Analisa Penilaian UI/UX Sistem Informasi Pinjaman Online Dengan Metode Heuristic Evaluation Pada PT. Standford Teknologi Indonesia

research
  • 19 Feb
  • 2024

Analisa Penilaian UI/UX Sistem Informasi Pinjaman Online Dengan Metode Heuristic Evaluation Pada PT. Standford Teknologi Indonesia

Desi Elia Tabah Penemuan (11180376). Analisa Penilaian UI/UX Sistem Informasi Pinjaman Online Dengan Metode Heuristic Evaluation Pada PT. Standford Teknologi Indonesia.

Saat ini banyak platform pinjaman online yang digunakan oleh masyarakat. Mudahnya persyaratan, pengaplikasian data, serta pencairan dana secara instan menjadi salah satu alasan masyarakat untuk lebih memilih pinjaman online daripada pinjaman di bank. Salah satu aplikasi pinjaman online adalah aplikasi PinjamDuit yang dibawah naungan PT. Standford Teknologi Indonesia. Sistem Informasi aplikasi secara teknis dapat didefinisikan sebagai seperangkat komponen yang saling berhubungan untuk mendukung pengambilan keputusan dan mendorong perusahaan. Seiring berjalannya pengoperasian tentu memungkinkan munculnya permasalahan uang mencakup user interface maupun user experience. Untuk mengukur kepuasan dan kenyamanan pengguna terhadap aplikasi PinjamDuit bisa melakukan pengujian usability dengan menggunakan metode heuristic evaluation. Metode heuristic evaluation merupakan metode yang digunakan untuk menemukan kesalahan pada desain antarmuka berdasarkan 10 prinsip heuristic evaluation.

Kata Kunci: Pinjaman Online, User Interface dan User Experience, Heuristic Evaluation

Unduhan

  • 110. 11180376.pdf

    Desi Elia Tabah Penemuan 11180376

    •   diunduh 112x | Ukuran 1,070 KB

 

REFERENSI

[1] A. Avindra, C. Metta Cahyani, and L. R. Ningsih, “Rancangan UI/UX Aplikasi Analytics Pada Toko Online Wao.Sneakers Menggunakan Aplikasi Figma,” J. Digit. Ecosyst. Nat. Sustain., vol. 1, no. 2, pp. 2798–6179, 2021

[2] Aef Herosandian “Perencanaan Strategis Dan Teknologi Informasi Di Sekolah Tinggi,” MDP Student 2014, pp121-134

[3] A. Ikhwan, D. Nofriansyah, and Sriani, “Penerapan Data Mining dengan Algoritma Fp-Growth untuk mendukung Strategi Promosi Pendidikan ( Studi Kasus Kampus STMIK Triguba Dharma),” Saintikom, vol. 14, no. 3, pp. 211– 226, 2015.

[4] Aliet Septiani, “Perancangan Design UI/IX PENJUALAN BAJU ONLINE PADA ALIT SHOP BERBASIS WEB,” Peranc. Des. UI/IX PENJUALAN BAJU ONLINE PADA ALIT SHOP Berbas. WEB, pp. 6–18, 2017.

[5] N. D. Supriyono, A. Aziz, and W. Harianto, “Analisis User Interface dan user experience Pada Game Perang Komando Menggunakan Heuristic Evaluation,” Semnas SENASTEK Unikama2019, vol. 2, 2019.

[6] Y. Septisni, E. Arribe, and R. Diansyah, “Analisis Kualitas Layanan Sistem Informasi Akademik Universitas Abdurrab Terhadap Kepuasan Pengguna Menggunakan Metode Sevqual (Studi Kasus: Mahasiswa Universitas Abdurrab Pekanbaru),” J. Teknol. Dan Open Source, vol. 3, no. 1, pp. 131-143, 2020.

[7] C. Ayetulloh, H. Kuswara, N. Palasara, M. Fernando, and Z. R. Karim, “ANALISA BISNIS LIMBAH PADA CV. DUTA GEMILANG JAYA,” J. Inf. Syst. Informatics Comput, vol. 5, no. 1, pp. 99-110, 2021.

[8] premata, “ANALISIS UI/UX PADA SISTEM INFORMASI AKADEMIK UNIVERSITAS SRIWIJAYA DENGAN MENGGUNAKAN METODE HEURISTIC EVALUATION,” ????

??, 2019. [9]N. Dalimunthe, F. Nazari, and K. Purba, “Evaluasi Website Pemko Pekanbaru Menggunakan Metode Heuristic Evaluation,” J. Ilm. Rekayasa Dan Manaj. Sist. Inf. vol.5, no. 2, pp. 1-175, 2020. 62

[10] N. L. P. A. Wedayanti, N. K. A. Wirdiani, and I. K. A. Purnawan, “Evaluasi Aspek Usability Pada Aplikasi Simalu Menggunakan Metode Usability Testing,” J. Ilm. Merpati (Menara Penelit. Akad Teknol. Informasi), pp. 113- 124, 2019.

[11] S. Auliaddina, A. A. Puteri, and I. F. Anshori, “Perbandingan Analisa Usability Desain User Interface Pada Website Shopee dan Bukalapak Menggunakan Metode Heuristic Evaluation,” Technol. J. Ilm, vol. 12, no. 3, pp. 188-192, 2021.

[12] E. Supriyanto and N. Ismawati, “Sistem Informasi Fintech Pinjaman Online Berbasis Web,” J. Sist. Informasi, Teknol. Inf. dan Komput, 2019.