Andhika Eka Prasetya (11172032), Perancangan UI/UX Management Inventory Berbasis Website dengan Metode Design Thinking.
Management Inventory (manajemen inventori) sudah menjadi suatu pekerjaan yang wajib dimiliki dan dilakukan oleh perusahaan food and beverage, tidak hanya perusahaan tersebut, semua perusahaan dagang yang memiliki stok atau barang wajib memiliki management inventory guna untuk menghindari kesalahan pada pengelolaan barang dan memaksimalkan pendapatan bagi perusahaan tersebut. PT. Wangsa Sequoia Group adalah perusahaan yang bergerak pada bidang food and beverage yang mempunyai 3 cabang di DKI Jakarta. Walaupun sudah ada 3 cabang, permasalahan management inventory belum terselesaikan. Hal ini dikarenakan PT Wangsa Sequoia Group masih menggunakan cara manual untuk menghitung barang yang ada sehingga menyebabkan adanya kesalahan pada data. Seperti contoh, ketidaksamaan barang yang tersedia di cabang dan data yang ada pada divisi gudang. Selain itu, penulisan pada catatan stok yang terkadang sulit dibaca menjadi hal yang menyebabkan kekeliruan atau kesalahan. Dengan adanya perancangan management inventory berbasis website ini dirancang untuk dapat mengelola seluruh data-data yang pada sistem sehingga meminimalisir kesalahan melalui perancangan tampilan website yang dibuat. Penulis melakukan perancangan design website menggunakan metode design thinking dengan menggunakan aplikasi figma. User interface dan user experience diperlukan untuk mengetahui bagaimana kebutuhan pengguna saat memakai website yang akan dirancang untuk membantu pekerjaan agar lebih mudah. Perancangan ini menggunakan metode design thinking dengan melakukan pre-test yang disebar pada 64 responden karyawan PT Wangsa Sequoia Group. UI menggunakan penilaian System Usability Scale dengan hasil grade D dan pre-test UX dengan hasil 27,4. Dilakukan penilaian kembali menggunakan Maze untuk pengalaman pengguna dengan hasil skor 72 yang berarti jauh diatas pre-test sebelumnya.
Kata Kunci: Management Inventory, UI/UX, Website, Design Thinking.
Andhika Eka Prasetya 11172032
[1] N. Sukmadinata, Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2013.
[2] A. Aslizadeh, “Online) An Open Access,” Aslizadeh, 2014. [Online]. Available: www.cibtech.org/sp.ed/jls/2014/04/jls.htm
[3] Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2015.
[4] B. Harsanto, Dasar Ilmu Manajemen Operasi. Bandung: UNPAD Press, 2013.
[5] E. Herjanto, Manajemen Operasi, Revisi. Jakarta: Gramedia, 2015.
[6] V. I. Silalahi, “ANALISIS PENERAPAN SISTEM MANAJEMEN PERSEDIAAN BAHAN BAKU,” Jurnal Ekonomi dan Bisnis, vol. 19, no. 2, 2020.
[7] G. Ben and L. Baston, Interfaces. United Kingdom: Girton College. University of Cambridge, 2014.
[8] J. Brooke, Usability Evaluation in Industry, 1st ed. CRC Press, 2020.
[9] J. Satzinger, R. Jackson, and S. Burd, System Analysis and Design, 6th ed. Boston: Joe Sabatino, 2015.
[10] R. Margaret, “Mobile UI (Mobile User Interface),” TechTarget.
[11] R. Roth, “User Interface and User Experience (UI/UX) Design,” Geographic Information Science & Technology Body of Knowledge, vol. 2017, no. Q2, Apr. 2017, doi: 10.22224/gistbok/2017.2.5.
[12] H. Loranger, “UX Without User Research is Not UX,” Nielsen Norman Group.
[13] A. H. Fauzi and I. Sukoco, “Konsep Design Thinking pada Lembaga Bimbingan Belajar Smartnesia Educa,” Jurnal Saintifik Manajemen dan Akutansi, vol. 2, no. 1, pp. 37–45, 2019, doi: 10.35138/organu.
[14] S. Gibbons, “Design Thinking 101,” Nielsen Norman Group.
[15] H. Bekti, Mahir Membuat Website dengan Adobe Dreamwaver CS6, CSS dan JQuery. Yogyakarta: ANDI, 2015.
[16] S. Sebok, M. Vermaat, S. Freund, J. Campbell, and M. Frydenberg, “Discovering Computers: Digital Technology, Data and Devices,” in Discovering Computers: Digital Technology, Data and Devices, 16th ed., Cengage Learning, 2018, pp. 70–75.
[17] M. N. M. Al-Faruq, S. Nur’aini, and M. H. Aufan, “PERANCANGAN UI/UX SEMARANG VIRTUAL TOURISM DENGAN FIGMA,” Walisongo Journal of Information Technology, vol. 4, no. 1, pp. 43–52, Aug. 2022, doi: 10.21580/wjit.2022.4.1.12079.
[18] L. Nurlaela, A. Dharmalau, D. Nong, and T. Parida, “RANCANGAN SISTEM INFORMASI INVENTORY BARANG BERBASIS WEB STUDI KASUS PADA CV. LIMOPLAST,” vol. 2, no. 5, 2020.
[19] A. O. Pranoto and E. Sediyono, “Perancangan Sistem Informasi Inventaris Barang Berbasis Web,” Jurnal Teknik Informatika dan Sistem Informasi, vol. 7, no. 2, Aug. 2021, doi: 10.28932/jutisi.v7i2.3597.
[20] J. S Pasaribu, “Development of a Web Based Inventory Information System,” International Journal of Engineering, Science and Information Technology, vol. 1, no. 2, pp. 24–31, Mar. 2021, doi: 10.52088/ijesty.v1i2.51. 77
[21] D. Haryuda Putra, M. Asfi, and R. Fahrudin, “PERANCANGAN UI/UX MENGGUNAKAN METODE DESIGN THINKING BERBASIS WEB PADA LAPORTEA COMPANY,” 2021.
[22] I. P. Sari, A. H. Kartina, A. M. Pratiwi, F. Oktariana, M. F. Nasrulloh, and S. A. Zain, “Implementasi Metode Pendekatan Design Thinking dalam Pembuatan Aplikasi Happy Class Di Kampus UPI Cibiru,” Edsence: Jurnal Pendidikan Multimedia, vol. 2, no. 1, pp. 45–55, Jun. 2020, doi: 10.17509/edsence.v2i1.25131.
[23] G. Nabila and S. Wahyuni, MDP STUDENT CONFERENCE (MSC) 2022 Penerapan UI/UX Dengan Metode Design Thinking Pada Aplikasi Jaya Indah Perkas.
[24] S. Oktafiani, N. H. Matondang, and R. Wirawan, “Sistem Informasi Manajemen Inventory Barang Gudang Berbasis Website Pada Bariklie Collection,” JOINS (Journal of Information System), vol. 7, no. 2, pp. 178–189, Nov. 2022, doi: 10.33633/joins.v7i2.6888.
[25] A. Avindra, C. Metta Cahyani, and L. R. Ningsih, “Rancangan UI/UX Aplikasi Analytics Pada Toko Online Wao.Sneakers Menggunakan Aplikasi Figma,” 2021.
[26] S. Robbins and T. Judge, Perilaku Organisasi (Organizational Behavior), 12th ed. Jakarta: Salemba Empat, 2014.