ANALISIS PERANCANGAN RINTISAN BISNIS DIGITAL APLIKASI MOBILE MY DESTINATION

research
  • 15 Jan
  • 2024

ANALISIS PERANCANGAN RINTISAN BISNIS DIGITAL APLIKASI MOBILE MY DESTINATION

Kegiatan jalan-jalan atau traveling merupakan kegiatan yang menyenangkan dan paling disukai oleh masyarakat Indonesia. Banyak dari sebagian masyarakat yang memilih untuk traveling sebagai alternatif ketika waktu libur tiba. Untuk membantu wisatawan dalam merencanakan dan melaksanakan perjalanan wisata, dimanfaatkan teknologi digital yang dapat memudahkan akses wisatawan memilih tempat wisata yang akan dikunjungi dan menarik minat wisatawan mengunjungi daerah-daerah di Indonesia. Android merupakan sistem operasi didesain khusus untuk perangkat mobile seperti jenis smartphone yang di minati wisatawan dan masyarakat saat ini. Bisnis digital atau bisnis online yang mengandalkan internet sebagai media utama dan dikenal sebagai jenis bisnis dalam mengoptimalkan teknologi sebagai keunggulan kompetitif melakukan operasi baik secara internal maupun eksternal. My Destination merupakan aplikasi mobile dirancang menggunakan software yang dapat digunakan dalam membangun aplikasi. Metode pengembangan aplikasi menggunakan metode prototype yaitu pengumpulan kebutuhan, membangun prototype, evaluasi prototype, mengkodekan sistem, menguji sistem, evaluasi sistem. Aplikasi ini menyediakan informasi tentang wisata Indonesia dengan berbagai fitur, seperti rekomendasi tempat wisata, literasi perjalanan dan informasi terkait destinasi berbagai wisata serta wisatawan juga dapat berinterktif dengan berbagi pengalaman dan ulasan tentang destinasi wisata yang telah dikunjungi. Dalam menggunakan aplikasi ini wisatawan dapat melakukan login, dapat mencari dan memilih paket wisata, memilih tanggal keberangkatan, menambahkan daftar peserta, menyukai paket wisata, memberikan penilaian, memilih metode pembayaran, melakukan pembayaran dan membatalkan pesanan. Aplikasi ini diharapkan dapat memudahkan para wisatawan untuk mengetahui lebih rinci tentang tempat-tempat yang ingin dikunjungi, memaksimalkan teknologi yang ada untuk meningkatkan pariwisata di Indonesia juga dapat memperkenalkan pariwisata di Indonesia untuk lebih luas lagi.

Unduhan

 

REFERENSI

[1] H. Noviarita, M. Kurniawan, and G. Nurmalia, “Pengelolaan Desa Wisata Dengan Konsep Green Economy Dalam Upaya Meningkatkan Pendapatan Ekonomi Masyarakat Pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi pada Desa Wisata di Provinsi Lampung dan Jawa Barat),” J. Akunt. dan Pajak, vol. 22, no. 2, p. 546, 2021.

[2] M. Musnaini, U. Jambi, A. Junita, U. H. Medan, H. Wijoyo, and I. Indrawan, Digital business, no. July. 2020.

[3] “Aplikasi Mobile Zagiyan ( Zaringan DigitalNelayan) Dalam Menunjang Produktivitas DanKeselamatan, Dan Kesehatan Nelayan( Studi Kasus Kelompok Nelayan Percut).”

[4] J. S. Kurnia and F. Risyda, “Rancang Bangun Penerapan Model Prototype Dalam Perancangan Sistem Informasi Pencatatan Persediaan Barang Berbasis Web,” J. Sist. Inf. Univ. Suryadarma, vol. 8, no. 2, pp. 223–230, 2022.

[5] G. S. Nugroho, M. Muchran, G. Hazmin, and A. Prasetyo, “Pelatihan Bisnis dan Marketing Digital Berbasis Aplikasi WhatsApp Business di SMA Sang Timur Yogyakarta,” J. Pengabdi. UNDIKMA, vol. 3, no. 3, p. 507, Nov. 2022.

[6] E. D. Kuntari and A. Lasally, “WISATAWAN DALAM PERSEPSI TERHADAP DAYA TARIK WISATA HERITAGE DE TJOLOMADOE,” J. Tour. Econ., vol. 4, no. 2, pp. 153–163, Dec. 2021.

[7] A. Novianti, P. Raya Jl Yos Sudarso, K. Jekan Raya, and K. Palangka Raya, “LITERATURE REVIEW?: ANALISIS METODOLOGI DAN BIDANG PENERARAPAN DALAM PERANCANGAN APLIKASI MOBILE.”

[8] M. B. Tri, “Perancangan Sistem Informasi Management Siswa Berprestasi Berbasis Android Pada Smk Pgri Rawalumbu,” J. Sains Teknol. Fak. Tek., vol. X, no. 2, pp. 30–39, 2020.

[9] M. (2018) Siregar, H. F., Siregar, Y. H., & Melani, “Perancangan Aplikasi Komik Hadist Berbasis Multimedia. JurTI (Jurnal Teknologi Informasi), 2(2), 113-121.,” JurTI (Jurnal Teknol. Informasi), vol. 2, no. 2, pp. 113–121, 2018.

[10] W. S. Maulana and F. C. Science, “ANALYSIS AND DEVELOPMENT OF A REAL-TIME RESELLER INFORMATION SYSTEM BASED ON MOBILE KOTLIN TECHNOLOGY AT PT . SCUTO ABSTRACT PT . Scuto Indonesia ( Scuto ) has a reseller whose job is to offer automotive maintenance services to prospective customers who a,” vol. 1, no. 1, pp. 63–71, 2022.

