Falih Nur Andino (11190344), Muhammad Alfi Syahrin (11190282), Gabriel Rolastua (11190406), Pembangunan Sistem Rekomendasi Pemilihan Guru Terbaik Menggunakan Metode TOPSIS Pada SMAN 8 Depok
Peran guru sangat penting dalam pendidikan, sebagai pengajar, pembimbing, dan pengembang kurikulum. Penghargaan ini mengakui kontribusi para pendidik, berdampak pada sistem pendidikan. Namun, pemilihan guru terbaik kompleks dan sering subjektif. Metode TOPSIS digunakan sebagai sistem rekomendasi objektif dalam pemilihan guru terbaik. Tujuannya meningkatkan kompetitif sehat di antara guru, mengakui dedikasi mereka, dan meningkatkan mutu pendidikan untuk masa depan yang lebih baik. Penelitian ini memusatkan pada pemilihan guru terbaik di SMA Negeri 8 Depok. Data guru akan dikumpulkan, termasuk kualifikasi, pengalaman, dan kinerja. Kriteria pemilihan ditetapkan, termasuk pendidikan, pengalaman, keahlian, dan faktor relevan lainnya. Metode TOPSIS digunakan untuk menilai guru terbaik berdasarkan kriteria tersebut. Fokus penelitian pada penerapan TOPSIS dalam pemilihan guru di SMA Negeri 8 Depok.Penilaian Guru Terbaik di SMAN 8 Depok mengikuti 5 kriteria inti dengan skor dan bobot kriteria. Dalam sampel data 5 dari 25 guru, matriks keputusan ternormalisasi dan terbobot digunakan. Perhitungan melibatkan solusi ideal positif dan negatif serta jarak terhadapnya. Nilai preferensi mengarah pada Guru A (v1), menjadikannya guru terbaik dalam penilaian tersebut.Dari riset dan implementasi sistem rekomendasi guru terbaik di SMAN 8 Depok, sistem terbukti berjalan optimal di web browser, misalnya Google Chrome. Metode TOPSIS digunakan untuk penilaian guru yang terkomputerisasi, meminimalisir kesalahan. Guru A meraih skor tertinggi, 0,628134956, memperoleh predikat guru terbaik melalui sistem ini.
11190344_Falih Nur Andino
[1] H. E. Mulyasa, Menjadi Guru Penggerak Merdeka Belajar. Bumi Aksara, 2021. Accessed: May 26, 2023. [Online]. Available: https://www.google.co.id/books/edition/Menjadi_Guru_Penggerak_Merdeka_ Belajar/0WAlEAAAQBAJ?hl=id&gbpv=0
[2] B. RI, “Presiden Republik Indonesia Peraturan Presiden Republik Indonesia,” Demogr. Res., pp. 4–7, 2020.
[3] A. Marjuni, “Penghargaan Profesi Guru Sebagai Agen Perubahan,” Inspiratif Pendidik., vol. 9, no. 2, p. 208, 2020, doi: 10.24252/ip.v9i2.18341.
[4] J. Manajemen, K. Guru, D. I. Ma, S. Zainuddin, and N. W. Anjani, “A n a z h i m,” vol. 5, pp. 1–10, 2023.
[5] Dewan Perwakilan Rakyat Indonesia, “Undang-Undang (UU) tentang guru dan dosen nomor 14,” Dewan Perwakilan Rakyat Indones., p. 2, 2005, [Online]. Available: https://www.google.com/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=1&ca d=rja&uact=8&ved=2ahUKEwjWxrKeif7eAhVYfysKHcHWAOwQFjAAeg QICRAC&url=https%3A%2F%2Fwww.ojk.go.id%2Fid%2Fkanal%2Fpasarmodal%2Fregulasi%2Fundang-undang%2FDocuments%2FPages%2Fundangundang-nomo
[6] J. S. Wijayanto Joko, “Pemodelan Sistem Penunjang Keputusan Pemilihan Guru,” J. Idealis, vol. 4, no. 1, pp. 98–107, 2021.
[7] A. Sholihat and D. Gustian, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Siswa Berprestasi Dengan Metode Simple Additive Weighting (SAW) (Studi Kasus?: 71 SMK Dwi Warna Sukabumi),” SISMATIK (Seminar Nas. Sist. Inf. dan Manaj. Inform., pp. 140–147, 2021.
[8] Titin Kristiana, “Sistem Pendukung Keputusan Dengan Menggunakan Metode TOPSIS Untuk Pemilihan Lokasi Pendirian Grosir Pulsa,” Paradigma, vol. 20, no. 1, pp. 8–12, 2018, [Online]. Available: https://repository.nusamandiri.ac.id/index.php/unduh/item/235936/2908-9372- 1-PB.pdf
[9] Asmini, S. Aini, and Rosyla, “Pengaruh Sertifikasi Dan Motivasi Terhadap Kinerja Guru Smpn 1 Donri-Donri,” J. Ilm. Metansi (Manajemen dan Akuntansi), vol. 3, no. 2, pp. 23–30, Oct. 2020, doi: 10.57093/METANSI.V3I2.103.
