Melati Monica Meilina (11180357), Analisis Kualitas Website Menggunakan Metode Webqual 4.0 Studi Kasus SIPPP Kota Bekasi.
Website SIPPP Kota Bekasi merupakan Sistem Informasi Pelaporan Polisi Pamong Praja, sebuah situs web pengaduan masyarakat. SIPPP merupakan aplikasi yang memudahkan masyarakat untuk melaporkan keadaan di lingkungannya kepada Satpol PP. Website ini untuk diciptakan bersama dengan Diskominfostandi untuk meningkatkan pelayanan masyarakat dalam bidang keamanan dan ketertiban umum. Pelayanan website milik pemerintah perlu dilakukan analisa terhadap kepuasan penggunanya, untuk mengetahui kualitas dari layanan sistem informasi tersebut. Untuk mencapai hasil website yang lebih baik di masa depan diperlukan sebuah pengembangan dari segi informasi maupun layanan sehingga menghasilkan kuliatas website yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Dalam penelitian ini, kualitas dari SIPPP Kota Bekasi diukur menggunakan metode Webqual 4.0 sebagai tolak ukur pengembangan sistem dari website tersebut yang terdapat 3 variabel yang mencangkup penilaian pada kualitas kegunaan, kualitas informasi dan kualitas interaksi. Webqual 4.0 metode untuk mengukur kualitas website Data didapat dari penyebaran kuesioner dengan kriteria skala likert. Dari hasil dari penghitungan 3 variabel tersebut, dilakukan uji Chi Square untuk mengetahui pengaruh variabel tersebut terhadap kepuasan pengguna website.
Kata kunci: Analisis Kualitas, Website, Webqual 4.0
Melati Monica Meilina 11180357
[1] R. Hermawati, “SISTEM INFORMASI PENGADUAN DAN MONITORING KEGIATAN PADA DINAS SATUAN POLISI PAMONG PRAJA KABUPATEN BALANGAN BERBASIS WEB.” Universitas Islam Kalimantan MAB, 2022.
[2] V. No and M. Webqual, “PENGGUNA APLIKASI MYARS MENGGUNAKAN,” vol. 9, no. 2, pp. 214–222, 2021, doi: 10.35508/jicon.v9i2.5273.
[3] H. Alifiarga, “Penerapan metode webqual 4.0 pada pengukuran kualitas website pencarian kerja (studi kasus: Jobstreet).” Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah …, 2019.
[4] N. M. Widyaningsih, “ANALISIS KEPUASAN PENGGUNA WEBSITE JURNAL ONLINE MENGGUNAKAN WEBQUAL (STUDI KASUS: BULETIN PENELITIAN SISTEM KESEHATAN).” Institut Teknologi Sepuluh Nopember, 2018.
[5] T. Wijayanti, F. Nugraha, and A. P. Utomo, “Rancang Bangun Sistem Manajemen Pengelolaan Pengaduan Masyarakat Di Kabupaten Kudus,” J. Comput. Inf. Syst. Ampera, vol. 3, no. 1, pp. 56–65, 2022.
[6] S. Syaifullah and D. O. Soemantri, “Pengukuran kualitas website menggunakan metode webqual 4.0 (studi kasus: Cv. Zamrud multimedia network),” J. Ilm. Rekayasa dan Manaj. Sist. Inf., vol. 2, no. 1, pp. 19–25, 2016.
[7] F. Romadhon, “Aplikasi Layanan Pengaduan Masyarakat Berbasis Android dengan Bantuan Teknologi Google Maps API (Studi Kasus: Kantor Satuan Polisi Pamong Praja Kulon Progo).” University of Technology Yogyakarta, 2019.
[8] J. R. Soeprapto and M. Kuning, “Analisis Kualitas Layanan Website SIKMB menggunakan Metode Webqual 4.0 (Studi Pada BP Batam),” vol, vol. 6, p. 15, 2019.
[9] J. Sinuraya, “Pengukuran Kualitas Website Dengan Metode WebQual 4 . 0 ( 40 Studi Kasus Website Politeknik Negeri Medan ),” vol. 06, pp. 51–59, 2019.
[10] R. de L. E. Padmowati and A. T. Buditama, “Aplikasi Perangkat WebQual 4.0 Untuk Pengukuran Kualitas Sistem Informasi Student Portal Unpar,” 2019.
[11] N. T. W. Swara and N. Oktaviani, “Analisis Kualitas Layanan Website Ppdb Sma Negeri 2 Palembang Terhadap Kepuasan Pengguna Dengan Penerapan Metode Webqual 4.0,” in Bina Darma Conference on Computer Science (BDCCS), 2019, pp. 959–967.
[12] A. R. Adam, “Analisi Pengukuruan Kualitas Layanan Website Pedulilindungi Menggunakan Metode Webqual 4.0,” Pros. SNST Fak. Tek., vol. 12, no. 1, pp. 245–252, 2022.
[13] I. Imron, “Analisis Kualitas Website Terhadap Kepuasan Pengguna dengan Metode Webqual 4.0 Studi Kasus: Rumah Wisata Keramik F. Widayanto Depok,” J. Ilm. Inform. Glob., vol. 10, no. 1, 2019.
[14] S. Juniantoro, I. P. Wardhani, and A. R. Kardian, “Perhitungan Persentase User Interface Website Portal Berita Menggunakan Metode Skala Likert,” J. Ilm. KOMPUTASI, vol. 21, no. 1, pp. 63–70, 2022.
[15] A. Mustopa, S. Agustiani, S. K. Wildah, and M. Maysaroh, “Analisa Kepuasan Pengguna Website Layanan Akademik Kemahasiswaan (LYKAN) UBSI Menggunakan Metode Webqual 4.0,” Perspekt. J. Ekon. dan Manaj. Akad. Bina Sarana Inform., vol. 18, no. 1, pp. 75–81, 2020.
[16] S. C. Wibisono, A. Hamzah, and U. Lestari, “Analisis Kualitas Final Proyek Website Milik Bank Boyolali Terhadap Pengguna Akhir (Metode WebQual 4.0),” J. Jarkom, vol. 3, no. 1, pp. 47–55, 2015.
[17] R. A. Pamungkas, E. Alfarishi, E. Aditiarna, A. Muklhisin, and R. F. A. Aziza, “Analisis Kualitas Website SMK Negeri 2 Sragen dengan Metode Webqual 4.0 dan Importance Performance Analysist (IPA),” J. Media Inform. Budidarma, vol. 3, no. 1, p. 17, 2019.
[18] D. Menggunakan, M. Webqual, A. Razby, and E. Dazki, “245 | Fakultas Teknik Universitas Wahid Hasyim,” pp. 245–252, 2022. 41
[19] V. H. Pranatawijaya and R. Priskila, “Pengembangan Aplikasi Kuesioner Survey Berbasis Web Menggunakan Skala Likert dan Guttman. 5 (November), 128–137.” 2019.
[20] I. M. Sari, R. Efendi, and L. Chairani, “Hubungan Sistem Pembelajaran Daring dengan Kesehatan Mental Orang Tua di Era COVID-19?: Uji Chi-Square dan Dependency Degree,” pp. 624–631, 2020.