Fiqrotul Munawaroh (11220546), Analisis Kepuasan Pengguna Website Gratis Kabeh dengan Metode System Usability Scale (SUS) di Desa Kedungwuluh Kidul
Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) memegang peranan penting dalam segala bidang, termasuk bidang pemerintahan. Salah satu kabupaten administratif yang menggunakan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dalam bidang pemerintahan yaitu DINDUKCAPIL Kabupaten Banyumas. Salah satu implementasi E-Goverment Pemerintah Banyumas adalah website Gratis Kabeh sebagai bentuk layanan administrasi kependudukan yang dibawahi oleh Dindukcapil kepada masyarakat Banyumas dalam pengurusan dokumen kependudukan secara online. Dalam memastikan efektivitas efisiensi, dan kepuasan pengguna atas website, maka perlu dilakukan evaluasi dan penilaian atas website tersebut. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis kepuasan penggunaan website Gratis Kabeh. Pada penelitian ini menggunakan metode System Usability Scale (SUS). Hasil evaluasi penelitian ini, yaitu hasil evaluasi wawancara dan kuesioner diperoleh skor SUS total 7142,5 dengan rata-rata 72,88. Hal ini menunjukkan total skor SUS pada website Gratis Kabeh tersebut masuk dalam kategori "Acceptable" berdasarkan acceptability ranges dan termasuk dalam grade "C" berdasarkan grade scale. Hasil ini menunjukkan bahwa website Gratis Kabeh dapat diterima oleh pengguna dan telah memenuhi standar nilai rata-rata usability yang ditetapkan dan dengan nilai tersebut website Gratis Kabeh terbilang layak untuk digunakan.
Kata Kunci : Kepuasan Pengguna, Website Gratis Kabeh, System Usability Scale (SUS)
Fiqrotul Munawaroh 11220546
[1] J. Mantik et al., “Analisis Kesuksesan Sistem Informasi Website Dukcapil (Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil) Ogan Ilir, Menggunakan Model DeLone and McLean,” Online, 2022.
[2] I. Setiawan, R. Waluyo, D. Fortuna, and I. I. Fitriani, “Pelatihan Penggunaan Pelayanan Online Administrasi Kependudukan (Aplikasi GRATIS KABEH) bagi Ibu PKK Desa Beji,” Madani?: Indonesian Journal of Civil Society, vol. 4, no. 2, pp. 50–56, 2022, doi: 10.35970/madani.v1i1.1320.
[3] L. Triana Adi, S. Fajarwati, I. Yunita Romadoni, and G. Setyaningsih, “ANALISIS KESUKSESAN WEBSITE GRATIS KABEH DENGAN PENDEKATANDELONE AND MCLEAN,” vol. 5, no. 1, Apr. 2023, Accessed: Jun. 19, 2023. [Online]. Available: https://ejournal.unuja.ac.id/index.php/jeecom/article/view/5825
[4] A. DS and R. Sanjaya, “Analisis Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pengguna Aplikasi MyARS Menggunakan Metode Webqual 4.0,” Jurnal Komputer dan Informatika, vol. 9, no. 2, pp. 214–222, 2021, doi: 10.35508/jicon.v9i2.5273.
[5] V. Y. P. Ardhana, “Mengukur Tingkat Kepuasan Pengguna SIGESIT Kabupaten Bima Menggunakan System Usability Scale Dan Pieces Framework,” JURIKOM (Jurnal Riset Komputer), vol. 9, no. 5, p. 1479, Oct. 2022, doi: 10.30865/jurikom.v9i5.4955.
[6] R. D. Prehanto, BUKU AJAR KONSEP SISTEM INFORMASI, No. 241/JTI/2019. Surabaya: Scopindo Media Pustaka, 2020.
[7] A. Frisdayanti, “PERANAN BRAINWARE DALAM SISTEM INFORMASI MANAJEMEN,” JEMSI, vol. 1, no. 1, 2019, doi: 10.31933/JEMSI.
