Diar Pangestu (11213343), Analisis dan Perancangan Desain UI/UX Aplikasi Shopee Menggunakan Metode Design Thinking.
Penggunaan teknologi informasi kini semakin pesat seiring berjalannya waktu. Hal ini menjadikan banyak perusahaan dituntut untuk menghadapi persaingan yang semakin hari semakin ketat terlebih disituasi pasca pandemi ini. Penjualan merupakan sektor penggerak yang banyak dijalani oleh perusahaan di indonesia. Aplikasi Shopee adalah salah satu e-commerce yang menyediakan banyak sekali produk sehari-hari. Shopee sudah berjalan cukup lama di Indonesia dan memiliki jumlah pengguna yang tidak sedikit. Melihat persaingan yang kompetitif tidak menjadikan Shopee berhenti untuk berkembang. Shopee selalu mencari cara untuk terus mempertahankan penggunanya seperti memberikan banyak promo belanja, gratis ongkir, voucher, dan game-game menarik yang dapat meramaikan aplikasinya. Akan tetapi, dari sektor tampilan desain aplikasinya masih terkesan ribet dan sulit dipahami karena terlalu ramai. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui motif rumit yang dialami pengguna dengan melihat berdasarkan tingkat kepuasannya. Dengan metode design thingking dalam menganalisis aplikasi ini, pengembangan tampilan desain tampak terasakan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa motif yang mendasari pengguna dalam menggunakan aplikasi Shopee adalah motif informasi dan kepuasan informasi yang banyak diperoleh. Hal tersebut bisa dilihat dari total nilai skor pada tahapan akhir metode ini. Dari pengolahan data pada skor akhir memperoleh nilai 85, dan disimpulkan bahwa rancangan tersebut sudah acceptable, grade B, dan excellent.
Kata Kunci : Aplikasi Shopee, Metode Design Thinking, UI/UX
Diar Pangestu 11213343
[1] P. Periamsyah, S. Subhan, and A. Syahab, “Analisis sistem E-Commerce Pada Perusahaan Marketplace Mobile Shopee Indonesia,” Proceeding Semin. Nas. Sist. Inf. dan Teknol. Inf., vol. 1, no. 1, pp. 565–569, 2018, [Online]. Available: http://www.sisfotenika.stmikpontianak.ac.id/index.php/sensitek/article/view/31 5
[2] F. G. Sembodo, G. F. Fitriana, and N. A. Prasetyo, “Evaluasi Usability Website Shopee Menggunakan System Usability Scale (SUS),” J. Appl. Informatics Comput., vol. 5, no. 2, 2021, doi: 10.30871/jaic.v5i2.3293.
[3] A. Ahdiat, “Ini Pertumbuhan Pengunjung Shopee sampai Kuartal II 2022,” Databoks, p. 2022, 2022, [Online]. Available: https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/11/21/ini-pertumbuhanpengunjung-shopee-sampai-kuartal-ii-2022
[4] J. F. Wawolumaja, “JURNAL PENGARUH USER EXPERIENCE (UX) DESIGN TERHADAP KEMUDAHAN PENGGUNA DALAM MENGGUNAKAN APLIKASI CARSWORLD,” J. Acta Diurna, vol. 17, no. 1, 2021, doi: 10.20884/1.actadiurna.2021.17.1.3813.
[5] S. Nurmaharani and Heriyanto, “Analisa Dan Perancangan Ui/Ux Aplikasi Penjualan Menggunakan Metode Design Thinking Pada Cv. Multi Ban Oto Servis Bekasi,” INFOTECH J., vol. 9, no. 1, pp. 46–53, 2023, doi: 10.31949/infotech.v9i1.4393.
[6] A. P. Sakti, R. S. Sianturi, and A. P. Kharisma, “Evaluasi User Experience Aplikasi Mobile Belanja Online dengan Metode Design Thinking (Studi Kasus Lazada),” J. Pengemb. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 6, no. 7, pp. 3499– 3508, 2022.
[7] R. Layn and S. Kahar, “Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika,” J. Math Educ. Nusant., vol. 03, no. 02, pp. 59–145, 2017.
[8] Allan, “Pembangunan Sistem Informasi Terpadu Pemerintah Daerah Kabupaten Paser,” J. Inform. Mularwan, vol. 5, no. 2002, pp. 5–22, 2005, [Online]. Available: http://ejournals.unmul.ac.id/index.php/JIM/article/view/27
[9] M. A. Hidayat, “Desain Iklan Pada Marketplace Untuk Menarik Minat Konsumen ( Studi Iklan Online Shop Shopee ),” Desain Iklan Pada Marketpl. Untuk Menarik Minat Konsum. ( Stud. Iklan Online Shop Shopee ), vol. 1, no. 3, p. 6, 2019.
[10] D. Haryuda, M. Asfi, and R. Fahrudin, “Perancangan UI/UX Menggunakan Metode Design Thinking Berbasis Web Pada Laportea Company,” J. Ilm. Teknol. Infomasi Terap., vol. 8, no. 1, pp. 111–117, 2021, doi: 10.33197/jitter.vol8.iss1.2021.730.
[11] E. T. Alawiah, “Rancangan Aplikasi Smart City Berbasis Mobile Untuk Meningkatkan Kulitas Layanan Publik Studi Kasus Pemkot Bogor,” J. Tek. Komput. AMIK BSI, vol. 3, no. 1, pp. 24–29, 2017, [Online]. Available: http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/jtk/article/view/1339
[12] S. Amalina, F. Wahid, V. Satriadi, F. S. Farhani, and N. Setiani, “Rancang Purwarupa Aplikasi UniBook Menggunakan Metode Pendekatan Design Thinking,” Semin. Nas. Apl. Teknol. Inf., pp. 50–55, 2017.
[13] ALFABETA, METODE PENELITIAN KUANTITATIF KUALITATIF DAN R&D. Bandung, 2013.
[14] A. Kurniawati and N. Ariyani, “Strategi Promosi Penjualan pada Marketplace Shopee,” Propaganda, vol. 2, no. 1, pp. 65–79, 2022, doi: 10.37010/prop.v2i1.514.
[15] D. Ariska and S. Nurlela, “Analisis Dan Perancangan UI/UX Aplikasi Lazada Menggunakan Metode Design Thinking,” J. Infortech, vol. 4, no. 2, pp. 86–91, 2022, [Online]. Available: https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/infortech/article/view/13234%0Aht tps://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/infortech/article/download/13234/57 17
[16] I. Rachmawati and R. Setyadi, “Evaluasi Usability Pada Sistem Website Absensi Menggunakan Metode SUS,” J. Inf. Syst. Res., vol. 4, no. 2, pp. 551– 561, 2023, doi: 10.47065/josh.v4i2.2868.