ANALISA UI UX WEBSITE PADA PAPAYA FRESH GALERRY MENGGUNAKAN METODE DESIGN THINKING

research
  • 13 Feb
  • 2024

ANALISA UI UX WEBSITE PADA PAPAYA FRESH GALERRY MENGGUNAKAN METODE DESIGN THINKING

Papaya Fresh Gallery belum memiliki website yang modern dan responsif untuk memenuhi kebutuhan pelanggan dan meningkatkan branding perusahaan di era digital saat ini. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui permasalahan yang ada pada website Papaya Fresh Food Gallery, dan kekurangan pada website, mengembangkan dan mengimplementasikan solusi praktis dari permasalahan tersebut, dan mengevaluasi hasil penerapan.metode yang digunakan adalah metode Design Thinking Sebuah pendekatan penyelesaian masalah berbasis solusi yang hanya berfokus pada pengalaman pengulangan pengguna. Emphatize, Define, Ideate, Prototype, dan Test adalah lima langkah dalam metode yang digunakan.pengembangan website, seperti analisis kebutuhan pelanggan, desain tampilan website yang responsif dan menarik. desain tampilan website yang responsive dan menarik juga penting untuk menarik minat pelanggan dan memperkuat brand perusahaan. Pemanfaatan teknologi e-commerce pada website membantu meningkatkan efisiensi proses transaksi dan memudahkan pelanggan dalam berbelanja online. Metode design thinking pada perancangan website Papaya Fresh Gallery menghasilkan user interface (UI) dan user experience (UX) yang cukup friendly bagi pengguna. Metode design thinking dapat dilakukan pada desain website maupun aplikasi dengan melakukan pendekatan secara mendalam dan sesuai kebutuhan pengguna Perancangan tampilan antarmuka situs website Papaya Fresh Gallery masih dalam tampilan website sehingga diharapkan adanya rancangan tampilan antarmuka dalam tampilan mobile.

Unduhan

 

REFERENSI

[1] A. Sing and R. R. M. Salim, “Rancang Bangun Website Penjualan Sanitary Hardware (Studi Kasus: PT. World Class),” Pros. Semin. Nas. Ris. …, vol. 2, pp. 38–43, 2020, [Online]. Available: http://tunasbangsa.ac.id/seminar/index.php/senaris/article/view/142

[2] L. Vinet and A. Zhedanov, “A ‘missing’ family of classical orthogonal polynomials,” J. Phys. A Math. Theor., vol. 44, no. 8, pp. 1689–1699, 2011, doi: 10.1088/1751-8113/44/8/085201.

[3] R.R. Rerung, Pemrograman Web Dasar. Yogyakarta: Deepublish, 2018.

[4] J. S. P. Tyoso, Sistem Informasi Manajemen. Yogyakarta: Deepublish, 2016.

[5] Enterprise J, Mengenal Pemrograman Database. Jakarta: PT Elex Media Komputindo, 2015.

[6] P. Rani, A. Permana, and E. Karunia, “FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUASAN PELANGGAN BERDASARKAN BAURAN PEMASARAN PADA SUPERMARKET K-STORE KRAKATAU JUNCTION Rani Puspa , 2 ) Angrian Permana , 3 ) Erika Karunia Email : [email protected] Email : [email protected] ABSTRAK Variabel dalam,” J. Bina Bangsa Ekon., vol. 13, no. 02, pp. 208–216, 2020.

[7] H. Nurfauziah and D. Setiyawati, “SISTEM INFORMASI SEKOLAH BERBASIS WEB PADA MADRASAH DINIYAH AL-IZDIHAR,” vol. 8, no. 2, pp. 62–72, 2022.

[8] R. Ulfa, “‘Mengukur Kepuasan Pengguna Sistem Informasi Bimbingan Konseling (E-BK) Menggunakan System Usability Scale (SUS) Di SMK Negeri 1 Banda Aceh.pdf,’” Univ. Islam Negeri Ar-Raniry, 2021.

[9] A. S. Wijaya, “Prototyping Strategies,” 2019, [Online]. Available: https://sis.binus.ac.id/2019/04/09/prototyping-strategies/ (accessed July 17, 2023).

[10] M. A. Muhyidin, M. A. Sulhan, and A. Sevtiana, “Perancangan Ui/Ux Aplikasi My Cic Layanan Informasi Akademik Mahasiswa Menggunakan Aplikasi Figma,” J. Digit, vol. 10, no. 2, p. 208, 2020, doi: 10.51920/jd.v10i2.171.

[11] D. M. Arifin et al., “Implementasi Prinsip Desain Antarmuka pada Purwarupa Website Edukasi Bencana,” Semin. Nas. Apl. Teknol. Inf., pp. 11–2018, 2018.

[12] Tiawan, N. S. Azwar, A. Fauzi, A. Zachry, and V. Virginia, “‘How To Be A UX/UI Designer?,’” BERNAS J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 2, no, pp. 541–545, 2021, doi: 10.31949/jb.v2i2.863.

[13] and P. J. C. C. K. E. Bay Brix Nielsen, J. Daalhuizen, “‘Defining The Behavioural Design Space,’” Int. J. Des, vol. 15, p. no. 1, pp. 1–16, 2021.

[14] M. Naufal, M. A.- Faruq, M. H. Aufan, U. Islam, and N. Walisongo, “Perancangan Ui / Ux Semarang Virtual Tourism,” vol. 4, no. 1, pp. 43–52, 2022.

[15] M. B. Wiryawan, “User Experience (Ux) sebagai Bagian dari Pemikiran Desain dalam Pendidikan Tinggi Desain Komunikasi Visual,” Humaniora, vol. 2, no. 2, p. 1158, 2011, doi: 10.21512/humaniora.v2i2.3166.

[16] N. Aulia, S. Andryana, and A. Gunaryati, “User Experience Design Of Mobile Charity Application Using Design Thinking Method,” Sisfotenika, vol. 11, no. 1, p. 26, 2020, doi: 10.30700/jst.v11i1.1066.

[17] J. K. Baderan and R. E. Indrajit, “Design Thinking: Membangun Generasi Emas dengan Konsep Merdeka Belajar,” 2020.

[18] M. N. Winnarto, I. Yulianti, and A. Rahmawati, “Penerapan Framework Codeigniter Pada Pengembangan Website E-Commerce Batik Tulis HR Ambar,” Swabumi, vol. 9, no. 1, pp. 1–8, 2021, doi: 10.31294/swabumi.v9i1.9813.

[19] B. Bunardi, D. S. Naga, and D. Arisandi, “Pengembangan Aplikasi ECommerce Produk Lokal Dan Data Kependudukan Pada Desa Giritengah, Borobudur,” Comput. J. Comput. Sci. Inf. Syst., vol. 3, no. 1, p. 77, 2019, doi: 10.24912/computatio.v3i1.4274.

[20] S. Nurmaharani and Heriyanto, “Analisa Dan Perancangan Ui/Ux Aplikasi Penjualan Menggunakan Metode Design Thinking Pada Cv. Multi Ban Oto Servis Bekasi,” INFOTECH J., vol. 9, no. 1, pp. 46–53, 2023, doi: 10.31949/infotech.v9i1.4393.

[21] Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta. 2014.

[22] R. A. Fadhallah, Wawancara. UNJ Press, 2021.