[8] L. Ariyanti, M. N. D. Satria, and D. Alita, “Sistem Informasi Akademik Dan Administrasi Dengan Metode Extreme Programming Pada Lembaga Kursus Dan Pelatihan,” Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi, vol. 1, no. 1, pp. 90– 96, 2020, doi: 10.33365/jtsi.v1i1.214.
[9] Aji P. Ranggi, Waluyo R, Afiana N.F, and Setiawan I., “Pembekalan Teknis Pelayanan Online Administrasi KependudukanBagi Relawan Milenial Melawan Pandemi Covid 19,” Pembekalan Teknis Pelayanan Online Administrasi KependudukanBagi Relawan Milenial Melawan Pandemi Covid 19, vol. 2, no. 2, pp. 37–42, Aug. 2020, doi: 10.35970/madani.v1i1.286.
[10] V. Yoga Pudya Ardhana, “Evaluasi Usability E-Learning Universitas Qamarul Huda Menggunakan System Usability Scale (SUS),” Journal of Informatics, Electrical and Electronics Engineering, vol. 2, no. 1, pp. 5–11, Sep. 2022, [Online]. Available: https://djournals.com/jieee
[11] W. Welda, D. M. D. U. Putra, and A. M. Dirgayusari, “Usability Testing Website Dengan Menggunakan Metode System Usability Scale (Sus)s,” International Journal of Natural Science and Engineering, vol. 4, no. 3, p. 152, Nov. 2020, doi: 10.23887/ijnse.v4i2.28864.
[12] I. Mahardhika, H. Kusumawardhana, N. Hendrakusma Wardani, and A. R. Perdanakusuma, “Evaluasi Usability Pada Aplikasi BNI Mobile Banking Dengan Menggunakan Metode Usability Testing dan System Usability Scale (SUS),” Aug. 2019. [Online]. Available: http://j-ptiik.ub.ac.id
[13] R. Dewi and B. Daulay, “Pengembangan Instrumen Tes Passing Bolavoli Berbasis Digital,” Juni, vol. 4, no. 1, pp. 9–16, 2020, [Online]. Available: https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jpsi/index
[14] Y. Asni and D. Irfan, “ANALISIS KEPUASAN PENGGUNA DALAM PEMANFAATAN E-LEARNING PADA MASA PANDEMI COVID-19 MENGGUNAKAN METODE END USER COMPUTING SATISFACTION (EUCS) DI SMK N 2 PARIAMAN,” 2022. [Online]. Available: http://javit.ppj.unp.ac.id
[15] M. Hamdan Romadhon and Y. Yudhistira, “Sistem Informasi Rental Mobil Berbsasis Android Dan Website Menggunakan Framework Codeigniter 3 Studi Kasus?: CV Kopja Mandiri,” 2021. [Online]. Available: www.journal.peradaban.ac.id
[16] Y. Septiani, E. Arribe, and R. Diansyah, “ANALISIS KUALITAS LAYANAN SISTEM INFORMASI AKADEMIK UNIVERSITAS ABDURRAB TERHADAP KEPUASAN PENGGUNA MENGGUNAKAN METODE SEVQUAL (Studi Kasus?: Mahasiswa Universitas Abdurrab Pekanbaru),” JURNAL TEKNOLOGI DAN OPEN SOURCE, vol. 3, no. 1, pp. 131–143, 2020.
[17] L. Amanda, F. Yanuar, and D. Devianto, “UJI VALIDITAS DAN RELIABILITAS TINGKAT PARTISIPASI POLITIK MASYARAKAT KOTA PADANG,” Matematika UNAND, vol. VIII, no. 1, pp. 179–188, 2019.
[18] M. Lulu, L. Usman1 , and A. Gustalika2 , “Pengujian Validitas dan Reliabilitas System Usability Scale (SUS) Untuk Perangkat Smartphone,” ECOTIPE, vol. 9, no. 1, pp. 19–24, Apr. 2022.
[19] T. Dan, A. Yudianto, and I. Artikel, “PENGARUH MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 KEDOKAN BUNDER KABUPATEN INDRAMAYU,” Jurnal Pendidikan Indonesia, vol. 2, no. 1, 2021.