dirancang diujikankepada 9 Responden menggunakan metode pengujian System Usability Scale (SUS). Berdasarkan pengujian yang telah dilakukan diperoleh hasil uji dengan total nilai skore SUS yaitu 83.33 atau (Grade Scale B).
11220367 - Sunaryana
[1] A. F. Lumbangaol et al., “Instrumen Penilaian Derajat Kecanggihan pada Sistem E-Learning Pendidikan Menengah Atas,” J. Educ. Instr., vol. 5, no. 1, pp. 65–73, 2022, doi: 10.31539/joeai.v5i1.3381.
[2] F. A. Sitorus et al., “Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk merumuskan kriteria dan indikator penilaian teknologi atau,” vol. 1, no. 2, pp. 116–124, 2021.
[3] E. Y. Anggraeni, Pengantar Sistem Informasi. Yogyakarta: Penerbit ANDI, 2017.
[4] D. R. Prehanto, BUKU AJARAN KONSEP SISTEM INFORMASI. surabaya: Scopindo Media Pustaka, 2020.
[5] N Y Arifin and DKK, ANALISA PERANCANGAN SISTEM INFORMASI. KOTA BATAM: Cendikia Mulia Mandiri, 2021.
[6] L. W. Santoso and DKK, Perancangan Sistem Informasi. padang: Global Eksekutif Teknologi, 2023.
[7] A. Rohman, Mudahnya Membuat Web e-Learning Berbasis Web dan Android. Jakarta: Elex Media Komputindo, 2023.
[8] N. S. SIMANJUNTAK, Pengembangan Model Pembelajaran Interaktif “Moidel” Berbasis E-Learning. GUEPEDIA, 2023.
[9] P. Suharti and DKK, Penerapan Konsep E-Learning Sekolah Dasar di Indonesia. Surabaya: UMSurabaya Publishing, 2023.
[10] W. Andriyan, S. S. Septiawan, and A. Aulya, “Perancangan Website sebagai Media Informasi dan Peningkatan Citra Pada SMK Dewi Sartika Tangerang,” J. Teknol. Terpadu, vol. 6, no. 2, pp. 79–88, 2020, doi: 10.54914/jtt.v6i2.289.
[11] A. O. Sari, A. Abdilah, and Sunarti, Buku Web Programming. Yogyakarta: GRAHA ILMU, 2019.
[12] D. Karlina and D. R. Indah, “Perancangan User Interface dan User Experience Sistem Informasi E-learning Menggunakan Design Thinking,” vol. 8, pp. 580– 596, 2022.
[13] N. K. Ningrum, I. U. W. M, and Z. Umami, “Rancang Bangun Design UI / UX pada Aplikasi PANTAU menggunakan Pendekatan Design Thinking,” vol. 15, no. 2, pp. 422–433, 2022.
[14] R. T. Haniifah, R. Aisy, K. Candra Brata, and H. Muslimah Az-Zahra, “Perancangan User Experience Mobile Learning menggunakan Metode Design Thinking (Studi Kasus : SD Negeri Wates Kabupaten Kediri),” 2021. [Online]. Available: http://j-ptiik.ub.ac.id
[15] A. C. Willyan, M. Fajar, and B. Zaman, “Analisis Dan Desain Kembali Ui Game Smartest Brain Menggunakan Metode Design Thinking,” KHARISMA Tech, vol. 17, no. 2, pp. 30–44, 2022, doi: 10.55645/kharismatech.v17i2.231.
[16] S. Nurmaharani and Heriyanto, “ANALISA DAN PERANCANGAN UI / UX APLIKASI PENJUALAN,” vol. 9, no. 1fgl, pp. 46–53, 2023.
[17] D. Meisak, Hendri, and S. R. Agustini, “Penerapan Metode Prototype Pada Perancangan Sistem Informasi Penjualan Mediatama Solusindo Jambi,” STORAGE J. Ilm. Tek. dan Ilmu Komput., vol. 1, no. 4, pp. 1–11, 2022, doi: 10.55123/storage.v1i4.1066.
[18] R. Noveandini and M. S. Wulandari, “Implementasi Model Design Thinking Pada Perancangan User Interface Aplikasi E-Learning Praktikum Biologi Di Sma,” G-Tech J. Teknol. Terap., vol. 6, no. 1, pp. 53–58, 2022, doi: 10.33379/gtech.v6i1.1252.
[19] F. Ariani, A. Taufik, and A. Arsanti, “Application Of Design Thinking Method For Ui And Ux Design In Ngajiyuk,” JISICOM (Journal Inf. Syst. Informatics Comput., vol. 6, no. 2, pp. 425–440, 2022, doi: 10.52362/jisicom.v6i2.940.
[20] D. T. Widiatmoko et al., “Perancangan UI / UX Purwarupa Aplikasi Penentu Kualitas Benih Bunga Berbasis Mobile Menggunakan Metode Design Thinking ( Studi Kasus PT Selektani ),” vol. 19, no. 1, pp. 120–136, 2022.
[21] W. Suprayogi, A. Pratama, and A. D. Indriyanti, “Perancangan Design UI / UX E-Commerce TRINITY Berbasis Website Dengan Pendekatan Design Thinking,” vol. 04, no. 01, pp. 50–61, 2023.
[22] M. Yusup, I. Ma, and S. Alam, “Perancangan User Interface Dan User Experience Fitur Customer Relationship Management ( CRM ) Pada Aplikasi Krealogi dengan Metode Design Thinking,” vol. 7, pp. 190–199, 2023.