Analisa Usability Testing Pada Aplikasi Mobile Banking Untuk Kepuasan Pengguna

research
  • 15 Feb
  • 2024

Analisa Usability Testing Pada Aplikasi Mobile Banking Untuk Kepuasan Pengguna

Dwi Cahyo Putra (11212974), Analisa Usability Testing Pada Aplikasi Mobile Banking Untuk Kepuasan Pengguna

Perkembangan teknologi saat ini telah menciptakan dunia baru dalam melakukan bisnis dengan teknologi baru untuk mengelola dan mengatur. Kemudahan yang ditawarkan menjadikan aplikasi berbasis mobile ini sebagai sarana yang dapat membuat proses bisnis lebih efisien pada suatu organisasi. Adapun permasalahan yang diambil yaitu Kepuasan pengguna terhadap aplikasi mobile banking,Variabel yang mempengaruhi kepuasan pengguna. Serta menggunakan beberapa variabel dalam penelitian ini yaitu understandability, learnability, operability, attractiveness, dan satisfaction. Segala kemudahan ini dikemas dan ditawarkan oleh bank dengan layanan mobile banking. Karena itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kepuasan pengguna pada ketiga aplikasi mobile banking tersebut, dan juga variabel yang mempengaruhi kepuasan penggunanya dengan analisa usability testing. Dari hasil penelitian ini, diketahui pada Digibank Mobile dan BNI Mobile, variabel yang mempengaruhi kepuasan adalah attractiveness, sedangkan understandability, operability dan learnability tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan atau satisfaction. Pada BCA Mobile, variabel learnability mempunyai pengaruh terhadap kepuasan pengguna, sedangkan operability, understandability dan attractiveness tidak berpengaruh signifikan.

Kata Kunci: Mobile Banking, Kepuasan, Usability

Unduhan

  • 57. 11212974.pdf

    Dwi Cahyo Putra 11212974

    •   diunduh 194x | Ukuran 600 KB

 

REFERENSI

[1] A. W. A. Wibowo, “Analisis Usabilitas Pada Aplikasi Mandiri Online,” J@ti Undip J. Tek. Ind., vol. 15, no. 1, p. 11, 2020, doi: 10.14710/jati.15.1.11-19.

[2] S. Kasus, Kepuasan Penggunaan Sistem Informasi Kepuasan Penggunaan Sistem Informasi. 2018.

[3] L. Belakang, “TEKNOLOGI INFORMASI DAN PENGARUHNYA TERHADAP TINGKAT KECEMASAN BEKERJA KARYAWAN DI BANK,” vol. III, no. 2, pp. 47–59, 2019.

[4] N. Nurdin, I. Musyawarah, N. Nurfitriani, and A. Jalil, “Pengaruh Pelayanan Mobile Banking Terhadap Kepuasan Nasabah (Studi Pada Mahasiswa Perbankan Syariah IAIN Palu),” J. Ilmu Perbank. dan Keuang. Syariah, vol. 2, no. 1, pp. 87–104, 2020, doi: 10.24239/jipsya.v2i1.24.87-104.

[5] I. Mahardhika, H. Kusumawardhana, N. H. Wardani, and A. Reza, “Evaluasi Usability Pada Aplikasi BNI Mobile Banking Dengan Menggunakan Metode Usability Testing dan System Usability Scale ( SUS ),” vol. 3, no. 8, pp. 7708– 7716, 2019.

[6] A. R. Dewi and A. Fauzi, “Analisa usability testing pada aplikasi mobile dompet digital untuk mengukur kepuasan pengguna”.

[7] A. Putri and A. D. Indriyanti, “Evaluasi Usability Aplikasi BTN Mobile dengan Metode User Experience Questionnaire dan Heuristic Evaluation,” J. Emerg. Inf. Syst. Bus. Intell., vol. 3, no. 2, pp. 49–59, 2022.

[8] S. Anwar, E. R. Yulia, P. S. Informasi, and U. N. Mandiri, “Sistem informasi staff loan and documentation (sladu) pada pt. bank dbs indonesia,” vol. 1, no. 2, pp. 49–56, 2020.

[9] R. Firmansyah, “USABILITY TESTING DENGAN USE QUESTIONNAIRE PADA APLIKASI SIPOLIN PROVINSI JAWA BARAT,” vol. 6, no. 1, pp. 1– 7, 2018.

[10] N. A. Murti, “ANALISIS USABILITY TESTING PADA APLIKASI TRANSPORTASI ONLINE UNTUK,” vol. 7, no. 1, pp. 19–24, 2020.

[11] K. Mata, “Analisis Usability Pada Aplikasi Mobile Pemeriksa,” vol. 8, no. 2, 2021.

[12] D. Putri Sekti Ari and L. Hanum, “Pengaruh Kualitas Pelayanan Website Djp Terhadap Kepuasan Pengguna Dengan Modifikasi E Govqual,” Profit, vol. 15, no. 01, pp. 104–111, 2021, doi: 10.21776/ub.profit.2021.015.01.11.

[13] K. Benuf, S. Mahmudah, and E. A. Priyono, “Perlindungan Hukum Terhadap Keamanan Data Konsumen Financial Technology Di Indonesia,” Refleks. Huk. J. Ilmu Huk., vol. 3, no. 2, pp. 145–160, 2019, doi: 10.24246/jrh.2019.v3.i2.p145-160.

[14] I. Imron, “Analisa Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Menggunakan Metode Kuantitatif Pada CV. Meubele Berkah Tangerang,” Indones. J. Softw. Eng., vol. 5, no. 1, pp. 19–28, 2019, doi: 10.31294/ijse.v5i1.5861.

[15] A. P. Tarigan, D. S. Tanjung, and D. Anzelina, “Pengaruh Metode Pembelajaran Sq3R Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Tema Indahnya Kebersamaan Kelas Iv Sdn 040549 Pebulan,” J. Handayani, vol. 11, no. 2, pp. 1–10, 2020.