Dalam rangka menjalankan tugas Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BP2SDM) yaitu menyelenggarakan penyuluhan dan pengembangan sumber daya manusia lingkungan hidup dan kehutanan, maka salah satu upaya yang dilakukan adalah melalui penyediaan informasi dan layanan publik yang tersedia pada website resmi. Akan tetapi penulis menemukan kekurangan dalam website BP2SDM yang dinilai kurang menarik dan tidak user-friendly dan juga tidak terdapat interaksi antara pengguna dengan website, sehingga penulis melakukan penelitian pada website tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan merancang desain UI/UX website BP2SDM agar lebih user-friendly dan mudah digunakan oleh pengguna dengan menggunakan metode design thinking untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi layanan publik. Terdapat tahapan-tahapan yang dilalui dalam metode penelitian yang digunakan yaitu empathize, define, ideate, prototype, dan testing. Tahapan-tahapan tersebut untuk memahami masalah dari sisi pengguna, merancang solusi kemudian membuat rekomendasi perbaikan yang selanjutnya dilakukan pengujian kepada pengguna menggunakan metode pengujian system usability scale (SUS) dengan hasil skor akhir 82 yang menunjukan bahwa prototype sudah high acceptable, grade scale B dan dikategorikan excellent. Penerapan metode design thinking pada penelitian ini diharapkan meningkatkan tampilan UI dan meningkatkan interaksi antara pengguna dengan website BP2SDM.
11220320 - Muhammad Ryan
[1] M. U. Noor, “Inisiasi Masyarakat Informasi di Indonesia Melalui Implementasi Keterbukaan Informasi Publik?: Satu Dekade Undang-Undang Keterbukaan Informasi Publik,” Khizanah al-Hikmah J. Ilmu Perpustakaan, Informasi, dan Kearsipan, vol. 7, no. 1, p. 11, 2019, doi: 10.24252/kah.v7i1a2.
[2] M. T. Firmansyah, R. Fauzi, and S. fajar S. Gumilang, “Perancangan User Interface Dan User Experience Mobile Application Sibengkel Untuk Memenuhi Kebutuhan Pengguna Dengan Metode User-Centered,” e-Proceeding Eng., vol.
7, no. 2, pp. 7574–7580, 2020.
[3] S. Nurmaharani and Heriyanto, “Analisa dan Perancangan UI/UX Aplikasi Penjualan Menggunakan Metode Design Thinking pada CV. Multi Ban Oto Servis Bekasi,” Infotech J., vol. 9, no. 1, pp. 46–53, 2023.
[4] A. B. Cavanaugh, E. Rahmawati, and I. G. N. A. W. Putra, “Analisis dan Perancangan UI/UX dengan Metode User Centered Design pada Website DLU Ferry,” J. Sist. Inf. Univ. Din., vol. 10, no. 3, pp. 1–8, 2021.
[5] Khadijah, “Studi Perbandingan Metodologi UI/UX (Studi Kasus: Prototype Aplikasi PDBI Academic Information System),” J. Inov. Has. Penelit. Dan Pengemb., vol. 2, no. 4, pp. 292–301, 2019.
[6] A. H. Fauzi and I. Sukoco, “Konsep Design Thinking pada Lembaga Bimbingan Belajar Smartnesia Educa,” Organum J. Saintifik Manaj. dan Akunt., vol. 2, no. 1, pp. 37–45, 2019, doi: 10.35138/organum.v2i1.50.
[7] C. Heliawanto, E. Melini, and B. A. Hananto, “Analisis Kebutuhan Desain UI/UX untuk Restoran Makanan Sehat Grains of Glory,” IMATYPE J. Graph. Des. Stud., vol. 2, no. 1, pp. 15–23, 2023, [Online]. Available: https://ojs.uph.edu/index.php/IMATYPE/article/view/6604
[8] C. Bank and J. Cao, Web UI Design Best Practices. Mountain View: UXPin, 2014.
[9] H. Himawan and Y. F. Mangaras, Interface User Experience. Yogyakarta: Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat UPN Veteran, 2020.
[10] A. O. Sari, A. Abdilah, and Sunarti, Web Programming. Yogyakarta: Graha Ilmu, 2019.
[11] F. Rachim, Design Thinking with Design Process. Samarinda: DPP Harmoni Pendidik Pengajar Indonesia (HIPPER Indonesia), 2021.
[12] A. Osterwalder and Y. Pigneur, Business Model Generation. Jakarta: Elex Media Komputindo, 2013.
[13] Y. Zagloel and R. Nurcahyo, TQM - Manajemen Kualitas Total dalam Perspektif Teknik Industri. Jakarta: UI Publishing, 2023.
[14] K. Auliasari and M. Biruni, Desain User Interface Menggunakan Figma. Sidoarjo: CV. Delta Pijar, 2022.
[15] P. B. Deacon, UX and UI Strategy: A step by step Guide on UX and UI design. United States of America: Independently published (Apple Books), 2020.
[16] H. Ilham, B. Wijayanto, and S. P. Rahayu, “Analisis dan Perancangan User Interface/User Experience dengan Metode Design Thinking pada Sistem Informasi Akademik Universitas Jenderal Soedirman,” J. Tek. Inform., vol. 2, no. 1, pp. 17–26, 2021, doi: 10.20884/1.jutif.2021.2.1.30.
[17] A. Candra, P. Sukmasetya, and P. Hendradi, “Perancangan UI/UX Aplikasi Berbasis Mobile Menggunakan Metode Design thinking (Studi Kasus SISFO SKPI UNIMMA),” J. TeIKa, vol. 13, no. 1, pp. 53–68, 2023.
[18] A. Pressman, Design Thinking?: A Guide to Creative Problem Solving for Everyone, vol. 86, no. 6. New York: Routledge, 2019.
[19] Hardani et al., Buku Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. CV. Pustaka Ilmu, 2020.
[20] J. Nielsen, “Why You Only Need to Test with 5 Users,” nngroup.com, 2000. https://www.nngroup.com/articles/why-you-only-need-to-test-with-5-users/ (accessed Jul. 02, 2023).
[21] J. Brooke, “SUS?: A Retrospective,” J. Usability Stud., vol. 8, no. 2, pp. 29–40, 2013.
[22] M. Nopita, S. D. Purnamasari, and H. Yudiastuti, “Evaluasi Usability Website SMA PGRI 2 Palembang Menggunakan System Usability Scale (SUS),” J. Mantik, vol. 6, no. 3, 2022.