[11] M. G. Zerizghy, B. B. E. Vieux, A. Tilahun, M. Taye, F. Zewdu, D. Ayalew, G. P. Stanton, C. H. Sime, T. A. Demissie, F. G. Tufa, A. D. Plug-ins, B. Parmenter, J. Melcher, D. Kidane, B. Alemu, G. Gisladottir, M. Stocking, M. Bazie Fentie, J. R. Frankenberger, E. S. Brooks, M. T. F. Walter, M. T. F. Walter, T. S. Steenhuis, V. Ersion, T. Whiteaker, D. Dunkerley, A. N. Esri, W. Paper, B. Dixon, V. Uddameri, G. Capello, M. Biddoccu, S. Ferraris, E. Cavallo, D. S. Bowles, U. Lall, D. G. Tarboton, E. Malek, B. Rajagopalan, T. Chowdhury, E. Kluzak, T. Bekele, D. Gauntlett, A. Hill, M. Analysis, G. Alemu, A. Zerihun, O. A. Abdi, E. K. Glover, O. Luukkanen, ESRI, Prof. T I Eldho, ESRI “UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIA NOMOR 10 TAHUN 2009,” Am. J. Res. Commun., vol. 5, no. August, pp. 12–42, 2009.

[12] I. M. W. Candranegara, I. W. Mirta, and K. A. F. Putra, “Implementasi Program ‘We Love Bali’ Berbasis CHSE (Clean, Health, Safety, Environment) dalam Pemulihan Pariwisata Bali,” J. Contemp. Public Adm., vol. 1, no. 1, pp. 27–32, 2021.

[13] J. Ginanjar and I. Sukoco, “Penerapan Design Thinking Pada Sayurbox,” JURISMA J. Ris. Bisnis Manaj., vol. 12, no. 1, pp. 70–83, 2022.

[14] I. Hendarsih, “Analisis Penerapan Strategi Business Model Canvas (Bmc) Pada Jasa Zigzag Laserwork Semarang Jawa Tengah,” Akrab Juara J. Ilmuilmu Sos., vol. 6, no. 4, p. 152, 2021.

[15] M. Zakky Azhari, “Panduan Membangun Usaha Rintisan [Guide to Building a Startup Business],” Proceeding Community Dev., vol. 2, p. 831, 2019.

[16] D. I. Kabupaten and T. Toraja, “1 , 2 , 3,” vol. 23, no. 7, pp. 49–60, 2023.

[17] “PENGENALAN BISNIS DIGITAL BAGI GENERASI MUDA DALAM MENUMBUHKAN JIWA KEWIRAUSAHAAN PADA SISWA MA ISHLAHUL ATHFAL RUMAK (INTRODUCTION DIGITAL BUSINESS FOR GROWING ENTREPRENEURSHIP TO MA ISHLAHUL ATHFAL RUMAK STUDENTS) Oleh I Gusti Ayu Oka Netrawati.”

[18] J. Shadiq, A. Safei, and R. W. R. Loly, “Pengujian Aplikasi Peminjaman Kendaraan Operasional Kantor Menggunakan BlackBox Testing,” Inf. Manag. Educ. Prof. J. Inf. Manag., vol. 5, no. 2, p. 97, 2021.

[19] I. F. Hanif and G. M. Sinambela, “Pembuatan Aplikasi E-Tatib Berbasis Android Menggunakan Bahasa Pemrograman Dart Making An Android-Based E-Tatib Application Using The Dart Programming Language,” J. Teknol. Dan Terap. Bisnis, vol. 4, no. 1, pp. 1–7, 2021.

[20] A. S. Yudhistira, “Aplikasi Profil Genshin Impact dengan Mengimplementasikan Flutter,” no. December, pp. 1–6, 2021.

[21] F. Alfaridzi, J. Dedy Irawan, and M. Orisa, “Perancangan Sistem Manajemen User Hotspot Berbasis Web Menggunakan Application Programming Interface (API) Mikrotik,” JATI (Jurnal Mhs. Tek. Inform., vol. 6, no. 2, pp. 974–981, 2023.

[22] E. Maiyana, “Pemanfaatan Android,” Sains Dan Inform., vol. 1, pp. 54–67, 2018.

[23] N. Amanah and F. Hidayat, “Sistem Informasi Kepangkatan Dosen Di Universitas Batam Berbasis Android Studio,” Zo. Komput., vol. 10, no. 3, pp. 63–74, 2020.

[24] M. A. Muhyidin, M. A. Sulhan, and A. Sevtiana, “Perancangan Ui/Ux Aplikasi My Cic Layanan Informasi Akademik Mahasiswa Menggunakan Aplikasi Figma,” J. Digit, vol. 10, no. 2, p. 208, 2020.

[25] A. Nurhadi, “Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Kucing Berbasis Web Menggunakan Metode Forward Chaining,” J. Speed, vol. 10, no. 2, pp. 70–78, 2018.

[26] A. Nurhadi, “Penerapan Metode Waterfall Dalam Sistem Informasi Penyedia Asisten Rumah Tangga Secara Online,” J. Khatulistiwa Inform., vol. 6, no. 2, pp. 97–106, 2018.

[27] T. Rahman and A. B. Pramastya, “Perancangan Sistem Informasi Akademik Berbasis Website Pada SMK Bina Medika Jakarta,” JSAI (Journal Sci. Appl. Informatics), vol. 2, no. 3, pp. 208–214, 2019.