Achmad Reza Tri Randi (11193182), Analisis dan Perancangan UI/UX pada Aplikasi Donor darah Menggunakan Metode Design Thinking.
Donor darah memiliki peran krusial dalam menjaga kesehatan masyarakat, namun di Indonesia, kesadaran dan pengetahuan tentang donor darah masih terbatas. Meskipun aplikasi donor darah sudah tersedia, respon terhadap kebutuhan mendesak masih belum optimal. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan aplikasi donor darah berbasis teknologi dengan fokus pada desain UI/UX untuk meningkatkan kesadaran, partisipasi, dan tanggung jawab dalam kegiatan donor darah. Penelitian ini menggunakan pendekatan Design Thinking untuk memahami kebutuhan pengguna secara mendalam. Analisis mendalam dilakukan terhadap perilaku dan preferensi pengguna terkait donor darah. Hasil analisis kemudian digunakan untuk merancang UI/UX yang informatif, mudah dinavigasi, dan menarik bagi pengguna. Prototipe aplikasi dikembangkan dengan desain UI/UX inovatif yang diharapkan dapat memberikan informasi yang relevan, meningkatkan keterlibatan pengguna, dan mendorong partisipasi dalam kegiatan donor darah. Desain ini juga memungkinkan respon yang cepat terhadap kebutuhan mendesak. Diharapkan penelitian ini dapat menghasilkan aplikasi donor darah yang efektif dalam meningkatkan kesadaran, partisipasi, dan tanggung jawab masyarakat dalam kegiatan donor darah.
Kata Kunci : Donor darah, UI/UX, Prototype, Design Thinking
11193182 Achmad Reza Tri Randi
[1] Kemenkes, “Kenali Donor Darah Dan Beragam Manfaatnya,” Kementrian Kesehatan Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan, 2023. https://yankes.kemkes.go.id/view_artikel/2181/kenali-donor-darah-danberagam-manfaatnya (accessed Nov. 01, 2023).
[2] “Hari Donor Darah Sedunia: Memberikan Darah, Menyelamatkan Nyawa,” Perpustakaan Pusat Universitas Brawijaya. https://lib.ub.ac.id/en/news/indonesia-hari-donor-darah-sedunia/ (accessed Nov. 02, 2023).
[3] dr. Nitish Basant Adnani BMedSc MSc, “Manfaat Donor Darah bagi Penerima dan Pendonor,” klikdokter, 2018. https://www.klikdokter.com/infosehat/darah/manfaat-donor-darah-bagi-penerima-dan-pendonor (accessed Nov. 02, 2023).
[4] A. Nugraheni, “Keterbatasan Informasi Jadi Hambatan Orang untuk Donor Darah,” kompas, 2021. https://www.kompas.id/baca/metro/2021/06/13/keterbatasan-informasi-jadihambatan-orang-untuk-donor-darah (accessed Nov. 02, 2023).
[5] Y. Nukti, “Nurirwansyah Putra, Tak Kenal Lelah Menjadi Penggerak Donor Darah,” yuniarinukti.com, 2023. https://yuniarinukti.com/13928/nurirwansyah-putra-tak-kenal-lelah-menjadipenggerak-donor-darah (accessed Nov. 03, 2023).
[6] S. Widi, “Stok Darah di Indonesia Sebanyak 77.438 Kantong per 14 Juni 66 2023,” DataIndonesia.id, 2023. https://dataindonesia.id/ragam/detail/stokdarah-di-indonesia-sebanyak-77438-kantong-per-14-juni-2023 (accessed Nov. 02, 2023).
[7] A. Lira, R. Pannyiwi, Y. Sima, and R. A. Rahmat, “Pkm donor darah,” pp. 2– 5, 2022.
[8] A. A. I. Putri Wahyuni, “Apa Saja Keuntungan Donor Darah, Yuk Kita Cek!,” Kementrian Kesehatan Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan, 2023. https://yankes.kemkes.go.id/view_artikel/2637/apa-saja-keuntungan-donordarah-yuk-kita-cek (accessed Nov. 04, 2023).
[9] “Apa Itu Mobile Apps? Ini Dia Pengertian, Jenis, dan Contohnya,” arvis, 2023. https://www.arvis.id/insight/apa-itu-mobile-apps/
[10] H.-Y. Wang, C. Liao, and L.-H. Yang, “What Affects Mobile Application Use? The Roles of Consumption Values,” Int. J. Mark. Stud., vol. 5, no. 2, pp. 11–22, 2013, doi: 10.5539/ijms.v5n2p11.
[11] R. H. Z. Y. U. Rusmawan, Membuat Aplikasi Mobile dengan Appsmakerstore. Elex Media Komputindo, 2020. [Online]. Available: https://books.google.co.id/books?id=GcrTDwAAQBAJ
[12] R. D. E. Putra, “Rancang Bangun Aplikasi Pemesanan Online Tiket Bioskop Berbasis Mobile,” no. May, p. 14, 2022.
