MMBC Tour and Travel memiliki peran penting sebagai alat bantu bagi pengguna dalam merencanakan perjalanan wisata dan mengakses informasi terkait reservasi tiket pesawat, Kereta, Bus, Ferfy, pembayaran tagihan, pengisian saldo E-Money dan masih banyak lainnya. Permasalahn yang terjadi ialah desain antar muka yang lebih memfokuskan pada keindahan dari sebuah tampilan dalam hal ini masih ada kekurangan dalam bagian user interface seperti sering terjadi error ketika selesai melakukan transaksi ataupun tidak sesuai dengan yang diinginkan. Sedangkan kekurangan pada user experience ialah pengalaman penguna dalam menjalankan aplikasi dimana tampilan aplikasi pada aplikasi android tidak menyesuaikan dengan layar hp, harga tiket tidak update dan harus memita kode OTP setiap isi Emoney. Pada penelitian ini bertujuan untuk melaksakan evaluasi pada aplikasi MMBC Tour and Travel supaya memberikan pengalaman pengguna yang optimal, aspek User Interface (UI) dan User Experience (UX) perlu diperhatikan dengan cermat, agar pengguna aplikasi merasa nyaman dalam penggunaannya. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan metode Heuristic Evaluation dari Jacob Nielsen dengan 10 kriteria usability yaitu variabel visibility of system status, match between system and the real world, user control and freedom, consistency and standards, recognition rather than recall, flexibility and efficiency of use, aesthetic and minimalist design, help users recognize, diagnose and recover from errors, help and documentation. Hasil dari penelitian ditemukan ada 5 permasalahan serta 5 rekomendasi perbaikan yang dilakukan dalam bentuk perbaikan user interface dan perbaikan pada konten aplikasi MMBC.
11213330 - JOJO SAIDE PASARIBU
[1] Muslim Hasbiyalloh, Deni Ahmad Jakaria “Aplikasi Penjualan Barang Perlengkapan Hand Phone Di Zildan Cell Singaparna Kabupaten Tasikmalaya” JUMANTAKA Vol 1. No. 1 (2018) 61 – 70
[2] Elisabet Yunaeti Anggraeni Dan Rita Irviana. (2017). “Pengantar Sistem Informasi”. Penerbit Andi
[3] H. Himawan dan M. Yanu F. (2020). “User Interface Experience” Yogyakarta : penerbit UPN Veteran.
[4] Tristiyanto, A. R. Irawati, D. Kurniawan, R.A. Arba. (2020) “Evaluasi Heuristik pada Aplikasi Terampil untuk Optimalisasi User Interface dan User Experience,” Jurnal Pepadun Vol.1 No.1, pp.109-119
[5] R. Firmansyah,(2018) “Usability Testing Dengan Use Questionnaire Pada Aplikasi Sipolin Provinsi Jawa Barat” Jurnal Swabumi, Vol. 6 No.1, Pp. 1–7.
[6] B.R. Suteja, A. Harjoko (2018)“ Perancangan User Interface E-Learning Berbasis Web” Seminar Nasional Informatika ISSN: 1979-2328
[7] D. Vincensius dan B. Wasito (2019).”Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Point Of Sales pada CV.Sanjaya Abadi” Jurnal informatika dan bisnis
[8] J.H.P Sitorus, M. Sakban (2021) “Perancangan Sistem Informasi Penjualan Berbasis Web Pada Toko Mandiri 88 Pematangsiantar” JBI Vol.5 No. 2
[9] Ikhsan, H. Kurniawan.(2019). “Implementasi Sistem Kendali Cahaya dan Sirkulasi Udara Ruangan Dengan Memanfaatkan dan Menkrokontroler Atmega8”, Jurnal Teknoif Vol.3 No.1 ISSN: 2338-2724
[10] A. Oktafina, F.A. Jannah, M.F. Rizky, M.V. Ferly, Y.D. tangtobing, S.R. Natasia (2021). “Evaluasi Usibility Website Menggunakan Metode Heuristic Evaluation”. Antivirus Vol.15 No.2, pp. 134-146
[11] M. M. Ansor, T.Sagirani. T, Amelian. T (2020). Analisis Dan Perancangan User Interface Marketplace Hidroponik Berbasis Lean UX (Studi Kasus Perani Hidroponik Di Kabupaten Banyuwangi). JSIKA Vol. 9, No. 1. ISSN 2338-137X
[12] I.G. A. A. D. Indrayani, I P.A. Bayupati, I.M.S. Putra, “Analisis Usability Aplikasi Ibadung Menggunakan Heuristic Evaluation Method” Jurnal Ilmiah Merpati Vol. 8 No. 2 Agustus 2020
[13] N.S. Alam, R.A. Siswanto dan J. Utama (2018). “Perancangan UI/UX Mobile Aplikasi Perhitungan dan Pembayaran Zakat”.