[10] A. Nurfatimah, Hasibuddin, I. Shamad, and H. Hasibuddin, “Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Menumbuhkan Minat Belajar Siswa di SDN 24 Maros,” J. Gurutta Educ., vol. 2, no. 2, pp. 78–97, Feb. 2023, doi: 10.33096/JGE.V2I2.1393.
[11] N. D. Apriani, N. Krisnawati, and Y. Fitrisari, “Implementasi Sistem Pendukung Keputusan Dengan Metode SAW Dalam Pemilihan Guru Terbaik,” J. Autom. Comput. Inf. Syst., vol. 1, no. 1, pp. 37–45, May 2021, doi: 10.47134/JACIS.V1I1.5.
[12] F. Mansir, U. M. Yogyakarta, K. Guru, and P. Nasional, “Kesejahteraan Dan Kualitas Guru Sebagai Ujung,” vol. 8, no. 2, pp. 293–303, 2020.
[13] S. P. Suryadi, Ahmad, Pengembangan Kurikulum I. CV Jejak, 2020. Accessed: Jul. 31, 2023. [Online]. Available: https://www.google.co.id/books/edition/Pengembangan_Kurikulum_I/q_30D wAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=hakikat++pengembangan+kurikulum&pg=P 72 A27&printsec=frontcover
[14] Nurdyansyah and E. F. Fahyuni, Inovasi Model. 2016.
[15] J. Manik and M. Siahaan, “The PENGARUH KETERAMPILAN MANAJERIAL KEPALA SEKOLAH DAN PEMBERIAN REWARD TERHADAP KINERJA GURU: PERAN MOTIVASI GURU SEBAGAI VARIABEL MEDIASI,” Tadbir J. Manaj. Pendidik. Islam, vol. 9, no. 2, pp. 145–163, 2021, doi: 10.30603/tjmpi.v9i2.2267.
[16] M. I. Fathurrahman, D. Nurjanah, and R. Rismala, “Sistem Rekomendasi Pada Buku Dengan Menggunakan Metode Trust-Aware Recommendation Recommendation System For Book By Using Trust-Aware Recommendation Method,” e-Proceeding Eng., vol. 4, no. 3, pp. 4966–4977, 2017.
[17] Z. Munawar, Rustiyana, Y. Herdiyana, and N. I. Putri, “Sistem Rekomendasi Hibrid Menggunakan Algoritma Apriori Mining Asosiasi,” J. Teknol. Inf. Dan Komun., vol. 8, no. 1, pp. 84–95, 2021, [Online]. Available: http://jurnal.plb.ac.id/index.php/tematik/article/view/567
[18] R. Renaldo, E. Y. Anggraeni, and E. R. HC, “Metode TOPSIS Dalam Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Penerimaan Beasiswa Di Stmik Pringsewu,” Expert J. Manaj. Sist. Inf. dan Teknol., vol. 9, no. 1, 2019, doi: 10.36448/jmsit.v9i1.1225.
[19] L. Lukmandono, M. Basuki, M. J. Hidayat, and V. Setyawan, “Pemilihan Supplier Industri Manufaktur Dengan Pendekatan AHP dan TOPSIS,” Opsi, vol. 12, no. 2, p. 83, 2019, doi: 10.31315/opsi.v12i2.3146.
[20] M. Kadarisman, “Peningkatan Kinerja Sekolah Melalui Manajemen Pengembangan Guru,” J. Ilm. Wahana Pendidik., vol. 7, no. 4, pp. 295–307, 2021, doi: 10.5281/zenodo.5150366. 73
[21] Permendiknas, “Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia No 16 Tahun 2007 Tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Konepetensi Guru,” Peratur. Menteri Pendidik. Nas., vol. 7, no. 3, pp. 213–221, 2007, [Online]. Available: http://digilib.unila.ac.id/4949/15/BAB II.pdf
[22] M. Muspawi, “Strategi Peningkatan Kinerja Guru,” J. Ilm. Univ. Batanghari Jambi, vol. 21, no. 1, p. 101, 2021, doi: 10.33087/jiubj.v21i1.1265.
[23] S. Sonang S and A. T. Purba, “Implementasi TOPSIS Dalam Pemberian Reward Guru Terbaik Pada Smk Swasta 1 Hkbp Pematangsiantar,” J. Tek. Inf. dan Komput., vol. 4, no. 1, pp. 1–8, 2021, doi: 10.37600/tekinkom.v4i1.226.