[13] D. Calonaci, Designing User Interfaces: Exploring User Interfaces, UI Elements, Design Prototypes and the Figma UI Design Tool (English Edition). Bpb Publications, 2021. [Online]. Available: https://books.google.co.id/books?id=gMA5EAAAQBAJ
[14] S. Lastiansah, Pengertian User Interface. Jakarta: PT. Elex Media. Komputindo, 2012.
[15] Ferdianto, “Mengenal Lebih Dalam mengenai User Interface dan User Experience,” Binus University, 2022. https://sis.binus.ac.id/2022/04/26/mengenal-lebih-dalam-mengenai-userinterface-dan-user-experience/
[16] W. . O. Galitz, An Introduction to GUI Design Principles and Techniques. New York, NY, USA: John Wiley & Sons, 2002. [Online]. Available: https://books.google.com.my/books?id=Q3Xp_Awu49sC&dq=visual+interfac e+but+also+voice+interface+ergonomics&lr=&source=gbs_navlinks_s
[17] G. Desideria and Y. Bandung, “User efficiency model in usability engineering for user interface design refinement of mobile application,” J. ICT Res. Appl., vol. 14, no. 1, pp. 16–33, 2020, doi: 10.5614/itbj.ict.res.appl.2020.14.1.2.
[18] J. J. Garret, The Elements of User Experience: User-Centered Design for the Web and Beyond. Berkeley, 2011.
[19] A. G. Mirnig, A. Meschtscherjakov, D. Wurhofer, T. Meneweger, and M. Tscheligi, “A formal analysis of the ISO 9241-210 definition of user experience,” Conf. Hum. Factors Comput. Syst. - Proc., vol. 18, pp. 437–446, 2015, doi: 10.1145/2702613.2732511.
[20] B. Coleman and D. Goodwin, Designing UX: Prototyping. SitePoint Pty. Limited, 2017. [Online]. Available: https://books.google.co.id/books?id=12xCzQEACAAJ
[21] H. Joo, “A study on understanding of UI and UX, and understanding of design 68 according to user interface change,” Int. J. Appl. Eng. Res., vol. 12, pp. 9931– 9935, Jan. 2017.
[22] C. Müller-Roterberg, Handbook of Design Thinking. 2018.
[23] A. Swarnadwitya, “Design Thinking: Pengertian, Tahapan dan Contoh Penerapannya,” Binus University. https://sis.binus.ac.id/2020/03/17/designthinking-pengertian-tahapan-dan-contoh-penerapannya/
[24] I. D. F.- IxDF, “What is Design Thinking,” Interaction Design Foundation - IxDF. https://www.interaction-design.org/literature/topics/design-thinking (accessed Nov. 08, 2023).
[25] R. Wolniak, “SYSTEMY WSPOMAGANIA W IN?YNIERII PRODUKCJI In?ynieria Systemów Technicznych,” Syst. Wspomagania W In?ynierii Prod. , vol. 6, no. 6, pp. 247–255, 2017.
[26] J. Samuel, “Empathy Map?: Tahap Pertama Memulai Design Thinking,” Binus University. https://sis.binus.ac.id/2021/03/12/empathy-map-tahap-pertamamemulai-design-thinking/
[27] F. Firlyana, “User Persona: Definisi, Tujuan, dan Jenisnya.,” DailySocial, 2023. https://dailysocial.id/post/user-persona
[28] J. Hannah, “What Exactly Is Wireframing? A Comprehensive Guide,” Careerfoundry, 2023. https://careerfoundry.com/en/blog/ux-design/what-is-awireframe-guide/#:~:text=Not dissimilar to an architectural blueprint%2C a wireframe,information architecture%2C user flow%2C functionality%2C and intended behaviors.
[29] M. Rouse, “User Flow,” Technopedia, 2016. 69 https://www.techopedia.com/definition/31852/user-flow
[30] K. Y. Saputra, I. M. A. Suyadnya, and I. bagus A. Swamardika, “Rancang Bangun Aplikasi Komunitas Donor Darah Berbasis Web Dan Android Yang Dilengkapi Layanan Informasi Geografis,” E-Journal SPEKTRUM, vol. 3, no. 2, pp. 77–83, 2016.
[31] A. A. Loujien, Z. A. Anwari, and ..., “Penginputan Data Donor Darah PMI Menggunakan Aplikasi Berbasis Website,” J. …, vol. 1, no. 1, pp. 1–6, 2022, doi: 10.56854/jtik.v1i1.30.
[32] K. H. Lim and N. Setiyawati, “Perancangan User Experience Aplikasi Mobile Majuli Menggunakan Metode Design Thinking,” J. Inf. Technol. Ampera, vol. 3, no. 2, pp. 108–123, 2022, doi: 10.51519/journalita.volume3.isssue2.year2022.page108-123.
[33] Y. R. Handayanto and K. E. Dewi, “Development of Blood Donor Application Using Geofencing and Firebase Technology on Android Platform,” 2019.
[34] C. Agus Sugianto and T. Muhammad Zundi, “Rancang Bangun Aplikasi Donor Darah Berbasis Mobile di PMI Kabupaten Bandung,” KOPERTIP J. Ilm. Manaj. Inform. dan Komput., vol. 1, no. 1, pp. 11–18, 2017, doi: 10.32485/kopertip.v1i1.5.