[14] G.N. Said (2020). “Analisis Elemen Visual Pada Median Kampanye Sosial”16 Days of Activism Against Gender-Based Violence””
[15] P. Krisnayani, I. K. R. Arthana And I. G. M. Darmawiguna, "Analisa Usability Pada Website UNDIKSHA Dengan Menggunakan Metode Heuristic Evaluation," Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika (KARMAPATI), Vol. 5, No. 2, 2016.
[16] B. Aulia, M.C. Saputra, A.Pinandito “ Analisis Usability Pada Website Universitas Brawijaya Dengan Heuristic Evaluation” JTIIK Vol.3 No.3. September 2019.
[17] I.G. A. A. D. Indrayani, I P.A. Bayupati, I.M.S. Putra, “Analisis Usability Aplikasi Ibadung Menggunakan Heuristic Evaluation Method” Jurnal Ilmiah Merpati Vol. 8 No. 2 Agustus 2020
[18] T. Wahyunigrum. (2021). “Mengukur Usability Perangkat Lunak” Yogyakarta: Penerbit Deepublish.
[19] T. J. Maulani, Suprapto, A.R. Perdanakusuma (2021) “Evaluasi User Experience Menggunakan Metode Usability Testing Dan User Experience Questionnaire (UEQ)” Vol 5, No 6 E-ISSN:2548-964X
[20] Sugiyono (2013)“Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D” Bandung : Penerbit Alfabeta
[21] E. Roflin, I.A. Liberty dan Pariyana. (2021). “Populasi, Sampel dan Variabel” Penerbit NEM
[22] Resa,K R N.Wardani (2022) “User Interface Dan User Experience Website BPKAD Provinsi Sumatera Selatan Menggunakan Metode Heuristic Evaluation” Vol.4, No.2 Page 88-99 ISSN : 2656-7407
[23] A. O. Sari, A. Abdilah dan Sunarti. (2019).” Web Programming” Jakarta : Penerbit Graha Ilmu
[24] M.R. Masitoh, H.A. Wibowo, K. Ikhsan (2019)“Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pelanggan, Dan Kepercayaan Merek Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Pengguna Aplikasi Mobile Shopee” Jurnal Sains Manajemen Vol 5 No 1
[25] Saraswati, A.A. Sudana, A.Wirdiana (2020) “Perancangan User Interface Dan User Experience Berbasis Web Pada SIMRS Modul Sarana Dan Prasarana” JITTER Vol 1, No 2
[26] A. Munawir (2021) “Pengaruh Kecepatan Transaksi Terhadap Kepuasan Pelanggan PT Marga Mandala Sakti Pada Gerbang Tol Serang Timur” Jurnal Simasi Vol 1, No 1, DOI Issue : 10.46306/Sm.V1i1
[27] P. Jojo (2023) “Analisis UI/UX Pada Apalikasi MMBC Tour and Travel Menggunakan Mentode Heuristic Evaluation”
[28] Y.T.Utami, A. Pramudani, A.R. Irawati dan D. Kurniawan (2023) “Implementasi Heuristic Evaluation Untuk Analisis User Experience (UX) pda Virtual Class Universitas Lampung” JIMASIA, vol 3, No 1
[29] E. Susilo, “Cara Menggunakan System Usability Scale (SUS) Pada Evaluasi Usability,” 2019, [online]. Available : https://www.edisusilo.com/caramenggunakan-system-usabilityscale/#google_vignette