Aplikasi Bebunge di gunakan untuk masyarakat guna untuk pengaduan secara online.
Sayangnya, dari sisi UI/UX nya, aplikasi ini masih banyak kekuranga. Aplikasi Bebunge tidak menampilkan informasi pengaduan apa saja yang sudah masuk, dan status pengaduan masyarakat yang telah dikirim. Sehingga membuat aplikasi tersebut tidak mudah untuk dipahami dan kurang menarik bagi pengguna. Heuristics Evaluation merupakan sebuah sistem evaluasi untuk perangkat lunak komputer yang melibatkan pengguna untuk memberikan feedback tentang website atau aplikasi yang digunakan. Masukan dari pengguna kemudian akan dikelompokkan menjadi beberapa bagian berdasarkan prinsip Heuristics Evaluation. Metode ini penulis gunakan agar dapat memperoleh data dari hasil evaluasi antar muka. Hasil analisa desain UI/UX pada aplikasi Bebunge memberikan hasil rata-rata “Cosmetic Problem”. Hal tersebut dikarenakan 6 dari 10 aspek penilaian mendapatkan hasil tersebut. Hanya 1 aspek yang tidak memiliki masalah dengan kenyamanan pengguna. Terdapat juga 2 aspek yang memiliki permasalahan dengan prioritas rendah dan 1 aspek memiliki permasalahan prioritas tinggi yang mengharuskan untuk segera diperbaiki. Dengan menggunakan metode heuristics evaluation terhadap aplikasi Bebunge, didapatkanlah hasil evaluasi yang didasari oleh penilaian warga Kabupaten Bekasi. Metode ini sangat membantu penulis dalam melakukan penilaian aplikasi berdasarkan bentuk antarmuka aplikasi Bebunge.
11220351 - Putri Lestari
[1] H. W. Widodo dan M. Fadil, “PENINGKATAN PELAYANAN DI KABUPATEN BEKASI,” no. 10, hal. 18-33, 2022.
[2] T. Jaelani, “Bupati Bekasi Luncurkan 5 Layanan Inovatif dari Diskominfosantik,” 2020.
[3] T. Purnama, I. M. A. Pradnyana, dan K. Agustini, “Usability Testing Menggunakan Metode Heuristic Evaluation Pada Aplikasi E-Musrenbang Bappeda Kabupaten Badung J. Pendidik. Teknol. Dan Kejuru., vol. 16, no. 1, hal. 87, 2019, doi: 10.23887/jptk-undiksha.v16i1.17949.
[4] Y. S. Jamilah dan A. C. Padmasari, “Perancangan User Interface Dan User Experience Aplikasi Say.Co,” J. Desain Komun. Vis., vol. 9, no. 2, hal. 73 78, 2022.
[5] V. Handayani, “DESIGN SCIENCE RESEARCH METHODOLOGY ( Studi Kasus : MIN 4 Jakarta ) ANALISIS DAN PERANCANGAN UI /APLIKASI E-LEARNING BERBASIS GAMIFIKASI DENGAN DESIGN SCIENCE RESEARCH METHODOLOGY ( Studi Kasus : MIN 4 Jakarta ),” Tek. Inform. UIN Jakarta, hal. 197, 2021.
[6] S. V. N. Fitri, O. Juwita, dan T. Dharmawan, “Analisis User Interface Terhadap Website Akta Online Banyuwangi Menggunakan Metode Heuristic Evaluation,” INFORMAL Informatics J., vol. 4, no. 3, hal. 103, 2020, doi: 10.19184/isj.v4i3.12594
[7] N. Dalimuthe, F. Nazari, K. Purba, dan A. Adawiyah, “EVALUASI WEBSITE PEMKO PEKANBARU MENGGUNAKAN METODE HEURISTIC EVALUATION,” J. Ilm. Rekayasa dan Manaj. Sist. Inf., vol. 5, no. 2, hal. 218, 2019. doi: 10.20401/rmsi.v5i2.8243.
[8] D. Yolanovia dan A. D. Indriyanti, “Evaluasi User Experience Aplikasi TIX ID Menggunakan Metode Heuristic Evaluation,” J. Emerg. Inf. Syst. Bus. Intelligence, vol. 02, no.03, hal 8–13, 2021.
[9] I. G. A. A. Diah Indrayani, I. P. A. Bayupati, dan I. M. S. Putra, “Analisis Usability Aplikasi iBadung Menggunakan Heuristic Evaluation Method,” J. Ilm. Merpati (Menara Penelit. Akad. Teknol. Informasi), vol. 8, no. 2, hal. 89, 2020, doi: 10.24843/jim.2020.v08.i02.p03.
[10] BPS, “ Kabupaten Bekasi Dalam Angka 2022,” BPS Kabupaten Bekasi, hal. 37-37, 2022.
[11] S. N. Rakhmah dan S. Wahyuningsih, “Penentuan Faktor Prioritas Pemilihan Online Travel Agency di Wilayah Bekasi Menggukana Metode Analytical Hierarchy Process, “ J. Media Inform. Budidarma, vol. 4, no. 3, hal. 825, 2020, doi: 10.30865/mib.v4i3.2268